Lainnya

Inilah 5 Kesalahan Anak Zaman Now Ketika Menjalankan Bisnis, Waspadai!

kesalahan-pebisnis-zaman-now

Saat ini bisnis dan bidang entrepreneur memang banyak menjadi pilihan kaum muda zaman now. Dengan gengsi yang semakin besar, membuat profesi pebisnis menjadi sangat diminati. Gairah untuk berwirausaha dari kalangan anak zaman now ini memang perlu diapresiasi. Namun ada satu catatan yang perlu diperhatikan oleh kalangan anak zaman now ketika akan menjalankan bisnis adalah mengurangi kesalahan yang tidak perlu. Faktanya di lapangan memang tidak sedikit anak zaman now yang yang melakukan kesalahan ketika menjalankan bisnis. Nah, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang harus diwaspadai anak zaman now ketika menjalankan bisnis.

  1. Punya Ekspektasi yang Berlebihan

Pertama, kesalahan anak zaman now yang harus dihindari ketika menjalankan bisnis adalah berekspektasi berlebihan. Memiliki impian yang besar dan tinggi memang baik sebagai pemicu semangat. Tapi bila dalam awal mula usahanya mereka sudah berekspektasi terlalu berlebihan maka ia bisa saja akan jatuh dengan harapannya tersebut. Jadi ketika memulai bisnis, jalankan saja dengan harapan atau ekspektasi yang biasa-biasa saja. Nah dengan ekspektasi yang tidak terlalu berlebihan ini maka Anda akan bisa menjalankan bisnis dengan bisa menerima apa adanya. Diawal usaha, memang akan banyak keterbatasan dalam menjalankan usaha, termasuk pada hasil permulaannya. Tapi itu akan terjadi pada semua bisnis. Dari sini maka dengan ekspektasi awal yang biasa-biasa saja, maka Anda akan tetap bersemangat untuk terus menjalankan bisnis hingga besar.

  1. Asal Mencari Rekan Bisnis

Anak zaman sekarang memang senang bermitra bisnis dengan orang lain, terutama sahabat-sahabat terbaiknya. Namun mencari rekan bisnis ini tidak sama seperti mencari teman. Dalam mencari rekan bisnis yang tepat, Anda harus menyeleksi dengan lebih cermat. Pastikan mereka para rekan bisnis Anda adalah orang-orang yang profesional, dapat diandalkan dan berkompeten dibidangnya. Jangan lupa juga jalin kerjasama atau kemitraan dengan para rekan bisnis yang dapat saling menguntungkan. Nah, sayangnya di lapangan para pebisnis muda zaman now banyak yang tidak cermat memilih rekan bisnis. Alih-alih cermat, mereka ketika mencari rekan bisnis melakukannya secara asal. Dari sini maka mereka akan sulit untuk membuat bisnis berkembang karena mitra bisnis yang dipilih tidak kredibel dan profesional.

  1. Salah Mengalokasikan Modal

Dalam tahapan perintisan usaha, modal akan menjadi sesuatu yang krusial untuk diperhatikan. Sebab dengan keterbatasan modal yang ada di masa awal-awal usaha ini, pebisnis memang harus cermat dan tepat dalam menempatkan atau mengalokasikannya. Bila kemudian pebisnis salah mengalokasikan modal, maka bukan tidak mungkin akan terjadi ketimpangan keuangan yang menyebabkan kerugian besar. Nah, para pebisnis zaman now seringkali didapati mereka salah dalam mengalokasikan modal. Hasilnya, mereka pun kesulitan untuk mengembangkan usahanya. Bahkan tak jarang dari mereka yang merugi karena harus mengganti modal yang salah ditempatkannya tersebut.

  1. Mencampur Keuangan Pribadi dan Bisnis

Menurut hampir semua praktisi bisnis dan finansial menyatakan bahwa keuangan pribadi dan bisnis memang harus dipisahkan, tidak boleh dicampur. Sebab bila keuangan pribadi dan bisnis dicampur maka akan timbul kebingungan dan juga kesulitan untuk mengembangkan usaha. Ini karena bisa saja uang bisnis yang tercampur kemudian terpakai untuk keperluan pribadi. Jika hal ini terjadi tentu akan membuat siapa pun akan sulit untuk mengembangkan usaha. Para pebisnis zaman now ini memang didapati mereka sering dengan sembarangan mencampur keuangan pribadi dengan bisnis. Dari sini maka tak sedikit entrepreneur zaman now yang tumbang karena tidak mampu membuat bisnisnya berkembang.

  1. Suka Gonta-ganti Bisnis

Selanjutnya, kesalahan yang sering dilakukan pebisnis zaman now adalah suka bergonta-ganti bisnis. Sebuah bisnis tentu saja membutuhkan konsistensi untuk membuatnya sukses. Bila dalam perjalanan ada masalah, itu adalah hal yang wajar-wajar saja dan harus dihadapi dengan sekuat tenaga. Namun pada pebisnis zaman now yang didapati sekarang adalah mereka seringkali tak bisa bertahan dengan bisnis yang mereka jalankan. Entah itu karena sebuah masalah atau karena melihat peluang yang lebih menarik, mereka para pebisnis zaman now lalu berpindah ke bisnis lainnya. Tentu apapun alasannya, berganti-ganti bisnis adalah sebuah hal yang tidak benar. Karena seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis dibutuhkan sebuah konsistensi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top