Lainnya

Inilah 5 Keunggulan dan Nilai Plus Saat Wanita Menjalankan Wirausaha

pengusaha-wanita

Sosok wanita memang secara umum dikenal sebagai makhluk yang rapuh dan lemah. Kelemahan seorang wanita sendiri bisa dilihat ketika mereka menjalankan bisnis. Tapi walau didapati beberapa kekurangan ketika bisnis dipegang oleh wanita, namun dibalik itu Anda juga tidak boleh meremehkan para entrepreneur wanita. Pasalnya, dibalik kelemahannya, ada beberapa keunggulan dan nilai plus yang ada dibalik wanita ketika menjalankan bisnis. Nah berikut ini adalah beberapa nilai plus ketika wanita menjalankan wirausaha.

  1. Perhitungan yang Detail Pada Keuangan

Pertama, nilai plus saat wanita menjalankan bisnis atau wirausaha adalah perhitungan yang detail pada keuangan. Untuk urusan perhitungan uang, sosok wanita memang paling unggul dibanding pria. Bila pria mengeluarkan uang, maka biasanya mereka tidak pernah ada perhitungan. Nah dari sinilah ada beberapa pengusaha pria yang kemudian gagal menjalankan usaha karena tidak bisa memperhitungankan dengan baik pengeluaran keuangan. Perhitungan sendiri tidak berati kita harus bersikap pelit. Tapi perhitungan ini adalah keuangan perusahaan atau bisnis yang memang harus dijaga. Namun bila yang Anda gunakan adalah uang pribadi maka Anda bebas membelanjakannya dengan bebas. Perhitungan dalam bisnis yang dilakukan para pebisnis wanita inilah yang menjadi nilai plus bagi mereka yang menjalanan wirasusaha.

  1. Penuh Pertimbangan dalam Menjalankan Strategi

Berikutnya, nilai plus yang menjadi kelebihan kaum wanita saat menjalankan bisnis adalah penuh pertimbangan dalam menjalankan strategi. Tidak seperti kaum pria yang sering gegabah dalam menjalankan strategi, kaum wanita memang lebih berhati-hati ketika akan menjalankan strategi bisnis. Kehati-hatian entrepreneur wanita dalam menjalankan strategi bisnis ini dikarenakan mereka tidak ingin apa yang dilakukannya jadi sia-sia dan tidak menghasilkan. Walau mereka pebisnis wanita ini mengerti bahwa terlalu banyak berpikir akan membuat bisnis lambat berjalan, tapi mereka juga mengerti bahwa tadanya risiko dalam bisnis. Nah risiko inilah yang ingin dihindari pebisnis wanita agar strategi yang nantinya akan dijalankan tidak lantas merugikan.

  1. Tidak Ada Kompromi untuk Harga Teman

Seringkali pebisnis memang dihadapkan dengan permintaan sahabat-sahabatnya dengan “harga teman” ketika mereka akan membelinya. Dari sinilah kemudian muncul rasa tidak enak bagi para pebisnis hingga kemudian memberikan “harga teman” bagi mereka. Memberikan “harga teman” memang sesuatu yang tidak salah bila dilakukan sekali saja. Tapi bila Anda terus-menerus memberikan “harga teman”, tentu hal ini akan membuat bisnis Anda sulit berkembang. Pebisnis yang seringkali mengalami hal ini adalah para entrepreneur pria. Tapi bila bisnis atau usaha dipagang oleh wanita maka biasanya munculnya “harga teman” pada dirinya akan dipertimbangkan dengan penuh perhitungan. Bahkan beberapa pebisnis wanita ini tidak mau kompromi dengan “harga teman” yang datang. Ini karena mereka mengerti bahwa bisnis adalah hal yang harus dikerjakan dengan penuh profesionalitas agar kesuksesan bisa tercapai.

  1. Pengelolaan Keuangan yang Mumpuni

Wanita memang merupakan sosok yang dikenal sangat pandai mengelola keuangan. Mereka sepertinya ditakdirkan dilahirkan dengan skill mengelola keuangan yang mumpuni. Nah dari sini ketika para wanita kemudian memiliki usaha maka mereka pastinya akan sangat concern dengan manajemen keuangan. Keuangan bisnis memang perlu dikelola dengan baik. Dengan pengelolaan yang baik maka bisnis memiliki peluang yang lebih besar untuk berkembang dan sukses. Tapi bila keuangan bisnis tidak dikelola dengan baik maka hal sebaliknya yakni risiko gagal bisa saja terjadi. Nilai plus pengelolaan yang mumpuni ini ternyata jarang dimiliki pebisnis pria. Dari sinilah maka banyak pebisnis pria yang kemudian menjadikan istrinya sebagai manajer keuangan. Hal lain yang juga dilakukan pebisnis pria adalah merekrut karyawan wanita sebagai direktur keuangan atau manajer keuangan.

  1. Pengeluaran Bisnis yang Tidak Penting Bisa Diminimalisir

Terakhir, kelebihan dan nilai plus dari seorang entrepreneur wanita yang menjalankan bisnis adalah mampu meminimalisir pengeluaran bisnis yang tidak penting. Pengeluaran pada hal-hal yang tak penting memang bisa membuat bisnis sulit bertumbuh. Maka dari itu Anda yang ingin bisnis berkembang, pastikan untuk bisa menjaga pengeluaran bisnis dengan cemat. Nah orang yang mampu meminimalisir pengeluaran bisnis yang tidak penting kebanyakan dijumpai pada sosok wanita. Sebab, kebanyakan pengusaha pria biasanya jarang yang mampu melakukan antisipasi pada pengeluaran-pengeluaran bisnis yang tidak penting.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top