Lainnya

Ingin Hindari Stress di Tempat Kerja? Jalankan 5 Cara Ini

stress-di-tempat-kerja

stress di tempat kerja/https://www.entrepreneur.com/

Saat bekerja, seseorang bisa saja mengalami stress. Dengan banyaknya tantangan dan permasalahan yang muncul di tempat kerja, memang seseorang bisa saja kemudian mengalami stress. Jika seseorang atau Anda mengalami stress tentu hal ini tidak boleh dibiarkan terlalu lama. Pasalnya jika stress ini dibiarkan begitu saja maka hal tersebut dapat membuat kesehatan mental dan juga fisik Anda jadi memburuk. Tidak hanya itu, stress di tempat kerja juga dapat membuat karir Anda terancam karena banyaknya pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan dengan baik. Tapi bagaimana caranya untuk bisa menghindari stress di tempat kerja? Berikut beberapa cara yang bisa Anda jalankan.

  1. Memulai Hari dengan Perencanaan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghindari stress di tempat kerja adalah memulai hari dengan perencanaan. Perencanaan ini memang penting dalam hal apapun termasuk ketika akan pergi ke tempat kerja. Sebab bila seseorang sudah memiliki rencana pada apa-apa yang akan dikerjakan di kantor, mereka akan bisa beraktivitas dengan nyaman. Nah dari kenyamanan inilah maka seorang pekerja akan bisa terhindar dari stress. Dengan perencanaan, seorang pekerja juga akan terhindari dari beberapa kepanikan yang dapat menciptakan stress. Jadi dari sini Anda yang ingin terhindar dari stress saat bekerja pastikan untuk memulai hari dengan perencanaan. Pastikan Anda telah memiliki rancangan apa-apa yang akan dilakukan di kantor sebelum berangkat ke tempat kerja.

  1. Manajemen Waktu

Biasanya seorang pekerja yang mengalami stress adalah meraka yang sering menunda pekerjaan. Pekerjaan di kantor yang tak kunjung segera diselesaikan memang dapat membuat masalah karena membuat beban kerja semakin berat. Belum lagi bila kemudian ada atasan yang galak dan membuat Anda dimarahi habis-habisan karena pekerjaan yang tertunda tersebut. Dari beberapa permasalahan akibat menunda pekerjaan inilah yang akhirnya bisa memicu munculnya stress. Maka dari itu Anda yang tidak ingin mendapati stress, maka pastikan Anda bisa mengerjakan tugas-tugas di kantor dengan segera dan cepat. Dan untuk bisa menyelesaikan pekerjaan di kantor dengan cepat maka Anda membutuhkan manajemen waktu yang baik.

  1. Jaga Jarak Ideal dengan Kolega dan Atasan

Berikutnya, cara untuk bisa hindari stress di tempat kerja adalah dengan menjaga jarak ideal dengan kolega dan atasan. Sebagai sesama pekerja Anda memang tidak boleh menjalin hubungan yang terlalu dekat dengan sesama karyawan. Hubungan ini juga berlaku kepada atasan. Kenapa demikian? Ini karena tempat kerja atau perusahaan merupakan tempat orang beraktivitas yang profesional. Maka dari itu hubungan yang seharusnya memang terjadi di tempat kerja adalah hubungan profesional, tidak lebih. Bila Anda terlalu membuat hubungan yang terlalu dekat dengan kolega atau atasan maka hal ini bisa membuat Anda mendapatkan masalah dan berakhir pada stress.

  1. Bertanya Jika Ragu

Bagi Anda yang baru bekerja di sebuah perusahaan, maka pastikan Anda cepat beradaptasi dengan lingkungan. Sebab bila Anda cepat beradaptasi dengan tempat kerja yang baru maka Anda akan bisa menghindari stress. Tapi sayangnya dalam kenyataan, tidak semua pekerja baru bisa melakukan adaptasi yang baik. Beberapa penyebab adaptasi buruk yang dilakukan karyawan baru adalah mereka yang ragu dan takut untuk bertanya. Seseorang yang takut dan ragu bertanya tentang lingkungan kerja barunya memang akan membuatnya mengalami kebingungan dan bukan tidak mungkin mendapat masalah hingga stress.  Maka dari itu Anda yang tidak mau stress di perusahaan baru, pastikan Anda tidak ragu atau takut untuk bertanya bila ada yang perlu ditanyakan agar cepat beradaptasi serta terhindar dari masalah dan stress.

  1. Istirahat

Terakhir, cara hindari stress di tempat kerja adalah denga cukup beristirahat. Saat sudah menyelesaikan pekerjaan di kantor dan pulang ke rumah, maka manfaatkan waktu tersebut dengan baik untuk beristirahat. Sebab dengan beristirahat maka tubuh dan pikiran kita bisa menjadi fres kembali untuk beraktivitas di esok hari. Tapi bila tubuh dan pikiran kita kurang istirahat, maka Anda akan mengalami sedikit gangguan hingga pada akhinya membuat Anda mengalami stress.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa menghindari stress di tempat kerja. Dari sini maka cobalah untuk selalu mengusahakan agar diri Anda terhindar dari stress ketika bekerja. Sebab bila Anda mampu melakukannya maka hal ini dapat membuat karir Anda berpeluang jadi lebih cemerlang.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: