Lainnya

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Membeli Rumah Secara Inden, Cermati!

rumah-inden

rumah inden/https://rumahsyari123.com/

Rumah inden merupakan salah satu pilihan hunian yang saat ini banyak ditawarkan para pengembang properti kepada konsumen. Rumah inden di sini artinya pembelian rumah yang dilakukan dengan pemesanan dan pembayaran di muka terlebih dahulu. Jadi seseorang yang membeli rumah secara inden tidak akan mendapati rumah dalam bentuk fisik yang sudah jadi. Sebab dalam sistem pembelian rumah inden ini Anda perlu menunggu pengembang untuk membangun rumah setelah mereka mendapatkan uang muka dari Anda. Nah dari sini maka pembelian rumah secara inden memiliki kelebihan dan kekurangan bagi yang memilihnya. Nah, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan membeli rumah secara inden.

Kelebihan Pembelian Rumah Secara Inden

  1. Anda Akan Menerima Kondisi Rumah yang Baru

Kelebihan pertama membeli rumah secara inden adalah kondisi rumah yang benar-benar baru yang akan Anda terima. Karena Anda harus menunggu pembangunan dari pengembang maka ketika rumah sudah jadi, hunian yang Anda tinggali ini pastinya merupakan rumah dengan kondisi yang 100% baru. Dengan kondisi rumah yang benar-benar baru ini tentu Anda akan lebih puas memiliki dan menghuninya. Dengan rumah baru ini Anda pun akan terhindar dari renovasi dalam waktu dekat setelah menghuninya, karena memang keadaan bagian rumah yang masih kuat dan kokoh.

  1. Mendapatkan Desain Rumah Kekinian

Karena rumah Anda akan dibangun seketika setelah menyerahkan uang muka, maka pengembang bisa jadi akan punya referensi terbaru dalam desain rumah yang akan diterapkan. Desain rumah memang setiap waktunya bisa saja mengalami update sesuatu yang baru. Nah dari sinilah maka Anda yang membeli rumah secara inden bisa berpeluang mendapatkan desain rumah terbaru dan kekinian.

  1. Bisa Mengajukan Permintaan Khusus pada Pengembang

Berikutnya, keuntungan Anda membeli rumah secara inden adalah adanya peluang Anda mengajukan permintaan khusus pada pengembang. Karena rumah belum dibangun maka ketika pengembang mulai akan membangunnya, Anda bisa mengajukan request atau permintaan tertentu mengenai konsep atau desain rumah pada pengembang. Tapi biasanya bila Anda mengajukan permintaan khusus pada pengembang, akan ada tarif tambahan yang harus dibayar.

  1. Bisa Memilih Posisi atau Lokasi Rumah

Terakhir, keuntungan membeli rumah inden adalah bisa memilih posisi atau lokasi rumah. Meski tidak bebas-bebas sekali karena posisi hunain dalam perumahan ini mencerminkan harga, setidaknya Anda bisa memiliki pilihan pada satu-dua petak di zona harga rumah. Semisal Anda merasa rumah Anda terlalu berada diujung jalan, maka Anda bisa meminta pindah di tanah sebelah atau di depan yang masih belum ada yang memiliki.

Kekurangan Pembelian Rumah Secara Inden

  1. Anda Perlu Menunggu Pembangunannya

Sementara itu untuk kekurangan pembelian rumah secara iden yang pertama adalah perlu sabar menunggu pembangunannya. Rumah inden ini memang pertama kali yang akan ditemui adalah tanah kosong. Nah nantinya setelah Anda melakukan pembayaran uang muka, maka pihak pengembang pun akan mulai membangunnya. Nah proses pembangunan rumah ini tentu tidak sebentar. Maka dari itu dibutuhkan kesabaran bagi Anda yang memesan rumah inden sebelum menempatinya.

  1. Lingkungan Belum Memadai alias Fasilitas Belum Lengkap

Berikutnya, kekurangan yang bisa didapati pada pembelian rumah inden adalah lingkungan yang belum memadai karena fasilitas yang belum lengkap. Perumahan yang menawarkan rumah inden ini memang dibangun pengembang secara bertahap baik itu huniannya dan fasilitasnya. Dari sini maka Anda yang memesan rumah inden harus bersiap dengan fasilitas yang belum lengkap.

  1. Tidak Punya Tetangga

Karena rumah inden ini dibangun secara bertahap sesuai permintaan dari pemesannya, maka bisa jadi ketika rumah Anda sudah jadi, Anda tidak punya tetangga dalam beberapa waktu. Meski pada akhirnya nanti seiring waktu akan ada tetangga yang juga memesan rumah di samping atau di depan rumah Anda, tapi pada masa awal tinggal, Anda tetap harus bersiap tinggal tanpa tetangga.

  1. Risiko Penipuan

Terakhir, kekurangan dari pembelian rumah inden adalah risiko penipuan. Walau dalam pembelian rumah ready stock juga bisa muncul penipuan, tapi risiko penipuan pada rumah inden ini lebih besar. Pasalnya pada pembelian rumah inden belum ada wujud rumah ketika Anda menyerahkan uang muka. Sedangkan pada pembelian rumah ready stock, wujud rumah sudah bisa Anda dapati.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: