Lainnya

Inilah 5 Crazy Rich Ukraina yang Kehilangan Triliunan Rupiah karena Invasi Rusia

Rinat Akhmetov

Rinat Akhmetov/https://www.football-espana.net/

Perang Rusia – Ukraina sejak 28 Februari 2022 benar-benar nyata dampaknya. Tidak hanya menyebabkan jatuhnya ribuan korban jiwa, tapi peperangan tersebut juga membuat kemerosotan ekonomi pada kedua negara. Di Ukraina sendiri banyak infrastruktur dan industri milik miliarder yang rusak karena perang. Dari sinilah kemudian para miliarder Ukraina tersebut mengalami kerugian yang sangat besar.

Dikutip dari Forbes, perkiraan kekayaan gabungan para miliarder yang hilang karena dampak perang mencapai 11,9 miliar dollar AS atau sekitar Rp 170 triliun. Sementara secara kolektif, jumlah kekayaan ini turun 9,7 miliar dolar AS atau 45 persen dari tahun lalu, tepat sebelum Rusia melancarkan invasi. Nah berikut daftar crazy rich Ukraina yang mengalami penurunan kekayaan setelah terjadinya invasi Rusia:

  1. Rinat Akhmetov

Kekayaan bersih: 4,2 miliar dolar AS

Sumber kekayaan: baja, batu bara

Perubahan sejak invasi: -4,3 miliar dolar AS

Perlu diketahui Rinat mempunyai beberapa saham di berbagai perusahaan, dimana saham terbesarnya ada pada perusahaan pertambangan dan baja Metinvest Group, salah satu perusahaan swasta terbesar di Ukraina. Saat perang, Pabrik Metinvest di kota Mariupol memang mengalami kerusakan yang parah. Dari sini perusahaan pun mengumumkan force majeure dan juga mengajukan tuntutan hukum pada Rusia. Tidak hanya Pabrik Metinvest saja yang hancur, tapi Rinat juga mengalami kerugian besar akibat hancurnya perusahaan energi DTEK yang dibom Rusia pada 22 Februari.

  1. Victor Pinchuk

Kekayaan bersih: 1,9 miliar dolar AS

Sumber kekayaan: pipa, baja, dan lain-lain

Penurunan sejak invasi: -700 juta dolar AS

Perlu diketahui bahwa sebagian besar kekayaan Pinchuk berasal dari Interpipe, produsen produk baja yang didirikannya sejak tahun 1990. Pada akhir Februari 2022 kemarin, Interpipe telah menghentikan kegiatan produksi dan ekspor ketika Rusia mulai melakukan invansi militer.

  1. Kostyantin Zhevago

Kekayaan bersih: 1,3 miliar dolar AS

Sumber kekayaan: pertambangan

Penurunan sejak invasi: -800 juta dolar AS

Zhevago adalah pengusaha yang mempunyai saham mayoritas di perusahaan pertambangan Ferrexpo. Namun sayang, perusahaan yang sudah meluncur di London Stock Exchange tahun 2007 tersebut harus menyatakan force majeure pada 25 Februari akibat invasi Rusia. Meski kegiatan penambangan dan pengolahan masih beroperasi, namun kerugian tetap tak bisa terelakkan.

  1. Henadiy Boholyubov

Kekayaan bersih: 1,1 miliar dolar AS

Sumber kekayaan: perbankan, investasi

Penurunan sejak invasi: -900 juta dolar AS

Pada awal 1990-an bersama sesama miliarder Ihor Kolomoyskyy, Boholyubov mendirikan PrivatBank dengan modal 1 juta dollar AS. Kini bank komersial terbesar di Ukraina tesebut dan Grup Privat milik Boholyubov harus teseok-seok akibat invasi militer Rusia.

  1. Ihor Kolomoyskyy

Kekayaan bersih: 1 miliar dolar AS

Sumber kekayaan: perbankan, investasi

Penurunan sejak invasi: -800 juta dolar AS

Terakhir, miliarder atau crazy rich Ukaina yang harus kehilangan ratuan juta dola AS karena invasi militer Rusia adlaah Ihor Kolomoyskyy. Beberapa kekayaan yang dimiliki Ihor sendiri berasal dari investasi bahan bakar fosil serta saham perusahaan-perusahaan di industri baja, besi, dan kimia. Selain itu Ihor juga punya memiliki bisnis distribusi listrik, pelabuhan laut, dan operasi penambangan Bitcoin.

Itulah lima crazy rich atau miliader asal Ukraina yang harus kehilangan ratusan juta dollar akibat invasi militer Rusia. Dari sinilah maka kita harus semakin sadar bahwa perang memang tidak ada gunanya dan hanya akan menimbulkan kerugian saja.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top