Lainnya

Ingin Jadikan Rumah Sebagai Kantor? Coba Lakukan 5 Trik Ini

kantor di rumah

Menjadikan rumah sebagai kantor memang bukan sesuatu yang baru di dunia industri 4.0. Entah kantor ini untuk keperluan bisnis ataupun pekerjaan, pastinya keberadaan kantor di rumah harus benar-benar diperhatikan. Di era industri 4.0. ini memang membuat pekerjaan bisa dilakukan di mana saja, termasuk di rumah. Ketika Anda merupakan salah satu orang yang bisa bekerja di rumah maka pastinya membutuhkan tempat khusus agar bisa bekerja dengan baik. Tempat khusus berupa kantor memang akan menjadi solusi terbaik bagi Anda yang ingin dapat bekerja dengan maksimal di rumah. Tapi bagaimana caranya agar bisa membuat kantor yang layak di rumah? Jangan khawatir karena ada beberapa trik merancang kantor di rumah yang bisa Anda lakukan berikut ini.

  1. Kosongkan Satu Ruangan untuk Kantor

Trik pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan rumah sebagai kantor adalah dengan mengkosongkan satu ruangan. Kantor memang membutuhkan ruangan khusus agar Anda bisa bekerja dengan penuh konsentrasi. Nah agar Anda bisa bekerja dengan penuh konsentrasi maka Anda harus menyediakan ruangan yang jauh dari keramaian penghuni rumah. Pilihan ruangan di rumah yang paling banyak untuk dipilih supaya menghadirkan suasana yang nyaman dan membuat fokus bekerja lebih baik adalah ruangan di lantai atas. Tapi bila memang Anda tidak memiliki lantai atas maka memilih ruangan yang jauh dari area ruang keluarga adalah alternatif yang bisa dipilih.

  1. Sekat antara Ruang Kantor dan Ruang Lainnya

Bila rumah Anda minim ruangan, dan tak bisa menghadirkan ruangan khusus untuk kantor, maka tak perlu khawatir. Sebab kita bisa mengakali hal ini dengan memberikan sekat antara ruang kantor dengan ruang lainnya. Dengan memberikan sekat pada sebuah ruangan yang luas, maka akan hadir sebuah ruangan khusus yakni kantor di rumah untuk Anda bekerja. Untuk memisahkan ruang kantor dengan ruangan lainnya ini Anda perlu memilih sekat yang bisa meredam suara. Bila memang dana terbatas, maka memilih sekat yang terbuat dari triplek tidak menjadi masalah asal kemudian Anda lapisi dengan bahan peredam suara seperti gabus atau spon. Peredam suara untuk ruangan kantor di rumah memang penting agar Anda bisa bekerja dengan penuh konsentrasi tanpa gangguan.

  1. Area Kantor Berbeda Ruang dengan Area Pribadi

Trik berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk menghadirkan kantor di rumah adalah membuat kantor yang berbeda ruang dengan area pribadi. Tak jarang memang karena keterbatasan tempat kemudian membuat mereka menghadirkan ruang kantor yang bersatu dengan ruang pribadi dalam hal ini adalah kamar. Tentu pilihan ini bukanlah sesuatu yang tepat. Sebab, ruang kantor yang bersatu dengan area pribadi dalam hal ini kamar, akan membuat semangat bekerja jadi berantakan. Ini karena ruangan pribadi yang notabene adalah kamar akan membuat Anda terbawa oleh suasana istirahat dan tidur. Jadi supaya Anda bisa bekerja dengan penuh semangat maka pastikan ruangan kantor ini berbeda atau tidak bersatu dengan ruangan pribadi.

  1. Hadirkan Suasana yang Nyaman dan Membuat Semangat

Setelah memilih ruangan yang tepat untuk kantor, trik selanjutnya yang perlu Anda lakukan untuk menghadirkan kantor di rumah adalah dengan membuat suasana nyaman dan semangat. Supaya Anda bisa bekerja dengan produktif maka ruangan kantor di rumah harus Anda desain sedemikian rupa agar mampu menghadirkan suasana yang nyaman dan membuat semangat. Tak perlu menghabiskan dana besar untuk mendekorasi ruangan kantor seperti kantor Google misalnya. Anda hanya membutuhkan beberapa aksesoris dan tata letak kantor yang dekat dengan cahaya matahari serta ventilasi. Untuk dua hal yang terakhir ini yakni ventilasi dan pencahayaan, Anda harus memberikannya prioritas. Sebab, dari pencahayaan dan ventilasi inilah maka akan muncul sebuah suasana yang membuat Anda bersemangat.

  1. Buat Peraturan untuk Memasuki Area Kantor

Terakhir, trik menjadikan rumah sebagai kantor adalah dengan membuat peraturan untuk memasuki area kantor. Agar suasana bisa selalu kondusif maka sebuah peraturan memang perlu Anda hadirkan. Peraturan yang berisi ketentuan masuk kantor ini sendiri berlaku untuk siapa pun yang akan masuk ke ruangan, termasuk Anda. Tidak hanya mengetuk pintu dan larangan berisik saja, tapi beberapa aturan seperti melepas alas kaki atau tidak masuk tanpa izin bisa Anda hadirkan untuk membuat suasana kantor di rumah tetap kondusif.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top