Lainnya

Inilah 4 Keuntungan Menjalankan Bisnis Meski di Usia yang Sudah Tua

pebisnis-tua

Berbisnis memang tidak mengenal usia. Bahkan meski sudah memasuki usia tua, Anda masih memiliki kesempatan berbisnis dan meraih sukses dalam bisnis tersebut. Beberapa pebisnis bahkan meraih sukses ketika menjalankan bisnis di usia senjanya. Salah satu pebisnis yang meraih suskes ketika berbisnis di usia tua adalah Colonel Sanders yang mendirikan KFC. Sosok yang mendirikan bisnis yang fenomenal karena telah mendunia ini mengawali bisnisnya di usia 62 tahun. Dari contoh pebisnis tadi bisa disimpulkan bahwa tidak ada kata terlambat untuk berbisnis, termasuk saat Anda memasuki usia tua. Bahkan menjalankan bisnis di usia tua ini ternyata memiliki keuntungan tersendiri bagi yang menjalankannya. Nah berikut ini adalah beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh pebisnis yang memulai usahanya di usia tua.

  1. Anda Sudah Punya Banyak Pengalaman

Keuntungan pertama pebisnis yang menjalankan usahanya di usia tua adalah memiliki pengalaman yang banyak. Meski Anda belum pernah berbisnis sebelumnya, namun pengalaman Anda dalam menjalankan kehidupan akan bisa membantu Anda menjalankan bisnis dengan lebih baik. Dalam bisnis, pengalaman dalam kehidupan memang juga memiliki pengaruh yang besar bagi pebisnis. Sebab urusan bisnis yang kompleks membuat pebisnis membutuhkan skill kecakapan bergaul dan menyikapi masalah. Nah skill kecakapan bergaul dan menyikapi masalah ini pastinya bisa didapatkan oleh seseorang yang memiliki banyak pengalaman menjalankan kehidupan. Apalagi bila pengalaman hidup ini dilengkapi dengan pengalaman berbisnis yang Anda miliki sebelumnya, maka hal ini akan banyak membantu dan menguntungkan Anda dalam menjalankan bisnis di usia tua.

  1. Anda Punya Jaringan Bisnis yang Luas

Anda yang menjalankan bisnis di usia tua tentu akan memiliki banyak teman dan rekanan. Nah dari banyaknya teman dan rekanan yang dimiliki, akan membuat Anda banyak terbantu dalam menjalankan bisnis di usia tua. Dalam bisnis, rekanan atau jaringan bisnis memang sangat penting. Karena dari jaringan bisnis, Anda bisa menjalin kerjasama atau kemitraan yang saling menguntungkan. Dan inilah keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjalankan bisnis di usia tua. Tapi bila Anda menjalankan bisnis di usia muda, maka bisa jadi Anda masih memiliki sedikit rekanan sehingga harus berusaha keras untuk bisa mencari jaringan bisnis.

  1. Punya Pemasukan dan Tidak Bergantung pada Anak

Berikutnya, keuntungan menjalankan bisnsi di usia tua adalah memiliki penghasilan sendiri sehingga tidak bergantung pada anak. Memang tidak sedikit orang di usia tuanya menggantungkan kehidupan pada anak-anaknya. Hal ini memang tidak ada salahnya, tapi alangkah baiknya bila Anda mampu hidup mandiri tanpa merepotkan anak-anak Anda. Nah, dengan berbisnis di masa tua maka Anda akan bisa mendapatkan penghasilan dan tidak bergantung pada anak-anak Anda dalam menjalankan kehidupan. Keuntungan ini akan semakin terasa bila Anda adalah orang yang di masa tua tidak memiliki dana atau tabungan pensiun. Kalau pun Anda telah memiliki dana pensiun, menjalankan bisnis di masa tua akan membuat Anda bisa berbuat lebih untuk menikmati masa tua Anda.

  1. Supaya Anda Tetap Kreatif dan Produktif Secara Positif

Tidak sedikit orang yang di masa tuanya yang kehilangan daya kreatif dan produktifnya karena sudah kurangnya di asah. Setelah masuk masa pensiun memang Anda akan sedikit melakukan pekerjaan. Nah dari sinilah maka akan terjadi penurunan daya kreatif dan produktif. Hal ini tentu saja sesuatu yang buruk bagi yang mengalaminya. Sebab kehilangan daya kreatif dan produktif bisa membuat Anda semakin mengalami degradasi diri dan tubuh. Tapi bila Anda kemudian memutuskan untuk menjalankan bisnis di usia tua maka Anda akan bisa tetap kreatif dan produktif. Sebab ketika berbisnis di masa tua, pikiran dan tubuh Anda tetap digunakan. Dari sinilah Anda akan tetap bisa kreatif dan produktif serta tidak mengalami degradasi diri dan tubuh.

Demikianlah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menjalankan bisnis di usia tua. Anda juga tak perlu ragu dan malu ketika menjalankan bisnis di usia tua ini. Sebab, orang-orang yang menjalankan bisnis di usia tua ini bukan hanya Anda saja. Dan bila ada orang yang sinis, Anda juga tak perlu dengarkan, karena ini adalah kehidupan yang merupakan hak Anda untuk memutuskannya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top