Lainnya

Inilah 4 Pemilik Bisnis Batu Bara Terkaya Indonesia

Theodore-Rachmat

Theodore Rachmat/https://www.cermati.com/

Sektor pertambangan di Indonesia memang sangat sentral peranannya. Begitu pentingnya sektor pertambangan bagi perekonomian negeri ini membuat para pemilik di bisnis ini begitu jumawa. Presiden Joko Widodo sendiri menyatakan bahwa banyak sekali orang-orang kaya di Republik ini yang merupakan pengusaha sektor pertambangan, termasuk batu bara. Tambang yang juga disebut emas hitam memang sangat menguntungkan. Apalagi bila melihat status Indonesia yang dikenal sebagai negara pengekspor batu bara terbesar setelah Australia. Dari berharganya tambang emas hitam tersebut membuat beberapa pemiliknya kemudian sering masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Nah berikut ini 5 pemilik bisnis batu bara terkaya di Indonesia mengutip Forbes.

  1. Theodore Rachmat

Pertama, pemilik bisnis batu bara terkaya di Indonesia adalah Theodore Permadi Rachmat. Pria yang sering dipanggil Teddy ini merupakan salah satu pendiri Adaro dan juga mantan CEO Astra International. Selepas dari Asta, Teddy mendirikan perusahaan sendiri yakni Triputra Group. Nah dari Triputra Group ini, Teddy mempunyai anak perusahaan yang bergerak di sektor bisnis batu bara bernama Padang Karunia Group yang didirikan tahun 2002. Perusahaan yang beroperasi di Kalimantan Selatan tersebut diketahui mampu menghasilkan kapasitas produksi batu bara hingga 15 juta ton per tahun. Dari sinilah kemudian Teddy mampu memiliki kekayaan bersih sebesar 3,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 44,41 triliun (kurs Rp 14.326) dan menempati urutan ke-15 dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes.

  1. Garibaldi Thohir

Pengusaha yang satu ini adalah kakak dari Erick Thohir  yang merupakan Menteri BUMN. Perlu diketahui bahwa Garibaldi Thohir memiliki saham di PT Adaro Energy yang merupakan perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia. Dari kepemilikan saham inilah yang mengantarkan dirinya masuk daftar orang terkaya di Indonesia pada urutan ke-17 versi Forbes dengan total kekayaan mencapai 2,6 miliar dollar AS atau sekitar Rp 37,24 triliun.

Selain berbisnis di PT Adaro Energy, pria yang akrab disapa Boy Thohir ini juga tercatat sebagai pemilik perusahaan pembiayaan WOM Finance, operator perusahaan air minum, sampai jaringan restoran Hanamasa. Teman dekat dari politikus Sandiaga Uno tersebut juga memiliki beberapa bisnis di Jakarta seperti Grup Wahana Artha yang menjadi pemegang main dealer yang mendistribusikan motor merk Honda.

  1. Low Tuck Kwong

Berikutnya, daftar orang terkaya di Indonesia yang merupakan pemilik bisnis batu bara yakni Low Tuck Kwong. Pria yang satu ini merupakan owner dari perusahaan tambang batu bara terbesar di Indonesia, Bayan Resourches. Perusahaan ini memiliki banyak konsesi lahan raksasa tambang dan banyak tersebar di wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Dengan besarnya skala produksi batu bara yang dihasilkan, membuat Bayan Resourches memiliki pelabuhan milik sendiri. Kini pria berusia 73 tahun ini pun telah mencatatkan dirinya sebagai orang terkaya di Indonesia pada urutan ke-18 dengan total kekayaan mencapai 2,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp 35,81 triliun.

  1. Peter Sondakh

Dengan total kekayaan mencapai 2 miliar dollar AS atau Rp 28,65 triliun, Peter Sondakh menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia pada urutan ke-20. Sebagai pemilik bisnis batu bara di Indonesia dari perusahaan Rajawali Corpora, Peter memang dinilai wajar bisa mendapatkan status tersebut. Rajawali Corpora sendiri mempunyai 3 perusahaan besar yang bergerak di sektor pertambangan yakni Archi Group, Golden Eagle Energy, dan Indo Mines Ltd. Untuk perusahaan yang mengelola batu bara adalah PT Golden Eagle Energy Tbk dengan menguasai cadangan batu bara sebesar 730 juta ton yang berada di Kalimantan dan Sumatera.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top