Tips

Ingin Jalankan Bisnis Kuliner yang Diminati Generasi Milenial? Begini Tipsnya

kuliner-digemari-milenial

kuliner digemari milenial/https://www.reservasiku.com/

Saat ini generasi milenial memang semakin banyak mendominasi sisi kehidupan manusia. Salah satu bidang  yang semakin marak karena banyak diminati generasi milenial adalah kuliner. Begitu besarnya perhatian generasi milenial pada bidang ini bisa terlihat dari dari munculnya berbagai tempat dan jenis kuliner kekinian. Menurut Yuda Bustara, pakar kuliner sekaligus chef, menyatakan bahwa kaum muda milenial adalah segmen pasar yang sulit dipuaskan dan mudah bosan. Ini karena karakter mereka yang memang gemar mencoba hal-hal baru, termasuk di dunia kuliner. Maka dari itu Anda yang sedang atau ingin menjalankan bisnis dengan target pasar kaum milenial ini perlu menjalankan strategi khusus agar Anda bisa bertahan atau eksis dalam persaingan bisnis tersebut. Berikut beberapa tips dari Yuda Bustara untuk yang ingin bisnis kulinernya diminati generasi milenial kekinian.

  1. Selalu Pantau Media Sosial

Tips membuat bisnis kuliner agar diminati generasi milenial dari Yuda Bustara adalah dengan selalu memantau media sosial. Generasi milenial memang identik dengan media sosial. Selain sebagai sarana komunikasi, platform media sosial bagi mereka merupakan tempat untuk selalu mendapatkan hal-hal baru. Dari sinilah Anda yang sedang mengincar generasi milenial untuk bisnis kuliner Anda harus benar-benar menguasai media sosial. Pastikan Anda menggunakan media sosial ini sebagai strategi marketing utama untuk menjaring target pasar. “Jadi dikulik-kulik saja, buka Youtube atau Instagram,” kata Yuda.

  1. Hadirkan Menu Atau Lokasi Instagramable

Seperti dinyatakan sebelumnya bahwa generasi milenial memiliki karakter yang mudah bosan dan selalu ingin mencoba hal-hal baru. Nah dari sinilah Anda yang menghadirkan bisnis kuliner dengan hal-hal biasa dan umum, akan membuat mereka pergi meninggalkan Anda. Untuk menjaring generasi milenial dalam bisnis kuliner ini Anda memang harus kreatif dengan menghadirkan tempat dan menu yang menarik. Salah satu bentuk tempat dan menu menarik yang saat ini digemari kaum milenial adalah yang berkonsep Instagramable. Konsep Instagramable sendiri adalah sesuatu yang kompatibel atau memiliki kesesuaian dengan unsur-unsur yang dapat menarik orang lain bila diposting ke media sosial. Maka dari itu menurut Yuda pastikan Anda selalu menghadirkan menu yang menarik dan unik sehingga dapat membut generasi milenial ini menjadi penasaran karena ingin menampilkannya di media sosial yang mereka miliki. Hal lain yang dapat Anda lakukan adalah menghadirkan tempat makan dengan desain yang Instagramable.

  1. Gunakan Opsi Pembayaran dengan E-Wallet

Berikutnya, tips agar bisnis kuliner Anda dapat menarik banyak generasi milenial adalah dengan menggunakan opsi pembayaran dengan e-wallet. Anda harus menjalin kerjsama dengan beberapa pihak e-wallet atau dompet digital, seperti Gopay, Grab, Dana dan lainnya. Generasi milenial saat ini memang sangat menggemari pembayaran dengan e-wallet yang menurut mereka banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Biasanya e-wallet ini memang banyak menghadirkan promo menarik untuk pembelian tertentu, termasuk untuk transaksi kuliner. Gaya hidup cashless saat ini memang begitu mendominasi sisi kehidupan generasi milenial. Dari sinilah Anda yang ingin menarik perhatian konsumen milenial harus bisa menggunakan opsi pembayaran e-wallet. “Biasanya milenial akan tertarik jika attached dengan teknologi. Misalnya, mereka bisa bayar pakai aplikasi dan mendapat cashback dan lain-lain,” tutur Yuda.

  1. Mudah Didapatkan

Terakhir, tips jalankan bisnis kuliner agar banyak diminati generasi milenial adalah menghadirkan kuliner yang mudah didapatkan. Selain cepat bosan, generasi milenial juga memiliki karakter yang ingin mudah mendapatkan apa yang diinginkan, termasuk makanan dan minuman. Saat ini dengan hadirnya beragam aplikasi jasa antar makanan, membuat Anda mau tak mau juga harus bisa mengaplikasikannya pada bisnis kuliner Anda. Jadi tawarkan pada mereka pembelian menu yang bisa membuat mereka memesan melalui smartphone. Untuk keperluan ini, maka Anda sebagai pemilik usaha harus bisa menjalin kerjasama dengan pihak aplikasi jasa pengiriman tersebut. Beberapa aplikasi jasa pengirimana antar makanan yang populer saat ini yaitu Gojek dan Grab. Anda juga bisa berinisiatif sendiri dengan menghadirkan layanan delivery untuk menarik kaum generasi milenial tersebut.

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top