Keuangan

Inilah Cara untuk Bisa Nikah Hemat Kala Pandemi Covid-19

wedding-drive-thru

wedding drive thru/https://www.pikiran-rakyat.com/

Menikah di masa pandemi ini memang akan terasa sangat berbeda. Meskipun di beberapa daerah yang tidak masuk zona merah ini pesta pernikahan diperbolehkan, namun tetap saja akan ditemui perbedaaan dibanding sebelumnya. Salah satu hal yang berbeda dalam penyelenggaraan pernikahan di masa pandemi ini adalah besaran dana yang dikeluarkan. Dikarenakan adanya aturan pembatasan jumlah undangan, maka dana untuk pernikahan di masa pandemi ini bisa dibilang lebih hemat. Sayangnya meski bisa berhemat, tidak semua orang mengetahui cara untuk melakukannya. Bila pun memahaminya, mereka kemudian tersandera oleh gunjingan atau gosip masyarakat. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menerapkan beberapa cara berikut untuk bisa menikah dengan hemat tanpa perlu khawatir pada gunjingan warga.

  1. Cermat Menentukan Jumlah Undangan

Cara pertama untuk bisa menghemat dana nikah di masa pandemi adalah dengan cermat menentukan jumlah undangan. Meski ada peraturan dari pemerintah daerah bahwa harus ada pembatasan jumlah undangan dalam pernikahan, Anda tak perlu berlebihan membatasinya. Ikuti saja aturan yang ada dengan ketentuan maksimal jumlah undangan yang ditetapkan. Nah meski Anda mengambil jumlah maksimal undangan dalam ketentuan peraturan daerah, kamu tak perlu khawatir dengan melonjaknya dana. Sebab di masa pandemi seperti ini orang akan berpikir untuk mengajak anggota keluarga lain terutama anak-anak ke acara resepsi karena takut tertular virus corona. Jadi buat saja keperluan untuk konsumsi sesuai jumlah undangan tanpa harus menambah banyak porsi. Dari sini kamu bisa berhemat tanpa khawatir mendapat gunjingan.

  1. Persingkat Waktu Sewa dan Padatkan Agenda Acara

Selain pembatasan jumlah undangan, pemerintah daerah tak jarang ada juga yang memberlakukan ketentuan untuk menyingkat agenda acara. Nah ketika ketentuan ini ada di wilayah Anda, maka kamu bisa membuat pesta pernikahan dengan lebih hemat. Caranya, kamu bisa menetapkan waktu sewa gedung yang lebih pendek. Dari sini maka biaya sewa gedung pun menjadi lebih hemat. Cara lain adalah kamu bisa memadatkan agenda yang seringkali juga memakan biaya dengan acara-acara yang kurang begitu penting.

  1. Hadirkan Resepsi Virtual

Bila kamu memang tidak bisa menggelar pesta pernikahan karena berada di zona merah, maka kamu bisa menkonsepnya secara virtual. Meski harus menyelenggarakan pernikahan di dunia daring tanpa tatap muka, kamu masih bisa membuatnya lebih menarik. Kamu tinggal perlu mengkonsep platform yang pas dan juga wedding organizer yang mendukung dengan apa yang kamu mau. Dengan resepsi berkonsep virtual ini maka pastinya kamu bisa berhemat dalam penyelenggaraan nikah di masa pandemi.

  1. Wedding Drive Thru

Selain konsep virtual, cara menghemat nikah di masa pandemi yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghadirkan wedding drive thru. Konsep wedding drive thru ini sendiri sebenarnya sudah populer di luar negeri. Dari sini tak ada salahnya bila kamu juga menerapkannya di Indonesia. Dengan wedding drive thru kamu pun bisa berjumpa dan bertegur sapa para tamu undangan, meski hanya dari kejauhan. Dan yang pasti dengan konsep ini kamu bisa menghemat anggaran pernikahan.

  1. Akad di KUA

Terakhir, cara untuk bisa menghemat anggaran pernikahan di masa pandemi yaitu dengan menggelar akad di KUA (Kantor Urusan Agama). Dengan menggelar akad di KUA, kamu memang akan bisa berhemat, sebab di sini kamu tidak akan dipungut biaya. Akad di KUA juga membuatmu tak perlu mengundang banyak orang karena ketersediaan kursi yang terbatas.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat anggaran pernikahan di masa pandemi. Dengan beberapa cara di atas pula kamu tak perlu lagi memikirkan gunjingan atau gosip yang akan muncul dari publik karena semua hal di atas sangat beralasan di masa pandemi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top