Lainnya

Inilah Sikap Seorang Pebisnis Sejati Ketika Menghadapi Masalah, Sudahkah Ada Pada Diri Anda?

sikap-pebisnis-sejati-masalah

Masalah adalah hal yang biasa muncul pada kehidupan pebisnis. Masalah ini bahkan bisa jadi muncul setiap harinya pada diri pebisnis saat mengurus usaha. Tapi sebagai pebisnis sejati seharusnya Anda tak perlu takut dan khawatir dengan adanya masalah. Sebab dengan adanya masalah maka Anda akan bisa menjadi seseorang yang lebih dewasa dan lebih bijak dalam menghadapi problematika bisnis. Dan pada akhirnya ketika pebisnis mampu bijak menghadapi masalah, bisnis pun akan mampu terus bergerak pada pertumbuhan. Tapi seperti apakah sikap terbaik sebagai pebisnis sejati dalam menghadapi masalah? Berikut ulasannya.

  1. Tetap untuk Tenang

Pertama, ciri sikap pebisnis sejati ketika menghadapi masalah adalah dengan tetap tenang. Ketenangan memang mencerminkan jiwa yang sudah dewasa menghadapi masalah. Sebaliknya bila pebisnis selalu binggung dan tidak tenang saat menghadapi masalah biasanya mereka ada para entrepreneur yang baru menjalani usaha. Pebisnis sejati yang sudah punya pengalaman umumnya memang sudah memiliki ketenangan dalam menghadapi masalah. Mereka tahu bahwa dengan ketenangan mereka dapat mencari jalan keluar atas problem yang ada. Maka dari itu tak jarang para pebisnis sejati butuh menyendiri ketika usahanya mendapati masalah. Kegiatan menyendiri sendiri dilakukan untuk mendapatkan ketenangan dalam merenung dan berpikir guna menemukan solusi atas permasalahan tersebut.

  1. Berusaha untuk Selalu Berpikir Positif

Berpikir positif memang merupakan sesuatu yang bisa membuahkan solusi atau jalan keluar dari masalah. Ini karena dengan pikiran positif maka akan muncul keyakinan pada diri untuk bisa mengatasi permasalahan. Dalam sebuah penelitian dinyatakan memang seseorang yang berpikir positif maka akan muncul timbal balik dari alam semesta untuk menghadirkan sesuatu yang posititf pula. Begitu pula sebaliknya bila seorang pebisnis berpikir negatif pada masalahnya maka hal ini akan membuat alam semesta juga tak akan mendukungnya untuk menyelesaikan masalah. Maka bagi para pebisnis sejati, selalu berusaha berpikir positif disetiap masalah yang datang merupakan hal yang akan menjadi kebiasaan. Ini karena mereka mengerti bahwa hanya dengan berpikir positif mereka bisa mendapatkan jalan keluar dari permasalahan.

  1. Berdoa dan Berserah Kepada Tuhan

Seorang pebisnis sejati memang sudah mengerti bahwa semua yang teah dicapainya ini ada keterlibatan dari Tuhan. Maka dari itu ketika mereka mendapati masalah maka pebisnis sejati mengerti bahwa hal tersebut berasal dari Tuhan. Karena masalah ini didatangkan Tuhan maka untuk mengatasi permasalahan, pebisnis sejati selalu melibatkan Tuhan. Wujudnya sendiri adalah berdoa dan berserah. Jadi sembari mencoba mencari jalan keluarnya, pebisnis sejati juga akan meminta permohonan dengan berdoa kepada Tuhan supaya mereka mendapatkan jalan keluar yang terbaik. Kemudian setelah berdoa, mereka akan berserah dan menyerahkannya kepada Tuhan.

  1. Bersikap Kritis

Selanjutnya, sikap seorang pebisnis sejati ketika menghadapi masalah adalah bersikap kritis. Untuk bisa menemukan jalan keluar atau solusi atas permasalahan memang dibutuhkan pemikiran yang kritis. Dengan berpikir kritis Anda akan dipaksa untuk menemukan penyebab masalah. Nah ketika penyebab masalah sudah ditemukan maka untuk solusi pun akan lebih mudah untuk didapatkan. Namun sebaliknya bila pebisnis tidak mau berpikir secara kritis maka akan sulit baginya untuk menelaah masalah secara lebih komprehensif. Mungkin saja dengan berpikir seadanya mereka mendapatkan solusi. Tapi solusi yang dapatkannya bisa jadi merupakan solusi jangka pendek karena hanya menyentuh permukaan masalah saja.

  1. Selalu Ingat Tujuan Bisnis Anda yang Besar

Terakhir, sikap pebisnis sejati ketika menghadapi masalah adalah selalu ingat pada tujuan bisnis Anda. Sebagai pebisnis sejati, Anda tentu memiliki cita-cita dan tujuan yang tinggi pada bisnis Anda yakni kesuksesan. Nah dari impian dan tujuan bisnis inilah seorang pebisnis sejati akan terapacu untuk selalu menghadapi dan mengatasi masalah. Dengan terpacu menghadapi masalah maka pebisnis pun akan berpeluang mendapatkan solusi atau tujuan bisnis. Tapi bila seorang pebisnis tidak memiliki tujuan yang kuat untuk bisnisnya maka hal ini membuat mereka malas untuk menghadapi dan memecahkan masalah. Dari sini maka pebisnis yang tidak mempunyai tujuan bisnis yang kuat akan membuat mereka sulit memperoleh jalan keluar atau solusi atas permasalahan bisnis yang didapatinya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top