Tips

Introvert Juga Bisa Sukses jadi Pengusaha Kok! Terapkan Aja 3 Kiat Ini

pengusaha-introvert

introvert jadi pengusaha/https://www.suppliersalon.com/

Seseorang dengan kepribadian tertutup atau introvert acap kali diremehkan tidak bisa meraih sukses. Tapi benarkah demikian? Jawabannya tentu saja tidak. Sebab, berdasarkan data USA Today didapatkan catatan bahwa 4 dari 10 jabatan eksekutif di Amerika sendiri mempunyai kepribadian intorvert. Masih kurang yakin? Coba kita tilik saja nama besar seperti Waren Buffet, Bill Gates atau Steven Spielberg. Mereka semua adalah miliarder besar yang merupakan seorang introvert saat membangun bisnisnya.

Sifat Introvert yang Banyak Disalahartikan

Di kalangan masyarakat memang banyak beredar asumsi yang menyatakan bahwa orang introvert terlalu lembut dan tidak tegas hingga lemah dalam kepemimpinan. Nyatanya mereka orang introvert sebenarnya juga punya sikap sosial, hanya saja mereka sering membutuhkan waktu untuk tenang dan melakukan refleksi.

Perlu diketahui juga bahwa dalam diri seorang introvert sebenarnya ada kekuatan yang bisa menjadikannnya pemimpin. Sebut saja kekuatan itu adalah kemampuan analisi, instropeksi, observasi dan kesadaran tinggi. Dibalik ketidaknyamanannya di dalam sosialisasi nyata, seorang introvert justru mampu menghadapi beragam masalah yang ada dalam dunia usaha dari balik laptopnya. Dari sinilah sebenarnya seorang introvert tak perlu mengubah kepribadiannya. Mereka hanya perlu mempelajari dan menerapkan beberapa tips berikut ini untuk menjadi pengusaha sukses.

  1. Fokus pada Peluang Berjejaring One-on-One

Tips pertama untuk introvert menjadi pebisnis sukses adalah dengan fokus pada peluang berjejaring one-on-one. Maksudnya di sini adalah para pengusaha sukses perlu menjalin interaksi dengan mitra atau relasi melalui pertemuan empat mata saja. Sebab tidak mungkin bagi seorang introvert berada di kerumunan seperti sebuah seminar untuk kemudian menjalin kerjsama dengan mitra. Menariknya, meski hanya bertemu empat mata, ikatan yang terjadi antara introvert dan relasi akan sangat kuat. Ini dikarenakan kepribadian introvert sebagai pendengar yang hebat serta pembicara pada hal-hal besar saja.

  1. Gunakan Teknologi Sebagai Keuntungan

Meski tak pandai bermain kata-kata lewat obrolan seperti seorang ekstrovert, seorang introvert ternyata memiliki nilai lebih dalam penyampiannya dengan cara lain. Saat ini seperti kita tahu bahwa teknologi sedang berkembang pesat. Bahkan banyak kalangan sekarang lebih banyak dan cenderung memanfaatkan media digital untuk segala keperluannya. Nah dari sinilah maka seorang introvert kemudian lebih memilih menyampaikan kata-kata mendalamnya di dunia digital seperti website, blog dan forum hingga media sosial. Tentu bila penyampaian mereka dalam bentuk tulisan ini menarik banyak orang, mereka sebenarnya telah sukses memasarkan dirinya menuju kesuksesan.

  1. Jangan khawatir tentang Kesan, Pikirkan Hasil

Terakhir, kiat yang bisa kamu terapkan sebagai seorang introvert untuk menjadi pengusaha sukses adalah dengan tidak terlalu khawatir tentang kesan namun harus lebih fokus pada hasil. Sebenarnya tips ini berlaku untuk semua orang. Tapi pada kalangan introvert stereotipe publik yang dilekatkan pada mereka, membuat tantangannya jadi lebih besar. Dari sinilah seorang introvert harus menghadapinya dengan tidak terlalu mengkhawatirkan stereotipe tersebut. Bersikaplah masa bodo dengan anggapan-anggapan yang ada. Dari pada lelah menanggapi pandangan tersebut, lebih baik seorang introver berfokus pada hasil yang akan diraih. Dengan segala kemampuan yang dimiliki dan disebutkan di atas maka seorang introvert punya peluang yang besar untuk terus bisa mencapai hasil yang diinginkan. Ketika setiap hasil yang diinginkan bisa diraih maka seroang introvert pun akan bisa mencapai sukses.

Itulah beberapa kiat dan tips yang bisa dilakukan seorang introvert untuk sukses menjadi pengusaha. Tentu dari beberapa kiat di atas, kamu tak perlu ragu lagi untuk menjadi seorang dengan kepribadian introvert. Sebab dengan karakter tersebut kamu juga punya peluang untuk sukses.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top