StartUp dan UKM

Inilah 6 Keunggulan Menjalankan Usaha Mikro atau UMKM

keunggulan-UMKM

keunggulan UMKM/http://bisnissulawesi.com/

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan salah satu jenis kegiatan bisnis yang banyak dijalankan oleh masyarakat Indonesia. Walau sudah banyak yang meminatinya, sayangnya tidak sedikit pihak yang memandang sebelah mata UMKM. Mereka yang meremehkan UMKM sendiri biasanya menanggapnya sebagai bisnis orang-orang kelas bawah. Meski masih ada persepsi demikian, setidaknya kita perlu mengetahui bahwa UMKM ini memiliki beberapa keunggulan bagi siapa pun yang menjalankannya. Nah berikut ini adalah beberapa keunggulan menjalankan usaha UMKM.

  1. Mudah Dijalankan

Keunggulan pertama menjalankan bisnis UMKM adalah mudah dijalankan. Untuk mengawali UMKM ini Anda bisa memulainya kapan pun. Sebab bila modal sudah ada, Anda tak pelru menunggu perizinan yang ribet. Tapi memang bila usaha UMKM ini sudah berkembang, maka perizinan perlu dilakukan. Dalam menjalankan UMKM ini Anda juga bisa memulainya sendiri dengan tempat atau lokasi usaha yang bisa berpindah-pindah (fleksibel).

  1. Usaha Modal Kecil

Untuk mulai menjalankan bisnis UMKM ini Anda bisa menggunakan modal yang tak terlalu besar. Untuk membuka UMKM ini Anda memang tak perlu membeli tempat usaha. Sebab Anda bisa menjalankan UMKM ini di depan rumah atau menyewa tempat yang biasa. Untuk menjalankan UMKM ini juga Anda tidak harus merekrut karyawan. Sebab bisnis ini dapat Anda awali dengan tenaga sendiri. Meski bisa dijalankan dengan modal kecil bukan berarti peluangnya untuk sukses juga kecil. Tapi dengan semakin perhatiannya pemerintah dan masyarakat terhadap UMKM maka bisnis mikro ini punya potensi yang besar. Dalam fakta di lapangan sendiri UMKM yang berhasil dan sukses sudah banyak. Jadi dari sini Anda tak perlu ragu untuk menjalankan bisnis UMKM.

  1. Arus Kas Cepat

Berikutnya, keunggulan menjalankan UMKM adalah arus kas yang cepat. Bisnis UMKM yang banyak melayani bidang kebutuhan masyarakat memang membuat perputaran uang berlangsung cepat. Perputaran uang yang cepat dalam UMKM ini juga disebabkan oleh lingkungan pemasaran bisnis mikro ini tidak terlalu besar. Dengan perputaran uang yang berlangsung cepat tersebut maka arus kas UMKM pun juga bisa berjalan lancar.

  1. Promosi Mudah

Dengan pemasaran yang tidak terlalu luas membuat bisnis UMKM akan lebih mudah menjalankan promosi. Tanpa harus beriklan di surat kabar atau media elektronik, UMKM sudah bisa menjalankan promosi dengan word of mouth atau selebaran saja.  Kemudahan dalam menjalankan promosi ini pada akhirnya membuat biaya pemasaran yang dikeluarkan UMKM menjadi lebih kecil.

  1. Trust Masyarakat Lebih Mudah Didapat

Untuk bisa mendapatkan trust atau kepercayaan dari masyarakat, UMKM tidak akan mengalami kesulitan yang berarti. Mengapa demikian? Sebab, bisnis UMKM yang dijalankan dengan lingkup yang tidak terlalu luas memang membuat konsumen dapat memperhatikan kegiatan usahanya dengan lebih mendetail. Nah dari sinilah kemudian bisnis UMKM yang menjalankan usahanya dengan sungguh-sungguh, akan membuat publik menaruh trust yang lebih.

  1. Minim Risiko

Terakhir, keunggulan menjalankan bisnis UMKM adalah minim risiko. Bisnis berskala besar yang memiliki banyak modal, membuat risikonya juga sangat besar. Maka dari itu ketika ada faktor penghambat yang menghalangi pertumbuhan usaha, bisnis besar cenderung langsung terpuruk. Besarnya risiko dalam bisnis besar memang bukan tidak mungkin membuat usaha langsung terkapar bila tidak berhati-hati menjalankannya. Tapi ketika menjalankan UMKM, Anda tak perlu terlalu khawatir dengan risiko karena tak banyak hal yang bisa membebani Anda dalam bisnis ini.

Itulah beberapa keunggulan yang terdapat dalam bisnis UMKM bila mau menjalankannya. Tapi karena sebuah bisnis perlu selalu berkembang, maka sebagai pengusaha Anda juga perlu terus menumbuhkan UMKM hingga menjadi lebih besar.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: