StartUp dan UKM

Ingin Usaha Kecil Menjadi Besar? Coba Lakukan 5 Gebrakan Ini

tumbuhkan-bisnis

menumbuhkan bisnis/https://www.biggerpockets.com/

Sebagai pebisnis pastinya Anda ingin usaha yang Anda jalankan terus bertumbuh menjadi besar. Tapi seiring dengan tingkat persaingan atau kompetisi yang semakin ketat membuat gerak pertumbuhan bisnis yang diharapkan bisa saja meleset. Tapi dalam dunia entrepreneur, pergerakan usaha yang dinamis ini merupakan hal yang wajar dan tidak boleh jadi halangan bagi pebisnis untuk tetap berjuang dan berusaha. Sebab, hanya dengan usaha yang gigih dan sungguh-sungguh inilah maka eksistensi bisnismu akan tetap terjaga. Untuk bisa membuat usaha yang kecil menjadi besar ini memang membutuhkan usaha lebih yang dilakukan. Bahkan beberapa pebisnis sukses harus melakukan gebarakan tertentu agar usahanya bisa bertumbuh. Nah berikut ini adalah beberapa gebarakan yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan usaha kecil menjadi besar.

  1. Diversifikasi

Gebrakan pertama yang bisa Anda lakukan untuk jadikan bisnis kecil menjadi besar adalah dengan menerapkan diversifikasi. Diversifikasi sendiri adalah usaha untuk membuat sesuatu menjadi lebih beragam atau bervariasi. Nah berkaitan dengan bisnis maka Anda harus bisa membuat produk yang bervariasi untuk dijual. Seperti contoh Anda menjual baju muslim, maka cobalah untuk membuat variasinya yaitu baju muslim dewasa dan anak-anak. Anda juga bisa memperluas lagi ragam produk baju muslim ini pada mukena atau baju gamis wanita. Dari variasi produk yang dilakukan maka Anda akan berpeluang besar untuk mengembangkan bisnis.

  1. Jualan Online

Saat ini dunia online memang menjadi fenomena yang begitu luar biasa. Di dunia online ini sendiri ada potensi besar untuk Anda meraih konsumen lebih besar. Semakin bertambahnya pengguna internet setiap harinya menjadi petunjuk bahwa dunia online ini semakin membawa potensi dan prospek yang positif bagi pebisnis yang mau memanfaatkannya dengan baik. Jadi Anda yang masih berbisnis secara konvensional, segera saja beralih ke bisnis online agar Anda bisa mendapatkan kesempatan atau peluang meraih konsumen yang lebih besar untuk mengembangkan usaha. Untuk jualan online ini memang Anda perlu mempelajari trik-trik dan strateginya. Tapi dengan banyaknya tutorial yang ada, maka Anda pun tak perlu khawatir untuk bisa berjualan online dengan sukses.

  1. Terapkan Sistem Franchise

Berikutnya, gebrakan yang bisa Anda lakukan untuk menjadikan usaha kecil menjadi besar adalah dengan menerapkan sistem franschise atau waralaba. Jika Anda merasa brand bisnis Anda sudah banyak yang mengenal, maka coba saja hadirkan sistem franchise atau waralaba. Dengan sistem franchise ini maka bisnis Anda berpeluang untuk menjadi cepat berkembang. Ini karena adanya mitra yang menjalin kerjasama bisnis dengan membawa brand usaha Anda. Semakin banyak mitra usaha yang bisa Anda dapatkan untuk bersama-sama membesarkan bisnis melalui sistem franchise, maka semakin besar kesempatan Anda untuk menjadikan usaha menjadi lebih besar.

  1. Bisnis White Label

Berkebalikan dengan konsep franchise, gebrakan selanjutnya untuk mengembangkan usaha yang bisa dijalankan yaitu bisnis white label. Bila dalam franchise ini Anda mengembangkan usaha melalui brand, maka dalam white label, Anda hanya menjual komponen dasarnya saja tanpa label atau brand. Jadi misalnya Anda berbinis cemilan keripik, maka dengan bisnis white label ini Anda akan memasok bahan bakunya saja yakni keripik tanpa merk kepada pihak lain atau distributor. Agar sukses dalam menjalankan gebarakan ini cobalah untuk memilih menjalin kerjasama dengan pihak distributor yang sudah populer namanya. Dengan menjalin kerjasama dengan pihak distributor yang terkenal maka Anda akan semakin berpeluang untuk terus meningkatkan produksi dan menumbuhkan bisnis menjadi lebih besar.

  1. Buat Produk Anda Berlisensi

Terakhir, usaha atau gebarkan yang bisa Anda lakukan untuk membuat usaha kecil menjadi besar adalah dengan membuat produk berlisensi. Lisensi ini memang sangat penting untuk meningkatkan kredibilitas bisnis di mata konsumen. Ketika produk Anda sudah memiliki lisensi seperti label halal dari MUI maka publik akan semakin yakin untuk membeli produk Anda. Lisensi lain yang seringkali ditarget oleh pebisnis adalah sertifikat dari BPOM atau Dinas Kesehatan. Ketika konsumen sudah tak ragu lagi membeli produk Anda yang sudah berlisensi maka upaya Anda untuk membuat bisnis menjadi besar akan semakin terbuka lebar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: