Lainnya

Jadikan Basa-basi di Kantor Lebih Bermanfaat dengan Menerapkan 5 Tips Ini

jadikan-basa-basi-lebih-bermanfaat

jadikan basa-basi lebih bermanfaat/https://medium.com/

Bekerja di kantor memang tidak melulu harus fokus dan serius pada pekerjaan. Sebab di waktu luang atau istirahat, seorang pekerja bisa santai sejenak. Ketika waktu luang inilah biasanya banyak pekerja yang memanfaatkannya untuk ngobrol santai dengan rekan-rekannya. Tentu karena obrolan ini bersifat santai maka kita seringkali mendengar pembicaraan yang bersifat basa-basi. Namun meski obrolan ini basa-basi sebenarnya bisa kita jadikan lebih bermanfaat dengan menerapkan 5 tips berikut.

  1. Menggunakan Trik A.C.T untuk Memulai Percakapan

Tips pertama membuat percakapan basa-basi menjadi lebih bermanfaat adalah dengan menggunakan trik A.C.T saat memulainya. Apa itu trik A.C.T ? A.C.T adalah kepanjangan dari Authenticity atau keaslian, Connection atau koneksi dan Taste atau topik yang menjelaskan siapa dirimu sebenarnya. Contoh percakakapan basa-basi yang menggunakan teknik A.C.T :

  • “Bagaiamana keadaan pikiran anda sekarang?”
  • “Apa yang sedang dinantikan di minggu ini?”
  • “Anda mengingatkan saya pada seseorang selebriti, tapi saya tidak ingat, siapa artis yang anda bisa merasa dekat dengan ?”
  1. Hindari Pembicaraan Klise

Pembicaraan basa-basi memang akan menjadi sesuatu yang tidak bermanfaat bila hanya dipenuhi dengan obrolan hal-hal klise. Hal-hal klise dalam pembicaraan ini seperti misalnya obrolan mengenai kemacetan, cuaca, urusan kantor atau yang lainnya. Maka dari itu agar pembicaraan santaimu lebih bermanfaat maka cobalah untuk membahas sesuatu yang lebih bernilai.

  1. Sadari Momen dan Amati Lingkungan Sekitar

Berikutnya, tips menjadikan obrolan basa-basi supaya lebih bermanfaat adalah dengan menyadari momen dan mengamati lingkungan sekitar. Maksudnya di sini adalah kamu bisa mengandalkan hal-hal di sekitar kamu seperti karya seni, pakaian keren atau objek lain yang penting untuk dibahas. Dengan membahas hal-hal di sekitarmu yang berharga maka kamu akan bisa membuat pembicaraan lebih berbobot dan bermakna.

  1. Bicarakan Sesuatu yang Memang Terjadi

Dalam satu kantor atau perusahaan, sebenarnya banyak rekan kerja ang ingin tahu lebih banyak tentang dirimu. Begitu pun sebaliknya pastinya kamu juga ingin tahu banyak mengenai rekan kerjamu. Nah dari sinilah sebenarnya kamu bisa menjadikan topik mengenai keseharian hidupmu atau mereka guna menghadirkan pembicaraan yang lebih bernilai. Tapi untuk membicarakan mengenai hidup atau keseharian ini pastikan untuk mengedepankan kejujuran. Sebab bila kamu berbohong dan diketahui oleh rekan kerja maka hal ini bisa saja mempengaruhi hubunganmu di kantor.

  1. Lebih dari Sekedar Kata-Kata

Terakhir, tips jadikan basa-basi di kantor menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat adalah degan menghadirkan obrolan yang lebih dari sekedar kata-kata. Pembicaraan yang menyenangkan memang bisa dilakukan dengan menambahkan hal-hal lain seperti kontak mata, ekspresi wajah hingga nada suara. Coba saja rasakan perbedaanya dengan melakukan dua kali jenis pembicaraan dengan kata-kata saja dan dengan menambahkan ekspresi, maka pasti kamu akan mempercayai tips ini. Maka dari itu kamu yang ingin membuat pembicaraan lebih terasa nilai dan manfaatnya, pastikan untuk membuat ekpresi, kontak mata hingga nada suara yang pas.

Demikianlah beberapa tips yang bisa kamu jalankan untuk membuat pembicaraan basa-basi jadi lebih bermanfaat. Untuk pengembangan diri di kantor, kamu memang perlu membuat segala hal termasuk obrolan santai menjadi lebih bernilai. Semakin berkualitas pembicaraanmu dengan sesama rekan, maka kamu akan semakin punya pikiran dan pandangan yang lebih baik. Maka dari itu saat akan berbicara dengan rekan kerja, pastikan kamu tidak melewatkan beberapa tips di atas.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top