Bisnis Online

Ingin Jadi Digital Marketing? Ketahui Dulu Seluk Beluknya Berikut Ini

digital-marketing

digital marketing/https://www.qubisa.com/

Di zaman teknologi seperti sekarang keberadaan platform digital memang semakin banyak diandalkan. Tidak hanya oleh para publik figur, platform digital kini juga menjadi incaran para pebisnis dan perusahaan. Dari sinilah kemudian muncul pemasaran digital atau digital marketing. Nah untuk menjalankan pemasaran digital ini dibutuhkan strategi digital marketing. Lalu apa itu digital marketing dan bagaimana cara menjalankannya? Berikut ulasannya!

Digital Marketing vs Internet Marketing

Menurut situs Investopedia, digital marketing atau pemasaran digital adalah upaya yang untuk mendekati dan memahami bagaimana pelanggan berperilaku di platform digital dengan menggunakan perangkat digital seperti ponsel, laptop dan lainnya. Meski bidang digital marketing ini terbilang cukup luas, namun pemasaran ini umumnya akan menarget segmen tertentu dan dijalankan secara interaktif.

Lalu apa bedanya dengan internet marketing? Digital marketing dan internet marketing ini adalah dua hal yang berbeda. Sebab bila internet marketing ini hanya fokus pada platform internet, maka digital marketing lebih menyasar pada bidang yang lebih luas seperti aplikasi, perangkat seluler, platform kereta, video game dan lain sebagainya.

Tantangan Digital Marketing

Dengan semakin bertumbuhnya saluran digital yang ada, membuat pemasaran digital atau digital marketing ini mendapatkan tantangan yang berarti. Sebab dari pertumbuhan saluran digital tersebut, digital marketing harus terus bisa menyesuaikan dan mengikuti cara kerja, pedoman penggunaan, serta cara menggunakan saluran untuk mengiklankan secara efektif. Selain itu digital marketing juga mendapatkan tantangan pada banyaknya iklan pesaing hingga semakin sulit untuk menarik perhatian penerima.

Dari tantangan tersebut, digital marketing membutuhkan pendekatan pemasaran berdasarkan pemahaman yang mendalam tentang perilaku konsumen. Seperti contoh misalnya, perusahaan perlu melakukan analisis bentuk perilaku konsumen baru, seperti menggunakan heatmap situs web untuk mempelajari lebih lanjut tentang perjalanan pelanggan.

Contoh Digital Marketing

Berikut beberapa contoh digital marketing seperti yang dikutip Investopedia :

  1. Pemasaran situs web

Contoh digital marketing yang pertama adalah pemasaran situs web. Menurut Investopedia, situs web ini adalah media untuk menjalankan berbagai kampanye pemasaran online dengan pengaruh yang sangat kuat. Nah untuk membuat situs web ini berjalan optimal dalam pemasaran, maka digital marketing harus bisa memaksimalkan peran produk, brand serta layanan dengan cara yang jelas dan mudah diingat. Jangan lupa hal ini harus dilakukan dengan cepat, ramah seluler, serta mudah digunakan.

  1. Periklanan Pay-Per-Click (PPC)

Iklan PPC dalam konsep digital marketing ini bertujuan untuk menjangkau pengguna Internet di sejumlah platform digital melalui iklan berbayar. Dalam praktinya, digital marketing untuk iklan PPC, kini dapat diterapkan pada beberapa platform seperti Google, Bing, LinkedIn, Twitter, Pinterest, atau Facebook. Platform PPC yang paling populer sendiri yakni Google Ads dan Meta Ads (Facebook). Dari kampanye PPC dengan pendekatan digital marketing tersebut akan didapatkan pengelompokan pengguna berdasarkan karakteristik demografis mereka atau bahkan menargetkan minat atau lokasi khusus mereka.

  1. Pemasaran konten

Digital marketing yang digunakan untuk pemasaran konten biasannya akan menyasar pada beberapa saluran yang membutuhkannya seperti media sosial, pemasaran email, SEO, atau bahkan kampanye PPC. Sementara itu untuk alat yang digunakan bisa berupa blog, ebook, kursus online, infografis, podcast, dan webinar.

  1. Pemasaran media sosial

Saat ini media sosial memang sudah sangat merajalela. Dari sinilah peran digital marketing sangat penting untuk membuat kesadaran merek dan membangun kepercayaan sosial. Jika digital marketing pada media sosial ini mampu dijalankan dengan maksimal maka pemiliknya bisa menjadikannya sebagai saluran penjualan langsung dan akan mendapatkan prospek dari target pasarnya.

Contoh penerapan digital marketing lain adalah email pemasaran, pemasaran afiliasi, pemasaran vidio dan juga pesan SMS.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top