Tips

Ini Dia Tips Ampuh Pasarkan Bisnis dari Hobi Anda, Coba Aja!

pemasaran-bisnis-hobi

Menjalankan bisnis yang berawal dari hobi memang akan sangat menyenangkan. Pasalnya, bisnis yang dijalankan dari hobi akan membuat kita jadi lebih suka dan bersemangat untuk menekuninya. Tapi namanya bisnis, tetap saja harus ada perjuangan dan kerja keras yang perlu dilakukan supaya kesuksesan bisa diraih. Salah satu hal yang perlu Anda perjuangkan untuk mensukseskan bisnis dari hobi ini adalah pemasaran yang efektif dan ampuh. Pemasaran dalam bisnis apapun, termasuk bisnis dari hobi ini memang memiliki peran yang begitu besar. Semakin efektif pemasaran yang dilakukan maka akan semakin besar peluang pebisnis meraih kesuskesan. Nah, berikut ini adalah beberapa tips ampuh dan efekttif yang bisa diterapkan untuk bisnis dari hobi yang Anda gemari tersebut.

  1. Jalankan Promosi Online

Tips ampuh pemasaran yang pertama untuk bisa Anda jalankan berkaitan dengan bisnis dari hobi adalah melakukan promosi online. Dengan semakin besarnya pengguna gadget dan bertumbuhnya teknologi online menjadikan pemasaran online akan sangat efektif untuk dijalankan. Untuk menjalankan pemasaran atau promosi online sendiri tidak terlalu sulit untuk dijalankan. Bahkan Anda tak perlu capek-capek pergi keluar rumah untuk melakukan pemasaran online ini. Anda hanya cukup berada di rumah dan duduk manis di depan perangkat, maka Anda pun sudah siap untuk melakukan promosi online. Beberapa media tempat promosi online yan bisa Anda gunakan antara lain website, media sosial, marketplace, atau juga instan messaging. Pilihlah satu atau beberapa media promosi online tadi yang Anda inginkan. Tapi apapun pilihan media promosi online itu, pastikan Anda untuk menarget pasar yang susuai dengan bisnis dari hobi tersebut.

  1. Gabung Komunitas Hobi

Saat ini memang banyak komunitas-komunitas hobi yang bermunculan di masyarakat. Nah dari sinilah Anda yang menjalankan bisnis berbasis hobi tak boleh ketinggalan untuk mendukung pemasaran usaha. Caranya gabung saja ke komunitas hobi yang sesuai dengan bisnis Anda. Setelah bergabung Anda bisa langsung action dengan melakukan promosi atau pemasaran. Mungkin untuk menghindari kesan main-main saat bergabung, Anda harus melakukan pemasaran ini dengan soft atau perlahan-lahan. Jangan langsung berjualan, tapi buatlah Anda bermanfaat atau berguna terlebih dahulu di komunitas tersebut. Bila Anda sudah dianggap anggota yang bisa diandalkan maka Anda bisa mulai menjalankan strategi promosi berjualan.

  1. Kenali Perilaku Konsumen

Saat ini perilaku konsumen memang begitu penting untuk dicermati. Sebab dengan mengetahui gerak-gerik dan karakter konsumen maka Anda akan bisa membuat pemasaran jadi lebih efektif dan berhasil. Untuk bisa mengenali perilaku konsumen sendiri, hal pertama yang harus Anda lakukan yakni menentukan target pasar sesuai bisnis hobimu. Setelah menentukan target pasar, maka Anda bisa melakukan survei atau riset guna mendapatkan data mengenai perilaku atau karakter mereka. Survei atau riset ini sendiri bisa Anda lakukan secara langsung dengan cara wawancara atau menyebar angket. Selain itu Anda juga bisa melakukan survei atau riset ini secara tidak langsung melalui jaringan internet atau online. Setelah mendapatkan data-data dari kegiatan riset, maka langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah menganalisis data-data yang ada tersebut hingga diketahui perilaku konsumen (target pasar) secara gamblang dan detail.

  1. Kreatif dan Inovatif

Selanjutnya, tips ampuh menjalankan pemasaran untuk bisnis berbasis hobi adalah dengan menghadirkan kreativitas dan inovasi. Kreativitas dan inovasi dalam bisnis berbasis hobi ini memang bisa menjadi penentu bagaimana bisnis ini bisa eksis. Sebab pasar yang cepat jenuh membuat Anda sebagai pebisnis harus selalu up to date untuk menghadirkan pembaruan yang kreatif dan inovatif. Apalagi bila bisnis hobi And ternyata mentarget kalangan kaum muda sebagai pasarnya, maka kreativitas dan inovasi ini akan sangat dibutuhkan.

  1. Hadirkan Public Figure

Terakhir, tips pemasaran yang ampuh untuk jalankan bisnis berbasis hobi yaitu dengan menghadirkan public figure. Di zaman dimana banyak orang yang terterobsesi pada orang yang dipujanya membuat keberadaan public figure akan sangat membantu Anda menjalankan bisnis berbasis hobi ini. Pastikan saja Anda menghadirkan public figure yang sesuai dengan tema bisnis Anda. Pastikan juga public figure yang Anda hadirkan tarifnya sesuai dengan keuangan perusahaan Anda. Dengan adanya public figure yang Anda hadirkan untuk mempromosikan bisnis Anda maka pemasaran yang Anda jalankan akan terbantu dengan baik untuk meraih banyak pelanggan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top