Lainnya

Inilah 7 BUMN dengan Aset Terbesar di Indonesia

Daftar-BUMN-aset-terbesar

BUMN/https://www.djppr.kemenkeu.go.id/

Bicara soal BUMN (Badan Usaha Milik Negara) di Indonesia, kita bisa mendapati beberapa perbedaan terutama dalam sisi asetnya. BUMN yang sahamnya mayoritas atau minimal 50 persen dikuasai pemerintah tersebut memang punya bidang usaha yang berbeda-beda. Dari sinilah kemudian muncul perbedaan aset yang dimiliki oleh masing-masing BUMN. Lalu dari total ada 113 perusahaan BUMN yang ada, manakah yang termasuk 7 BUMN terbesar di Indonesia ditinjau dari asetnya? Berikut daftarnya yang dikutip dari laporan keuangan konsolidasi terbaru semester I/2020 atau kuartal II/2020 dari masing-masing perusahaan.

  1. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero)

Pertama, BUMN dengan aset terbesar di Indonesia adalah PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN. Ditinjau dari sisi jumlah aset, besarnya aset PLN ini dinilai wajar karena jangkauan bisnisnya yang memonopoli pasar dari Sabang sampai Merauke. Dalam laporan keuangan keuangan konsolidasi terakhir atau pada semester I/2020, diketahui jumlah aset PLN telah mencapai Rp 1.617,55 triliun. Aset PLN tersebut bila dirinci terdiri dari aset lancar sebesar Rp 162,49 triliun dan aset tidak lancar sebesar Rp 1.455,05 triliun.

  1. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk

Di urutan kedua ada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau Bank BRI. Diketahui dalam laporan kuartal II/2020, jumlah aset BRI telah mencapai Rp 1.387,76 triliun. Dari catatan tersebut, status BRI pun menjadi bank dengan aset tertinggi di Indonesia dengan menggeser posisi Bank Mandiri, sesama Bank Himbara pada periode sebelumnya.

  1. PT Bank Mandiri (Persero) Tbk

Seperti disebutkan sebelumnya karena Bank Mandiri telah digeser posisinya oleh BRI maka PT Bank Mandiri (Persero) Tbk harus puas diperingkat ketiga dari tinjauan asetnya. Dalam laporan keuangan semester I/2020 diketahui jumlah aset dari Bank Mandiri mencapai Rp 1.169 triliun. Di sisi lain Bank Mandiri juga membukukan utang sebesar Rp 1.001,22 triliun.

  1. PT Pertamina (Persero)

Di tempat keempat, ada PT Pertamina (Persero) yang menjadi BUMN dengan aset terbesar. Perusahaan minyak ini pada laporan keuangannya di semester I/2020 mencatatkan aset sebesar 70 miliar dollar AS atau sekitar Rp 984,93 triliun (kurs Rp 14.000). Perlu diketahui bahwa Pertamina juga dikenal sebagai BUMN dengan jumlah anak dan cucu perusahaan terbanyak dibanding BUMN lainnya.

  1. PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk

BNI sebagai bank komersial tertua di Indonesia menempati posisi kelima dari daftar BUMN dengan aset terbesar. Diketahui PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk mempunyai jumlah aset sebesar Rp 813,30 triliun. Sementara itu jumlah utang Bank BNI yang tercatat dalam laporan keuangannya mencapai Rp 709,27 triliun.

  1. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Meski Bank BTN ini merupakan bank BUMN dengan aset paling kecil dibanding bank lainnya, namun asetnya tercatat sebagai yang terbesar di urutan keenam. Dalam laporan keuangan kuartal II/2020 di ketahui bank yang terkenal dengan produk KPR-nya ini memiliki aset mencapai Rp 314,60 triliun dan utang mencapai Rp 297,48 triliun.

  1. PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk

Terakhir, BUMN dengan aset terbesar di Indonesia dengan menempati peringkat ketujuh adalah PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Perusahaan negara yang bergerak dibidang telekomunikasi ini tercatat memiliki aset sebesar Rp 246,35 triliun dengan rincian aset lancar sebesar Rp 54,95 triliun dan aset tidak lancar mencapai Rp 191,39 triliun. Telkom sendiri memiliki anak usaha yang paling besar yakni Telkomsel.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top