Bisnis Online

Ini Dia 4 Jenis Marketing Campaign di Instagram

marketing-campaign-instagram

marketing campaign instagram/https://www.imcgrupo.com/

Media sosial yang sudah sangat familiar di masyarakat membuat banyak orang menjadikannya sebagai senjata pemasaran. Dari sini kemudian lahirlah marketing campaign yang menjadi kekuatan baru untuk pemasaran online. Salah satu media sosial yang kini banyak dijadikan acuan untuk penerapan marketing campaign oleh para pebisnis dan influencer adalah instagram.

Alasan Instagram Cocok Marketing Campaign

Dengan semakin banyaknya pengguna Instagram, media sosial ini memang semakin diminati berbagai kalangan dari pebisnis hingga selebriti yang ingin meningkatkan personal branding atau juga memasarkan sebuah produk atau layanan. Tentu bukan hanya dari jumlah penggunanya, namun alasan Instagram paling tepat dijadikan pilihan marketing campaign adalah karena banyaknya tools atau fitur yang mendukung lini bisnis, yaitu Instagram Shop dan lainnya. Di Instagram ini Anda juga bisa melakukan banyak hal, dari mengambil foto, merekam video, mengeditnya, serta menyertakan banyak hal menarik lainnya tanpa harus membuka aplikasi lainnya.

Jenis-jenis marketing campaign di Instagram

Lalu seperti apa jenis-jenis marketing campaign di Instagram tersebut? Berikut ulasannya.

  1. Marketing Campaign User Generated Content (UGC)

Marketing campaign pertama di Instagram ini meliputi segala jenis konten digital yang dibuat oleh para influencer, pengikut, dan para pengguna. Biasanya marketing campaign UGC dijalankan dengan tujuan untuk mempromosikan suatu produk atau layanan. Karena penyampaian atau cara berpromosi ini lebih jujur maka diharapkan dari target audiens timbul kepercayaan dan bisa lebih terpikat. Umumnya pada marketing campaign ini terdapat hashtag khusus yang bertujuan agar performa dari campaign mudah diukur.

  1. Marketing Campaign untuk Produk Baru

Kedua, marketing campaign di Instagram ditujukan pada produk atau layanan baru. Campaign yang dihadirkan di Instagram ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk membangun hype dan awareness, terutama menjelang peluncuran produk atau layanan terbaru tersebut. Saat melakukan campaign tersebut, maka akan diperkenalkan dan diperlihatkan keunggulan dari produk atau layanan yang akan diluncurkan. Influencer biasanya akan direkrut sebuah brand untuk mempromosikan produk terbaru dengan campaign tersebut. Beberapa metode marketing campaign kedua ini yaitu announcement, video unboxing, dan sneak peek produk atau layanan yang akan diluncurkan tersebut.

  1. Marketing Campaign Brand Awareness

Berikutnya, marketing campaign di Instagram adalah brand awareness. Sebuah bisnis baik itu dalam skala besar atau kecil sekalipun, sangat membutuhkan campaign ini. Terlebih bagi brand baru atau brand yang sudah eksis namun ingin terhubung dengan target audiens baru, maka campaign ini sangat tepat untuk dijalankan. Sementara itu tujuan dari marketing campaign ketiga ini yaitu meningkatkan visibilitas perusahaan, produk, atau layanan yang dimiliki. Cara untuk mencapai tujuan itu sendiri adalah dengan memperlihatkan apa keunggulan serta keunikan produk sehingga perlu dimiliki oleh target audiens.

  1. Marketing Campaign Giveaway

Terakhir, jenis marketing campaign di Instagram adalah Giveaway. Marketing campaign ini biasanya dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan engagement. Dengan strategi giveaway di Instagram, kita dapat memberlakukan syarat dan ketentuan tertentu untuk mendukung tujuan marketing campaign tersebut. Biasanya yang paling sering dilakukan dalam marketing campaign tersebut yaitu meminta audiens untuk follow, memberikan komentar, dan mention beberapa temannya. Dengan cara ini maka juga bisa sebuah brand dapat mendapatkan peluang menjangkau followers dan konsumen baru.

Itulah penjelasan mengenai beberapa jenis marketing campaign yang biasanya dijalankan di media sosial Instagram. Dari sini maka Anda yang memang sedang concern dengan promosi melalui Instagram, bisa menjadikan beberapa marketing campaign di atas sebagai panduan dan acuan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top