Lainnya

Inilah 4 Tanda Bahwa Anda Sedang Berada di Zona Nyaman, Waspadai!

zona-nyaman

Zona nyaman (comfort zone) merupakan keadaan yang bisa muncul dalam kehidupan seseorang termasuk para pebisnis. Meski akan membuat hidup Anda terasa nyaman sesuai namanya, namun untuk Anda yang menjalankan bisnis, keadaan ini bukanlah sesuatu yang bagus. Alih-alih Anda bertahan dengan keadaan yang diberikan zona nyaman, Anda harus menghindarinya. Mengapa demikian? Sebab, ketika Anda bertahan dengan zona nyaman maka Anda akan sulit untuk berkembang lagi. Ini karena saat Anda tak beranjak dari zona nyaman maka tidak akan ada lagi tantangan untuk Anda mencapai atau meraih target-target. Dari sini maka bisnis Anda akan mengalami stagnasi atau kemandegan. Maka dari itu bagi Anda yang ingin mencapai puncak sukses tertinggi maka zona nyaman ini haruslah Anda hindari. Sayangnya dalam hal ini tidak semua pebisnis memahami bahwa mereka sedang berada di zona nyaman. Nah, berikut ini adalah beberapa tanda bahwa Anda berada di zona nyaman untuk Anda waspadai.

  1. Anda Merasa Sudah Mapan

Pertama, tanda bahwa Anda berada di zona nyaman adalah Anda merasa sudah mapan. Kemapanan memang menjadi tujuan semua orang, termasuk para pebisnis. Tapi karena kemapanan ini memiliki ukuran yang relatif maka Anda tidak bisa menetapkan sebuah kemapanan tersebut sebagai acuan kesuksesan. Bila pun Anda memang merasa sudah mapan, maka jangan sampai jadikan hal ini sebagai pedoman Anda untuk berhenti untuk berusaha dan berkembang. Sebab dunia yang terus bergerak dimanis membuat kemapanan Anda bisa jadi sirna. Sebagai bukti bahwa kemapanan bisnis sirna ditelan zaman adalah Blackberry yang sudah kalah bersaing dengan Android. Maka dari itu Anda yang ingin bisnis terus eksis, Anda harus meninggalkan zona nyaman ketika sudah merasakan kemapanan.

  1. Enggan Mencoba Hal Baru

Seorang pebisnis sejati memang Anda harus terus berinovasi menghadirkan sesuatu yang batu. Dengan tingkat persaingan yang semakin ketat memang membuat Anda tak bisa berdiam diri. Meskipun bisnis Anda sudah terbilang terdepan, tapi bila Anda tidak mau berinovasi menghadirkan hal-hal baru maka seiring waktu akan membuat Anda tersisih dari persaingan. Mungkin saja Anda beranggapan bahwa konsep bisnis yang Anda jalankan sudah baik. Tapi ini sebenarnya adalah jebakan zona nyaman yang bisa membuat Anda terlena hingga akhirnya terpuruk. Dari sini maka keengganan melakukan atau mencoba hal baru yang menjadi tanda zona nyaman tersebut harus Anda hindari sebisa mungkin. Sebab beberapa bisnis atau perusahaan besar sendiri terus berinovasi menghadirkan hal baru. Jika mereka saja melakukannya, lalu bagaiamana dengan bisnis Anda?

  1. Mulai Menutup Diri

Berikutnya, tanda bahwa Anda sedang berada di zona nyaman adalah mulai menutup diri. Pebisnis yang menutup diri pada dasarnya akan sulit diterima. Sebab untuk menjadi pebisnis, seseorang harus memiliki hubungan relasi yang baik dan luas. Biasanya memang pebisnis yang sudah mulai menutup diri ini adalah mereka yang merasa bisnisnya sudah sukses. Dalam hal ini mereka sebenarnya berada dalam zona nyaman yang seharusnya dihindari. Dengan kemapanan yang dimiliki maka mereka merasa telah meraih apa yang diimpikan sehingga kemudian menutup diri karena merasa tak perlu lagi orang lain. Tapi bila mereka mengetahuinya sebenarnya ini adalah jebakan zona nyaman.

  1. Tak Mau Menerima Kritik

Apa yang bisa membuat seseorang bisa memperbaiki diri dan keadaan selain kritik? Sepertinya tidak ada lagi. Tapi bila seseorang termasuk pebisnis sudah tidak mau menerima kritik maka hal ini akan membuatnya sulit untuk berkembang lagi. Mungkin mereka beralasan bahwa bisnisnya sudah baik dan maju. Tapi apakah mereka bisa menjamin bisnisnya akan terus eksis dalam perjalanan waktu? Tentu saja tidak. Mereka yang merasa bisnisnya sudah baik sehingga tidak mau menerima kritik dari orang lain sebenarnya mereka sedang terjebak dalam sebuah keadaan bernama zona nyaman. Tak mau menerima kritik memang merupakan tanda bahwa pebisnis sedang berada pada zona nyaman yang seharusnya dihindari.

Itulah beberpaa tanda bahwa seorang pebisnis sedang berada di zona nyaman (comfort zone). Dengan bukti bahwa zona nyaman ini sejatinya merupakan jebakan, maka seorang pebisnis seharusnya bisa menghindari keadaan yang dihadirkan comfort zone ini. Meski terbilang nyaman sebenarnya Anda harus waspada dan tidak boleh terlena dengan semua yang dihadirkan oleh zona nyaman.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top