StartUp dan UKM

Inilah Keunggulan Kompetitif, Strategi Jadikan Produk Unggul di Pasar

keunggulan-kompetitif

keunggulan kompetitif/https://www.mavenlink.com/

Setiap pebisnis pastinya ingin memiliki produk yang laris manis di pasaran. Tapi untuk mempunyai produk yang laris manis diminati konsumen, tentu ada upaya keras yang harus dilakukan. Nah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk tujuan tersebut adalah dengan menghadirkan keunggulan kompetitif. Apa itu keunggulan kompetitif? Menyadur laman The Balance, dinyatakan bahwa keunggulan kompetitif atau competitive advantage adalah aspek-aspek yang membuat barang atau jasa dari sebuah perusahaan menjadi lebih unggul.

Manfaat Keunggulan Kompetitif

Secara umum, dengan mencapai keunggulan kompetitif, perusahaan akan dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk perusahaan. Selain meningkatkan loyalitas, perusahaan yang mampu memanfaatkan strategi keunggulan kompetitif akan memperoleh beberapa manfaat lain yaitu:

  1. Perusahaan memiliki brand image yang kokoh dan unik.
  2. Produk milik perusahaan memiliki kesan yang unik dan spesial.
  3. Pengeluaran anggaran untuk proses kerja bisnis dan marketing menjadi lebih efisien.
  4. Perusahaan didorong untuk aktif melakukan inovasi.

Mencapai Keunggulan Kompetitif

Untuk membuat produk mencapai keunggulan kompetitif, seorang pengusaha harus bisa mencapai beberapa hal berikut ini:

  1. Menunjukkan kualitas yang lebih besar daripada pesaingnya.
  2. Menawarkan fitur-fitur unik yang tidak dimiliki oleh produk lain.
  3. Menyampaikan informasi tersebut kepada target audiens yang diinginkan.

Nah, untuk menghadirkan keunggulan tersebut, perusahaan harus bisa melakukan analisis data competitive intelligence guna memahami kekuatan kompetitor mereka.

Jenis-jenis Keunggulan Kompetitif

Perlu Anda ketahui bahwa ada tiga jenis keunggulan kompetitif yang sebenarnya dapat digunakan perusahaan. Berikut tiga jenis keunggulan kompetitif atau competitive advantage yang dapat digunakan dan diterapkan perusahaan:

  1. Cost Leadership

Jenis keunggulan kompetitif pertama adalah cost leadership. Cost leadership sendiri adalah istilah dimana perusahaan mampu memanfaatkan tenaga kerja terampil, bahan baku murah, serta operasi yang efisien. Dari sini maka perusahaan akan mampu menghadirkan nilai maksimal bagi pelanggan. Salah satu perusahaan yang menerapkan jenis keunggulan kompetitif ini adalah Walmart, perusahaan waralaba besar di Amerika Serikat. Dalam bisnisnya, Walmart menerapkan cost leadership dengan menyediakan banyak pilihan produk berkualitas berharga rendah di setiap toko ritelnya.

  1. Differentiation

Pada umumnya, perusahaan yang menerapkan differentiation ini akan mempunyai produk atau layanan yang dengan mudah bisa dibedakan dari para pesaingnya. Dengan produk atau layanan yang berbeda dari kompetitor, maka perusahaan akan memiliki keunggulan kompetitif.

Cara untuk menghadirkan differentiation ini adalah dengan membuat produk atau layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan. Cara lainnya adalah dengan menghadirkan inovasi produk yang belum pernah diluncurkan sebelumnya.

Perusahaan yang berhasil menerapkan strategi differentiation biasanya akan mampu menetapkan harga premium untuk produk atau layanannya. Harga premium ini muncul dan akan dibayar konsumen karena pelanggan tidak bisa mendapatkan produk atau layanan tersebut di perusahaan lain.

  1. Focus

Terakhir, jenis keunggulan kompetitif adalah focus. Jenis competitive advantage yang satu ini membuat perusahaan akan berfokus pada segmen pasar yang lebih terperinci. Strategi ini sendiri akan sukses bila perusahaan dapat menciptakan produk atau layanan yang dapat menjawab kebutuhan pelanggan dalam segmen pasar tersebut. Sementara itu untuk menerapkannya, pengusaha perlu melakukan analisis pasar agar mereka dapat membuat penawaran yang lebih baik. Strategi focus ini mempunyai dua kategori yaitu:

  1. Cost-focus yaitu perusahaan yang fokus menyediakan produk dengan biaya terendah di segmen pasar yang sempit.
  2. Differentiation-focus yaitu perusahaan yang fokus menyediakan produk dan layanan yang dapat dibedakan dengan mudah dalam segmen pasar yang sempit.
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top