Keuangan

Inilah 4 Alasan Orang Menghabiskan Uang Untuk Hal Tak Penting

alasan-tidak-penting-boros

alasan tidak penting untuk boros/https://www.berkabar.id/

Dalam kehidupan ini memang ada banyak karakter yang bisa kita jumpai dari orang lain. Watak atau karakter yang dimiliki seseorang ini sendiri bisa membawa pada sikap bagaimana mereka menggunakan uangnya. Dalam penggunaan uang yang ada tersebut, kita bisa mendapati dua tipe yakni orang yang bisa berhemat dan orang yang boros. Menariknya, pada orang-orang yang boros itu kita bisa mengetahui adanya alasan tak logis ketika mereka menghabiskan uangnya tersebut. Nah berikut ini adalah 4 alasan konyol yang biasanya muncul pada orang-orang yang menghabiskan uang untuk keperluan tak penting.

  1. Berharap Dapat Membuat Orang Lain Terkesan

Alasan tak logis pertama yang bisa membuat orang menghabiskan uang untuk keperluan tak penting adalah adanya harapan untuk membuat orang lain terkesan. Dengan sumber daya yang terbatas memang membuat hanya beberapa orang yang bisa menjadi kaya dengan harta benda yang dimiliki. Dalam konsep materialisme yang banyak berlaku di masyarakat sendiri kekayaan dianggap sebagai sesuatu yang bernilai. Nah ketika seseorang punya kekayaan maka mereka bisa menjadi terpandang di mata masyarakat. Dari hal inilah kemudian banyak orang yang ingin terlihat kaya supaya mereka bisa menjadi terpandang atau membuat orang lain terkesan. Maka untuk bisa terlihat kaya mereka pun membeli barang-barang mewah yang mahal namun sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Sayangnya alasan pembelian barang-barang mewah tersebut banyak yang dipaksakan dan tidak sesuai dengan kebutuhan serta keuangan.

  1. Rasa Iri Pada Orang Lain

Rasa cemburu atau iri pada apa yang dimiliki orang lain memang bisa memicu seseorang untuk berbelanja secara impulsif. Mengapa demikian? Ini karena seseorang yang mudah iri pada apa yang dimiliki orang lain akan membuat perasaannya bergejolak untuk juga bisa memilikinya. Sayangnya hasrat memiliki barang yang dipunyai orang lain ini membuat seseorang membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Mereka membeli barang ini karena sebuah dorongan sesaat. Dari sinilah mereka yang mudah iri dengan apa yang dimiliki orang lain biasanya akan boros karena uangnya dibelikan untuk hal-hal yang tidak penting.

  1. Anda Menjadi Korban Pemasaran

Berikutnya, alasan orang menghabiskan uang untuk hal tidak penting yaitu karena seseorang yang mudah menjadi korban pemasaran. Orang yang mudah sekali terbujuk dengan marketing dalam wujud iklan atau apapun, pastinya mereka akan lebih mudah untuk membelanjakan uangnya. Sayangnya uang yang dibelanjakan oleh orang-orang ini seringkali tidak optimal karena yang dibeli bukanlah barang yang benar-benar penting. Marketing atau pemasaran memang dibuat untuk menarik orang untuk membeli. Dari sinilah kemudian orang-orang yang tidak bisa menahan diri dengan apa yang ditawarkan oleh pihak marketing akan sulit sekali untuk berhemat.

  1. Bosan

Terakhir, alasan orang menghabiskan uang untuk hal tidak penting yaitu bosan. Keadaan yang membuat seseorang bosan memang bisa saja memicu pembelian yang tidak bijak. Ini dikarenakan ketika bosan mereka akan mencari hal yang dapat membuat mereka tidak bosan lagi. Dan sesuatu yang membuat mereka tidak bosan lagi ini sangat mungkin berwujud hal yang tidak penting dan tidak diperlukan. Sebut saja misalnya karaoke, hangout dan lain sebagainya. Tentu ketika Anda melakukan kegiatan yang tidak penting itu maka pengeluaran pun akan membengkak. Hasilnya Anda sangat mungkin menjadi lebih boros.

Itulah beberapa alasan yang seringkali muncul pada orang-orang yang suka menghabiskan uang untuk urusan yang tidak penting. Dari sinilah maka Anda yang ingin tetap hemat, sebisa mungkin pastikan untuk menghindari beberapa alasan tadi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top