Peluang Usaha

Ini Dia Ragam Bisnis Bulan Ramadan Cukup dengan Modal Rp3 Juta

jual-menu-takjil

jual menu takjil/https://www.antarafoto.com/

Bulan Ramadhan di Indonesia memang terasa sangat berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Selain diwarnai dengan suasana ibadah yang begitu khas, bulan Ramadhan juga diikuti dengan munculnya berbagai macam bisnis. Dengan karakternya tersendiri, bulan Ramadhan memang bisa kamu jadikan peluang untuk mendapatkan pundi-pundi uang dengan jalan berbisnis. Menariknya, untuk menjalankan bisnis ini kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Sebab dengan modal sekitar Rp3 juta saja, kamu pun sudah bisa memulai bisnis di bulan Ramadhan tersebut. Berikut ulasannya.

  1. Takjil Buka Puasa

Pertama bisnis yang bisa kamu coba adalah berjualan takjil buka puasa. Saat jelang berbuka puasa memang akan banyak masyarakat yang mencari menu-menu takjil. Nah dari sinilah kamu bisa menjualnya untuk memperoleh tambahan penghasilan. Menurut Konsultan Bisnis dan Waralaba DK Consulting Djoko Kurniawan, bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang tidak terlalu besar. Sebut saja kamu berjualan kolak pisang untuk 30 porsi. Maka modal yang dibutuhkan hanya Rp50 ribu untuk membeli 1 sisir pisang raja sebesar Rp15 ribu, ketela Rp15 ribu, kelapa Rp5 ribu , gula jawa Rp5 ribu, dan gelas 30 buah Rp15 ribu.

Contoh lain berjualan es buah ukuran 50 porsi yang diprediksi Djoko membutuhkan modal sebesar Rp105 ribu. Modal itu sendiri akan digunakan untuk membeli satu botol sirup sebesar Rp25 ribu, semangka Rp30 ribu, melon Rp30 ribu, dan nanas Rp20 ribu. Untuk menjualnya kamu bisa berjualan di pinggir jalan yang ramai saat jelang maghrib. Jika memungkinkan pasarkan juga melalui sistem online.

  1. Paket Bahan Kue Lebaran

Berikutnya, bisnis di bulan Ramadhan yang bisa kamu jalankan dengan modal Rp3 juta adalah menjual paket bahan kue lebaran. Dalam hal ini Konsultan Marketing dari Tim Positive Plus Consulting Dinar Sudianto menyatakan bahwa jelang berakhirnya Ramadhan akan banyak masyarakat yang membutuhkan kue lebaran. Nah disinilah kamu bisa berjualan sesuatu yang tidak mainstream yakni menjual paket bahan-bahannya. Misalnya saja menjual satu paket berisi terigu, gula, dan bahan kebutuhan kue lainnya. Bisnis ini sendiri bisa dimulai dengan modal maksimal Rp1 juta. Agar maksimal kamu bisa menjual paket bahan kue ini dengan skema pre-order dan sistem online.

“Kalau jualan kue lebaran kan mainstream. Jadi bisa dengan paket dan bahan-bahan kue lebaran. Misalnya tepung 1kg, gula 1kg, loyang. Semua disiapkan,” kata Dinar.

  1. Amplop Salam Tempel

Bila bulan Ramadhan sudah dekat, maka kamu bisa berjualan amplop salam tempel. Tradisi memberikan uang/angpau saat lebaran memang selalu ada. Dari sinilah kamu yang ingin mendapatkan penghasilan lebih di bulan Ramadhan bisa menjadikan bisnis jualan amplop lebaran sebagai pilihan. Untuk berjualan amplop lebaran hanya membutuhkan modal minim. Menurut Dinar untuk berjualan amplop lebaran ini seseorang hanya membutuhkan modal printer dan kertas. Sementara untuk desain bisa menggunakan aplikasi di laptop.

“Ini hanya berapa puluh ribu atau ratus ribu untuk beli kertas, tinta. Keuntungan bisa lebih dari 100 persen karena kan hanya desain dan print (cetak),” jelas Dinar.

  1. Reseller Kerudung

Terakhir, bisnis di Bulan Ramadhan yang bisa kamu jalankan dengan modal minim adalah menjadi reseller kerudung. Kerudung bagi masyarakat Indonesia memang sudah menjadi hal yang umum. Nah saat bulan Ramadhan dan jelang lebaran, kebutuhan pada kerudung ini akan meningkat. Dari sini maka peluang berbisnis kerudung pun akan terbuka lebar. Untuk menjualnya, kamu tak perlu memproduksi sendiri karena akan membutuhkan modal besar. Tapi kamu cukup menjadi reseller saja. Menurut Djoko modal untuk menjadi reseller kerudung ini diperkirakan kurang dari Rp3 juta. Seseorang hanya perlu membeli sebagian kerudung dan tidak perlu membayar sewa.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top