Lainnya

Inilah 6 Keluarga Terkaya di Asia Tahun 2020, Nomor-4 dari Indonesia

Mukesh Ambani family

Keluarga Mukesh Ambani/https://in.pinterest.com/

Bicara mengenai orang kaya memang tidak ada habisnya. Selain karena kekayaannya yang bikin geleng-geleng kepala, kegiatan yang dilakukannya juga tak jarang membuat decak kagum. Orang-orang kaya yang ada di dunia ini memang tidak hanya berasal dari kalangan pribadi, tapi kita kini bisa mendapati orang-orang kaya yang berasal dari satu keluarga. Tentu dari keberadaan orang-orang kaya dalam satu keluarga ini kita akan semakin membuat kita terperanjat. Nah, berikut ini enam keluarga terkaya di Asia yang himpun oleh data Bloomberg Billionaire Index Per September 2020.

  1. Keluarga Ambani dari India

Diurutan pertama keluarga terkaya di Asia ditempati oleh keluarga ambani dari India. Keluarga ini sendiri menurut data Bloomberg Billionaire Index tercacat memiliki kekayaan sebanyak US$ 88,3 miliar atau sekitar Rp 1.300 triliun. Kekayaan dari keluarga ini didapat dari bisnis yang dijalankan Mukesh Ambani pada perusahaan Reliance Industries. Mukesh Ambani sendiri merupakan salah seorang terkaya keenam di dunia yang kini memimpin perusahaan minyak dan gas dari warisan ayahnya. Dan semua anak-anak dari Mukesh juga terlibat dalam bisnis keluarga.

  1. Keluarga Kwok dari Hong Kong

Setelah keluarga Ambani, ada keluarga Kwok dari Hong Kong yang tercatat sebagai yang terkaya di Asia. Dari perusahaan real estate warisan ayahnya, Walter, Jonathan, Geoffrey Raymond, dan Thomas Kwok kini telah mampu memiliki total kekayaan sebesar US$ 27,93 miliar atau berkisar Rp 413 triliun. Dengan kinerja Jonathan dan Geoffrey, perusahaan yang diwariskan oleh Walter ini terus bertumbuh hingga membuat keluarga Kwok semakin meningkat tajam. Sayangnya saat perusahaan dipegang oleh Raymond dan Thomas mengalami nasib apes di tahun 2012 karena saat itu ditangkap atas tuduhan suap.

  1. Keluarga ‘Samsung’ Lee dari Korea Selatan

Berikutnya, keluarga terkaya di Asia dipegang oleh Keluarga Lee dari Korea Selatan. Perusahaan Samsung yang dijalankan oleh keluarga Lee sendiri memang sudah sangat maju dan berkembang. Dari sinilah kemudian keluarga Lee kini mampu mencatatkan nilai harta mencapai US$ 26,47 miliar atau sekitar Rp 391 triliun. Pemimpin dari Samsung sendiri saat ini adalah Jay Y. Lee. Sayangnya salah satu keluarga Lee baru saja harus dihukum penjara lima tahun karena dituduh telah melakukan manipulasi harga saham. Dari hukuman inilah Jay kemudian menyatakan bahwa tidak akan memberikan hak manajerial Samsung kepada kedua anaknya.

  1. Keluarga Hartono dari Indonesia

Di posisi keempat ternyata ada keluarga dari Indonesia yakni keluarga Hartono. Seperti kita tahu bahwa keluarga yang dikomandoi Michael dan Budi Hartono merupakan pemimpin dari perusahaan rokok ternama di Indonesia, Djarum. Dengan catatan kekayaan yang mencapai US$ 25,7 miliar atau sekitar Rp 380 triliun, kini keluarga Hartono pun telah berinvestasi di Bank Central Asia (BCA). Selain investasi di BCA, Michael dan Budi juga menjalankan investasi pada sektor real estate, utamanya di Jakarta.

  1. Keluarga Mistry dari India

Keluarga dari India kembali tercatat sebagai keluarga terkaya di Asia setelah Pallonji Mistry mewarisi kerajaan konstruksi dari kakeknya. Tidak hanya menjalankan bisnis konstruksi, tapi keluarga Mistry ini juga telah berinvestasi pada saham besar di Tata Sons. Dari semua bisnis dan investasi yang dilakukan, Pallonji dan keluarga pun mampu mengumpulkan kekayaan mencapai US$ 22,6 miliar atau sekitar Rp 334 triliun.

  1. Keluarga Cheng dari Hong Kong

Terakhir, di urutan ke-enam keluarga terkaya di Asia adalah keluarga Cheng dari Hong Kong. Setidaknya ada sekitar 10 anggota keluarga Cheng yang menjalankan bisnis. Tidak hanya menjalankan perusahaan perhiasaan, keluarga Cheng juga punya bisnis dibidang real estate bernama Hotel Rosewood Group. Dari semua bisnis yang dijalankannya tersebut maka keluarga Cheng mampu mencatatkan kekayaan sebesar US$ 20,6 miliar atau Rp 304 triliun.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top