Lainnya

Inilah Bukti Anda Bergaya Hidup Minimalis

Minimalis menjadi salah satu gaya hidup yang kini mulai dilirik banyak orang. Jika semula minimalis hanya diterapkan pada desain interior kini mulai diaplikasikan pada gaya hidup seseorang. Ada beberapa manfaat jika anda memilih untuk bergaya hidup minimalis. Beberapa manfaat gaya hidup minimalis diantaranya ialah tidak boros karena lebih mengutamakan kebutuhan ketimbang keinginan. Selain itu anda secara tidak langsung membentuk karakter rendah hati karena tak suka pamer. Berpikiran kedepan dan lebih bebas untuk menikmati hidup anda karena waktu anda lebih berfokus pada hobi,keluarga dan kesehatan. Tak heran banyak orang yang memulai bergaya hidup minimalis saat ini khususnya mereka yang tergolong generasi Milenial maupun generasi Z.

Gaya Hidup Minimalis Ala Raditya Dika

Salah satu tokoh publik yang kini menganut gaya hidup minimalis ialah Raditya Dika. Raditya Dika merupakan komedian, scriptnya writer sekaligus sutradara ternama. Dalam menerapkan gaya hidup minimalis Raditya Dika menitikberatkan beberapa poin berikut ini :

  • Aturan 90/90

Aturan 90/90 ini menitik beratkan pada penggunaan barang anda meliputi pakaian hingga koleksi pribadi. Jika barang tersebut tidak menggunakan barang tersebut lebih dari 90 hari maka barang tersebut sebenarnya tidak anda butuhkan. Ada baiknya anda jual atau bisa anda sumbangkan ke kerabat atau orang yang membutuhkannya.

  • Jangan Simpan Barang Duplikasi

Poin kedua ialah jangan menyimpan barang duplikasi misalnya saja pakaian. Jangan menyimpan kaos dengan warna senada. Cukup satu saja untuk model yang sama. Buat apa anda memiliki barang sejenis dengan manfaat yang sama.

  • Singkirkan Barang Lama

Selanjutnya jika anda membeli barang baru maka singkirkan barang yang lama. Misalnya saja tas jika anda butuh membeli yang baru maka singkirkan yang lama. Lebih baik anda membeli satu barang yang paling anda inginkan ketimbang menyimpan barang yang hanya anda simpan. Contoh lain seperti jam tangan milik Raditya Dika. Ia rela menjual semua koleksi jam tangannya dan membeli satu jam tangan seharga jumlah koleksi yang ia jual. Harganya memang lebih mahal namun lebih sering digunakan dan bisa untuk investasi.

Minimalis Ala Orang Jepang

Orang Jepang juga menerapkan gaya hidup minimalis dalam keseharian mereka. Coba saja liat rumah mereka yang minimalis dan lebih fungsional. Gaya hidup orang Jepang bukan sekedar simbol status atau pamer kekayaan justru lebih fokus pada kebutuhannya. Gaya hidup mereka juga dipengaruhi oleh budhisme zen yang menentang pola hidup konsumtif.

Singkirkan Barang Yang Tak Diperlukan

Kebanyakan orang Jepang tidak memiliki hunian yang luas. Rumah mereka biasanya terdiri dari kamar mandi,dapur yang menyatu dengan ruang makan,kamar tidur dan ruang TV yang jadi satu dengan ruang tamu. Tinggi rumah di Jepang juga dibuat rendah dan tak banyak menyimpan barang perabotan. Selain agar lebih terlihat luas juga agar memudahkan dalam perawatan rumahnya.

Pilih Barang Multifungsi

Yang kedua ialah gunakan barang yang multifungsi sehingga anda juga tidak ribet dalam membawa barang bawaan. Keadaan ruangan yang lapang juga bisa menurunkan stress. Barang multifungsi juga memudahkan anda ketika traveling.

Nikmati Hidupmu

Jangan terlalu terobsesi dengan harta benda. Nikmati hidupmu dan bagi waktu dengan kerabat dan teman – teman. Jangan terlalu bergantung pada barang yang sebenarnya tak bisa anda gantungkan seperti gadget. Boleh saja menggunakan gadget namun jangan sampai gadget mengambil waktu dan hidup anda. Bagaimana berniat untuk hidup minimalis mulai dari sekarang?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top