Lainnya

Inilah 4 Keseharian Hidup Manusia yang Kini Membutuhkan Teknologi AI

penerapan-AI-dalam-kehidupan

penerapan AI dalam kehidupan/https://www.entrepreneur.com/

Teknologi yang terus bertumbuh membuat kita harus selalu berpacu untuk beradaptasi dengannya. Apalagi teknologi ini yang terus merambah ke setiap lini kehidupan kita sebagai manusia, maka mau tak mau kita pun harus mengikutinya. Salah satu teknologi terbaru dan terkini yang juga semakin meluas penerapannya dalam kehidupan yakni Teknologi AI (Artificial Intelligence). AI sendiri pada dasarnya merupakan teknologi yang dirancang untuk meniru tindakan dan pola berpikir manusia. Nantinya setelah menjadi program, teknologi AI ini akan memiliki kecerdasan untuk bekerja seperti manusia. Dari sinilah kemudian AI banyak digunakan untuk membantu beberapa pekerjaan manusia. Nah berikut ini ada 4 kegiatan atau pekerjaan manusia sehari-hari yang telah memanfaatkan teknologi AI sebagai pendukungnya.

  1. Transportasi Online

Bidang kehidupan manusia pertama yang telah menerapkan teknologi AI yaitu transportasi online. Transportasi online yang sudah lazim di era sekarang ternyata banyak menerapkan penggunaan teknologi kecerdasan buatan. Wujud teknologi AI yang bisa kita jumpai pada layanan transportasi daring ini antara lain proses pemilihan pengemudi terdekat dengan lokasi penumpang, penentuan titik penjemputan serta membuat rekomendasi restoran. Tidak hanya itu teknologi AI ini juga dipakai oleh perusahaan jasa transportasi online untuk menjaga keselamatan penumpang dan mitra pengemudi. Seperti misalnya pada penerapan fitur pemantau yang berfungsi untuk memastikan perjalanan konsumen aman sampai tujuan. Dari fitur ini teknologi AI bisa digunakan untuk mendeteksi pemberhentian yang tidak sesuai atau tidak direncanakan. Ketika hal ini terjadi maka sistem akan membuat notifikasi kepada penumpang dalam bentuk pertanyaan apakah penumpang atau pengemudi memerlukan bantuan.

  1. Streaming Musik dan Film

Jika kamu sering menggunakan aplikasi streaming musik atau film maka kamu sebenarnya bisa mendapati teknologi AI di dalamnya. Salah satu contoh penerapan AI dalam aplikasi ini yaitu proses menemukan rekomendasi playlist atau film sesuai selera pendengar. Munculnya rekomendasi lagu atau film ini tentu dikarenakan adanya peran teknologi AI didalamnya.

  1. Belanja Online

Berikutnya, keseharian manusia yang telah mendapatkan dukungan teknologi AI yaitu belanja online. Kamu yang termasuk maniak belanja online pasti sering mendapati penerapan kecerdasan buatan ini. Selain iklan yang menampilkan produk-produk favoritmu, munculnya rekomendasi produk yang sedang kamu incar juga mencerminkan penerapan teknologi AI. Pada beberapa marketplace, teknologi AI bahkan digunakan untuk menghadirkan fitur image recognition atau pengenalan gambar dalam kolom pencarian. Jadi dengan fitur image recognition kamu pun bisa mencari barang dengan memfoto gambar yang ada.

  1. Fotografi di Smartphone

Terakhir, keseharian hidup manusia yang kini membutuhkan peran teknologi AI yaitu fotografi di smartphone. Smartphone yang selalu memiliki pembaruan pada akhirnya memang bisa menghadirkan kecerdasan. Salah satu penerapan teknologi AI pada smartphone ini bisa kita jumpai pada fitur fotografinya. Dengan dukungan teknologi AI, fitur fotografi pada smartphone bahkan ada yang telah mampu menandingi kualitas gambar dari kamera DSLR atau mirrorless. Kemampuan teknologi AI untuk menghadirkan gambar berkualitas ini dilatar belakangi adanya kemampuan machine learning. Tidak hanya menghadirkan gambar berkualitas, kecerdasan buatan pada fotografi smartphone ini mampu mempelajari setiap detail karakter obyek foto untuk kemudian mengoptimalkan pengaturannya secara otomatis.

Itulah beberapa bidang kehidupan manusia sehari-hari yang sekarang telah didukung oleh teknologi AI. Dari sini maka kita sebagai manusia yang tengah berada dalam situasi perkembangan teknologi yang sangat pesat, perlu untuk selalu bisa beradaptasi dan bijak dalam penggunaanya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top