Keuangan

Ini Dia 4 Jenis Analisis Laporan Keuangan Perusahaan, Sudah Tahu?

teknik-analisis-laporan-keuangan

teknik analisis laporan keuangan/https://constructionexec.com/

Buat kamu yang sedang atau akan terjun ke dunia wirausaha (bisnis), maka laporan keuangan menjadi sesuatu yang penting untuk dibuat dan dimiliki. Laporan keuangan sendiri memang sangat penting keberadaannya untuk mengetahui cash flow serta keuntungan dan kerugian sebuah bisnis atau perusahaan.

Sesudah membuat laporan keuangan pun, masih ada hal yang perlu dilakukan yaitu menganalisanya. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berbagai hal yang berhubungan dengan kesehatan finansial perusahaan.

Teknik Analisis Laporan Keuangan

Nah untuk melakukan analisis laporan keuangan ini, ada beberapa teknik yang dibisa digunakan. Berikut beberapa teknik melakukan analisis laporan keuangan yang bisa kamu coba:

  1. Analisis Common Size (Common Size Analysis)

Pertama, jenis teknik analisis laporan keuangan yang bisa dilakukan adalah analisi common size. Pada analisis pertama ini, data pada laporan keuangan akan disajikan dalam bentuk persentase (%). Dengan menggunakan teknik analisis common size, maka akan membuatmu mendapatkan kemudahan dalam analisa antar perusahaan atau antar waktu dalam perusahaan yang sama.

Perlu kamu ketahui juga bahwa format persentase dalam teknik ini juga lebih mudah untuk dianalisa dan dipahami dibandingkan dengan data berbentuk angka absolut. Analisis common size sendiri umumnya dipakai pada laporan laba rugi dan neraca perusahaan. Pada laporan laba rugi tersebut, setiap akun baris dibagi dengan penjualan. Sementara itu pada neraca, setiap akun baris dibagi dengan total aset.

  1. Analisis Tren (Trend Analysis)

Jenis analisis kedua adalah analisis tren. Teknik analisis ini biasanya digunakan untuk memprediksi kinerja finansial perusahaan di masa mendatang berdasarkan tren yang terjadi saat ini. Untuk melakukannya maka ada acuan pada ide pokok di mana data historis dianggap mampu mempengaruhi atau memperkirakan kondisi di kemudian hari.

Selain menggunakan acuan ide pokok, dalam analisis ini perusahaan akan menggunakan analisis rasio keuangan. Ini artinya perusahaan akan melakukan penghitungan rasio minimal dua tahun terakhir untuk dijadikan perbandingan. Rasio sendii jadi tidak valid jika data tidak memiliki perbandingan. Maka dalam teknik ini berlaku ketentuan bahwa semakin banyak data yang dibandingkan, akan semakin bagus pula analisis yang bisa dibuat.

  1. Analisis Persentase Perubahan (Percentage Change Analysis)

Berikutnya, jenis dan teknik analisis laporan keuangan adalah analisis persentase perubahan. Teknik ini akan mampu menunjukkan perkembangan data dari satu periode ke periode lainnya dalam bentuk persentase. Biasanya analisis ini sering dipakai untuk menganalisa neraca, dan bisa digunakan untuk membaca perubahan dari tahun ke tahun. Analisis persentase perubahan ini memang sangat penting bagi manager dan investor untuk melihat bagaimana pertumbuhan atau penurunan kinerja finansial perusahaan.

  1. Analisis Industri (Industry Analysis)

Terakhir, jenis analisis laporan keuangan perusahaan yang perlu kamu tahu adalah analisis industri. Teknik analisis ini biasanya dipakai untuk menganalisa dan memahami perbandingan antar perusahaan sebuah industri. Dari sini maka akan terlihat perusahaan sudah membuat investasi finansial yang tepat, atau membutuhkan penyesuaian langkah finansial. Dalam melakukan teknik analisis ini, akan ada data dari perusahaan sejenis yang berada di industri yang sama untuk dilibatkan sebagai perbandingan. Data yang digunakan sendiri bisa berupa rasio rata-rata perusahaan lain yang dibandingkan dengan rasio milik perusahaan Anda.

Itulah empat jenis teknik analisis laporan keuangan perusahaan yang bisa kamu jadikan acuan. Untuk mencapai perusahaan yang selalu sehat memang tidak hanya dibutuhkan laporan keuangan yang baik, namun perlu juga didukung oleh analisis keuangan yang tepat. Perlu dipahami juga bahwa keempat analisis laporan keuangan di atas memiliki teknik dan fungsi berbeda. Tapi semuanya punya persamaan dapat memberikan gambaran potensi finansial perusahaan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top