Peluang Usaha

Inilah 5 Bisnis yang Diyakini Akan Bersinar Oleh Ignasius Jonan

ignasius-jonan

ignasius jonan/https://kempalan.com/

Bisnis memang terus berkembang. Dari sini kemudian muncul bisnis-bisnis terbaru yang bisa saja menggeser kedudukan bisnis lama yang bertahan di puncak. Ignasius Jonan sebagai Mantan Menteri ESDM Periode 2016-2019 sendiri menyatakan bahwa ada lima sektor bisnis yang bakal menguntungkan di masa depan. Dari sekian bisnis dan karir mentereng yang dijalani, Ignasius Jonan tentu memiliki banyak acuan dalam memprediksi bisnis di masa depan. Bisnis yang disebutkan Jonan ini sendiri diyakini akan menjadi motor penggerak ekonomi masa depan, setidaknya dalam 25 tahun mendatang. Nah berikut lima bisnis yang diyakini bakal mentereng di masa di masa depan dan pasca pandemi Covid-19 menurut Ignasius Jonan.

  1. Energi Terbarukan (Renewable Energy)

Bisnis atau usaha pertama yang diyakini akan bersinar ke depannya pasca pandemi menurut Ignasius Jonan adalah bidang energi terbarukan (renewable energy).

“Saya ada lima bisnis ke depan atau kegiatan ke depan yang menarik. Ke depan itu saya bilang they are coming, bukan they will come. Faster and faster our life. Pertama, renewable energy. Renewable energy ini menurut saya it is mandatory. Mau dihitung seperti apapun it is a beyond calculation,” ujar Jonan.

  1. Kendaraan Elektrik

Bidang bisnis atau usaha kedua yang diyakini bakal cuan pasca pandemi menurut Jonan yaitu kendaraan elektrik. Menurut Jonan, kendaraan elektrik yang menggunakan emisi ramah lingkungan memang akan menjadi target setiap negara yang ingin mencegah polusi. Jonan sendiri memperhitungkan, pada tahun 2030, kebutuhan kendaraan di Indonesia akan melonjak dengan angka yang signifikan. Oleh karena itu, dibutuhkan kendaraan elektrik yang menggunakan mesin ramah lingkungan.

“Itu punya kesempatan double GDP atau di 2030, PDB per kapita 10.000 dollar AS, itu berapa kendaraan motor yang dibutuhkan,” imbuh Jonan.

  1. Bisnis Daring atau Online

Berikutnya, bisnis yang diyakini Ignasius Jonan akan berkibar dan bertumbuh pesat pasca pandemi adalah bisnis daring atau online. Pria kelahiran Singapura, 21 Juni 1963 ini menyatakan bahwa bisnis online akan mampu memberikan dampak kepada mal, properti, atau gedung perkantoran, perumahan, dan lain sebagainya.

  1. Bisnis Lingkungan Hidup (Eco Friendly)

Selanjutnya, bisnis yang diyakini akan bersinar ke depan pasca pandemi menurut Ignasius Jonan adalah bisnis lingkungan hidup (eco friendly). Menurut Komisaris Independen Sido Muncul ini, bisnis lingkungan hidup telah dimulai dan mulai banyak dijalankan. Terlebih bila menilik apa yang terjadi dalam World Economic Forum (WEF) di mana dinyatakan bahwa seluruh dunia telah mengampanyekan penanaman 1 triliun pohon dalam 5 tahun.

  1. Artificial Inteligent (AI)

Terakhir, bisnis yang diyakini Ignasius Jonan akan mentereng pasca pandemi nanti adalah bidang Artificial Inteligent (AI). Dari adanya teknologi AI ini menurut Jonan pemerintah harus menyiapkan rencana pengembangan sumber daya manusia (SDM) untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

“Kalau ini (penggunaan tenaga kerja robot) datang, negara kita harus memikirkan workers kita ini akan dididik seperti apa lagi kedepan. Mungkin kalau duta besar tidak bisa pakai robot. Tapi, banyak kegiatan bisa pakai robot. Ini workers kita bagaimana harus menyesuaikan zaman ke depan,” jelas Jonan.

Itulah lima bisnis yang diyakini akan moncer oleh Mantan Menteri ESDM Periode 2016-2019 Ignasius Jonan pasca pandemi. Dari sinilah maka Anda yang sedang merencanakan bisnis ke depan, bisa menjadikan beberapa bidang usaha di atas sebagai referensi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top