StartUp dan UKM

Inilah mySooltan, Aplikasi dari Telkom untuk Pemudah UMKM Go Online

aplikasi-mySooltan

aplikasi mySooltan/https://www.timesindonesia.co.id/

Kini telah hadir sebuah aplikasi yang bisa dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM yang ingin jalankan pemasaran online dengan mudah. Aplikasi yang dapat membantu pelaku UMKM untuk Go Online tersebut bernama mySooltan. Aplikasi ini sendiri dirilis dan dihadirkan oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) dengan semangat tumbuh bersama melalui pemanfaatan teknologi digital secara maksimal dalam kehidupan sehari-hari.

Dilengkapi Infrastruktur Digital

Menurut Edi Witjara selaku Direktur Enterprise & Business Service Telkom, menyatakan bahwa aplikasi mySooltan dilengkapi infrastruktur digital yang dapat membuka peluang baru, memberikan ide kreativitas, serta memperkuat jaringan bisnis UMKM melalui kemitraan dengan masyarakat.

Dari aplikasi mySooltan ini maka akan muncul berbagai solusi bagi UMKM, terutama di masa pandemi seperti sekarang. Solusi yang dapat dihadirkan mySooltan tersebut antara lain solusi connectivity (sooltanNet), point of sales (Bonum), manajemen toko digital (Sakoo) dan aplikasi pembayaran melalui uang elektronik (Qren).

“Banyak solusi digital di aplikasi mySooltan yang dapat membantu UMKM untuk tetap survive selama pandemi dan di era kenormalan baru, seperti solusi connectivity (sooltanNet), point of sales (Bonum), manajemen toko digital (Sakoo) dan aplikasi pembayaran melalui uang elektronik (Qren),” kata Edi.

Dukungan Telkom Pada UMKM

Lebih lanjut Edi menyatakan bahwa kehadiran mySooltan ini merupakan bukti dan komitmen nyata dari Telkom dalam mendukung pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional untuk melakukan migrasi bisnis ke dunia digital. Aplikasi mySooltan ini memang merupakan platform single digital touch bagi UMKM supaya dapat bermigrasi bisnis dari model luring ke daring secara mudah.

Dengan mySooltan ini maka para pelaku UKM akan memperoleh banyak keuntungan dalam pengembangan bisnisnya. Selain itu para pelaku UMKM juga bisa mengatur perputaran roda usaha, dan juga semakin memperluas pemasaran produk dan/atau jasa yang ditawarkan.

“Ini merupakan bukti komitmen Telkom dalam mendukung upaya pelaku UMKM selaku tulang punggung perekonomian nasional untuk melakukan migrasi bisnis ke arah digital,” ujar Edi.

Fitur mySooltan

Beberapa fitur dari aplikasi mySooltan yang bisa dimanfaatkan para pelaku UMKM adalah fitur pengaturan harga modal dan jual barang/jasa, stok produk, fitur manajemen konsumen, fitur manajemen pegawai, fitur cetak resi secara instan dan fitur mengimplementasikan penggunaan sistem pembayaran berbasis uang elektronik. Dari berbagai fitur yang ada tersebut maka aplikasi mySooltan akan menjadi solusi bagi UMKM di Indonesia agar bisa melakukan proses onboarding secara cepat dan mudah.

Telkom Juga Hadirkan Pelatihan dan Pendampingan

Tidak hanya menghadirkan aplikasi mySooltan, namun dukungan Telkom pada UMKM ini juga terlihat dari agenda pelatihan dan pendampingan bagi UMKM yang rutin dijalankan setiap waktunya. Dari pelatihan dan pendampingan ini Telkom berharap pelaku UKM bisa semakin tumbuh bisnisnya dan juga semakin memahami penggunaan teknologi digital agar mampu memperluas jangkauan pemasarannya.

Dari beberapa upaya yang dilakukan Telkom untuk mendukung UMKM ini sudah terlihat hasilnya pada beberapa binaanya yang sukses. Salah satu binaan Telkom yang sudah sukses Go Online adalah Pondok Tekstil Kreasindo. Perusahaan yang berlokasi di Bandung ini sendiri telah menjadi binaan Telkom sejak tahun 2011 dan kini telah mampu memperoleh pangsa pasar yang luas.

Dari contoh Pondok Tekstil Kreasindo tersebut Edi berharap bahwa akan semakin banyak pelaku UMKM yang terinspirasi. Lebih lanjut Edi mengatakan bahwa bisnis di zaman sekarang memang harus cepat beradaptasi dengan digitalisasi yang merupakan bentuk perkembangan zaman yang tak bisa dielakkan.

“Kita harus bersama-sama masuk ke ranah digital demi meningkatkan kualitas dan taraf hidup masyarakat. Melalui digitalisasi secara masif di berbagai sektor, Telkom yakin nantinya Indonesia akan mampu menjadi negara terdepan dalam ekosistem ekonomi digital global,” jelas Edi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top