Peluang Usaha

Inilah 6 Pilihan Bisnis Bidang Transportasi yang Bisa Dicoba

bisnis-bidang-transportasi

bisnis bidang transportasi/https://www.petersons.com/

Kamu punya banyak kendaraan atau kamu punya passion dibidang transportasi dan ingin berbisnis? Jalankan saja bisnis dibidang transportasi. Dengan berkembangnya kebutuhan masyarakat akan transportasi, membuat bisnis dibidang ini memang semakin bertumbuh. Bahkan saat ini dengan adanya jaringan internet, bisnis transportasi pun sudah bertransformasi ke sistem online. Nah berikut beberapa pilihan bisnis transportasi yang dapat kamu jadikan acuan untuk dicoba.

  1. Rental Kendaraan

Pilihan pertama adalah bisnis rental kendaraan. Bisnis rental atau sewa kendaraan merupakan bisnis di bidang transportasi yang sudah ada sejak lama. Biasanya bisnis ini dijalankan oleh seseorang yang memiliki banyak kendaraan dan tidak terpakai. Nah dari pada kendaraan tersebut tidak bermanfaat, mereka kemudian menyewakan pada konsumen. Tentu karena sistemnya sewa, maka bisnis ini perlu memiliki ketentuan atau peraturan yang lebih ketat. Pasalnya, tidak sedikit kasus pencurian yang muncul dari bisnis ini. Selain peraturan yang ketat, kamu juga perlu membuat bisnis rental ini lebih terpercaya dan profesional mengingat semakin ketatnya persaingan yang muncul.

  1. Transportasi Daring

Seperti disinggung sebelumnya, bahwa bisnis transportasi ini sekarang telah bertransformasi ke sistem online. Jaringan internet dan penggunanya yang semakin besar, membuat bisnis transportasi online pun ikut terkerek naik. Untuk menjalankan bisnis ini kamu punya dua pilihan yaitu menjadi penyedia layanan atau menjadi mitra. Jika kamu pilih menjadi penyedia layanan, maka kamu perlu membuat sistem bisnis yang baik, seperti membuat aplikasi untuk mitra dan customer. Sementara bila kamu menjadi mitra, kamu cukup menyediakan kendaraan untuk kemudian melayani customer jika mendapatkan order.

  1. Jasa Angkut Barang atau Derek

Berikutnya, pilihan bisnis dibidang transportasi adalah jasa angkut barang atau derek. Meski pasarnya tak seramai transportasi penumpang, namun bisnis ini sangat banyak di cari terutama di perkotaan. Dengan semakin sedikitnya persaingan, tentu kamu yang menjalankan bisnis ini punya peluang lebih besar untuk mendapatkan banyak pelanggan. Untuk menjalankan bisnis ini sendiri kamu perlu memiliki kendaraan seperti pick up atau truck serta truck derek untuk memenuhi permintaan konsumen.

  1. Jasa Ekspedisi

Bisnis online yang semakin pesat pertumbuhannya, membuat permintaan pada bisnis jasa ekspedisi semakin besar. Nah dari sinilah bila kamu memiliki beberapa armada kendaraan, bisnis jasa ekspedisi ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Namun perlu dipahami bahwa untuk menjalankan bisnis ekspedisi, bukan hanya armada yang dibutuhkan, tapi juga membutuhkan sistem dan operasional yang kuat. Pasalnya tidak sedikit bisnis jasa ekspedisi yang gulung tikar atau gagal karena tidak punya sistem dan operasional yang kuat.

  1. Transportasi Angkutan Penumpang

Kalau kamu memang ingin mendapatkan pasar yang besar, kamu bisa menetapkan angkutan penumpang sebagai pilihan bidang bisnis. Bisnis ini memang akan selalu menghadirkan kesempatan yang selalu terbuka setiap waktu karena kebutuhan konsumen yang terus ada. Kamu hanya perlu menyiapkan izin bila memang akan melayani jasa angkutan umum atau menyiapkan armada tertentu bila layanan yang akan dijangkau bersifat khusus. Bisnis angkutan penumpang umum ini contohnya adalah angkutan bus atau angkot atau angkutan desa. Sementara angkutan penumpang khusus contohnya seperti angkutan jeep atau hartop untuk penumpang di daerah pegunungan.

  1. Jasa Kursus Belajar Mobil

Terakhir, pilihan bisnis bidang transportasi adalah jasa kursus belajar mobil. Pilihan bisnis yang satu ini memiliki tingkat persaingan yang rendah karena tidak banyak yang menjalankannya. Meski demikian untuk menjalankan bisnis kursus belajar mobil ini kamu perlu menyiapkan banyak hal seperti izin usaha, operasional, armada khusus serta asuransi. Rawannya mobil rusak dalam proses belajar mengemudi, memang membuat pemilik bisnis ini perlu membeli asuransi agar mendapat perlindungan dan menghindari kerugian.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top