Lainnya

Inilah 5 Penyebab Mengapa Konsumen Tidak Membeli Produk Anda, Cermati!

tidak-membeli

Sebagai pebisnis, Anda tentu ingin ada banyak konsumen yang membeli produk Anda. Namun kenyataannya, apa yang kita inginkan tidak selalu berjalan sesuai harapan. Dalam kenyataan di lapangan sendiri ada banyak cerita yang mengkisahkan beberapa bisnis yang tidak bisa meraih konsumen. Tentu bila konsumen tidak mau membeli produk Anda, pasti ada penyebab yang harus Anda tindak lanjuti. Hal ini dilakukan agar bisnis Anda bisa segera mendapatkan konsumen atau pembeli. Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab konsumen tidak membeli produk Anda.

  1. Konsumen Tidak Mengetahui Produk Anda

Penyebab pertama tidak adanya konsumen yang membeli produk Anda adalah mereka tidak mengetahui keberadaan produk Anda. Memang bagaimana bisa konsumen akan membeli produk Anda bila mereka sendiri tidak mengetahui keberadaan produk bisnis Anda. Ini memang sesuatu yang mendasar untuk membuat konsumen membeli. Jika prinsip mendasar ini sudah tidak bisa dipenuhi maka akan sulit bagi Anda untuk membuat konsumen membeli produk bisnis Anda. Maka dari itu supaya bisa membuat konsumen membeli produk Anda, pastikan mereka mengetahui produk Anda tersebut. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan melakukan pemasaran atau marketing. Semakin efektif dan optimal strategi pemasaran yang Anda lakukan maka akan semakin besar peluang produk Anda untuk diketahui dan dikenal publik. Dari sini maka Anda pun akan mampu mendatangkan konsumen dalam jumlah besar.

  1. Konsumen Tidak Mengerti Manfaat Produk Anda

Berikutnya, penyebab konsumen tidak membeli produk Anda adalah konsumen yang tidak mengerti manfaat produk Anda. Meski sudah mengetahui produk Anda, tapi bila konsumen tidak memahami manfaatnya, maka kemungkinan besar mereka juga tidak melakukan pembelian. Mengapa demikian? Sebab, konsumen adalah orang yang membeli barang karena mereka akan menggunaan atau memanfaatkannya. Maka dari sini bila kemudian ada barang yang belum diketahui manfaatnya, mereka pastinya akan enggan untuk membelinya. Kebermanfaatan barang inilah yang memang membuat konsumen akan merasa tak ragu untuk membelanjakan uangnya. Maka dari itu untuk membuat konsumen mau membeli produk Anda, pastikan untuk menjelaskan manfaat produk bisnis Anda tersebut.

  1. Konsumen Tidak Merasa Membutuhkan Produk Anda

Saat konsumen ditanya mengapa mereka membeli sebuah produk, maka mayoritas jawabannya adalah karena mereka membutuhkannya. Meski beberapa ada konsumen yang membeli karena hasrat atau keinginan, tapi kebanyakan dari mereka pasti membeli karena kebutuhan. Jika sudah butuh, maka konsumen tak akan berpikir dua kali untuk menunda pembelian. Maka dari itu Anda sebagai pebisnis yang ingin konsumen membeli produk Anda haruslah membuat mereka membutuhkan produk Anda. Semakin tinggi kebergantungan kebutuhan konsumen pada produk Anda, akan semakin besar pula mereka akan membeli.

  1. Konsumen Merasa Produk Anda Tidak Memiliki Nilai Lebih

Untuk membuat konsumen puas dengan pembeliannya, maka menghadirkan manfaat saja memang tidak akan cukup. Alih-alih hanya menghadirkan manfaat saja, Anda sebagai pebisnis harus memberikan nilai lebih pada produk Anda. Dengan adanya nilai yang lebih maka konsumen tak akan ragu lagi untuk membeli produk Anda. Bahkan bukan hanya itu, produk Anda yang bernilai lebih akan membuat konsumen merasa puas dan akan terus berlangganan membeli produk Anda. Nilai lebih pada produk sendiri bisa dilihat dari beberapa hal seperti kualitas, pelayanan yang prima dan bahkan juga harga yang terjangkau.

  1. Konsumen Sulit Menemukan dan Mendapatkan Produk Anda

Terakhir, hal yang bisa menjadi penyebab konsumen tidak membeli produk Anda adalah mereka yang sulit menemukan produk Anda tersebut. Bila Anda menjual produk Anda hanya pada salah satu tempat saja, maka memang akan membuat konsumen sulit untuk membelinya. Apalagi bila tempat Anda menjual berada di lokasi yang jauh dan sulit dijangkau, maka peluang konsumen untuk membeli produk Anda juga akan semakin menipis. Maka dari itu Anda yang ingin konsumen membeli produk Anda pastikan mereka bisa menemukan dan mendapatkan barang Anda dengan mudah. Caranya, Anda bisa menjual tempat yang strategis atau juga Anda bisa menjualnya di beberapa tempat. Dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini maka Anda juga bisa membuat konsumen mudah mendapatkan produk Anda dengan menjualnya di dunia online.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top