Peluang Usaha

Jalankan Rental Alat Camping dan Pendakian? Terapkan 5 Tips Ini

sewa-perlengkapan-mendaki

Saat ini camping dan mendaki gunung memang sedang menjadi kegiatan yang banyak digemari kalangan, terutama kaum muda. Dengan slogan pecinta alam, maka aktivitas hiking ini seakan menjadi hobi atau kegemaran tersendiri. Munculnya beberapa komunitas pecinta alam menjadi bukti bahwa kegiatan mendaki gunung ini begitu digemari. Dari popularitas aktivitas mendaki gunung inilah kemudian bermunculan jasa sewa atau rental alat camping dan pendakian. Dengan harga pelengkapan camping dan mendaki yang mahal, memang membuat banyak orang lebih memilih untuk menyewa. Dari sini maka muncul peluang bisnis rental alat camping dan pendakian. Anda yang punya kesamaan hobi dan keinginan untuk menyewakan alat camping dan pendakian pun juga punya kesempatan meraih keuntungan besar dari bisnis ini bila mampu menerapkan beberapa tips berikut.

  1. Lengkapi Perlengkapan

Tips pertama untuk jalankan bisnis rental alat camping dan pendakian adalah dengan melengkapi perlengkapannya. Seorang penyewa memang akan lebih senang bila mendapatkan tempat sewa yang lengkap. Ini karena penyewa tidak perlu lagi repot-repot mencari ke tempat lain perlengkapan yang belum didapatkan. Tidak hanya soal kenyamanan, dengan keberadaan alat-alat camping dan pendakian yang lengkap maka kredibilitas bisnis Anda juga akan semakin meningkat. Tentu kredibilitas bisnis ini sangat penting untuk eksistensi dan kesuksesan usaha ke depannya. Jadi jangan remehkan kelengkapan alat yang bisa disewakan. Bila perlengkapan camping dan pendakian dalam bisnis Anda masih kurang lengkap maka usahakan untuk melengkapinya.

  1. Buat Waktu Sewa Lebih Bervariatif

Bisnis sewa atau rental memang akan dibatasi waktu. Nah dari sini Anda sebagai pemilik bisnis harus bisa menentukan waktu sewa beserta tarifnya. Untuk hal ini maka cobalah untuk menghadirkan waktu sewa yang bervariatif. Mengapa demikian? Sebab bisa saja jadi kebutuhan antara satu penyewa dengan penyewa lain ini berbeda-beda. Anda tidak harus mematok waktu sewa per-hari dengan tarif flat. Tapi Anda bisa menghadirkan paket waktu sewa lebih lama dan tentunya dengan tarif sewa yang mengikuti paket tersebut. Dengan adanya tarif dan waktu sewa dalam paket ini akan membuat penyewa Anda lebih suka. Sebab mereka bisa lebih leluasa dalam menentukan waktu pendakian.

  1. Rekam Identitas Penyewa dengan Benar

Berikutnya, tips jalankan bisnis rental alat camping dan pendakian adalah dengan merekam identitas penyewa dengan benar. Seperti dinyatakan sebelumnya bahwa harga alat-alat camping dan pendakian ini terbilang mahal. Dari sini maka bukan tidak mungkin bisa saja terjadi kasus penipuan dan pencurian berkedok sewa. Maka dari itu untuk menghindari kerugian akibat oknum penyewa yang nakal, Anda harus melakukan perekaman identitas yang benar. Jangan hanya meminta KTP saya, tapi kalau bisa cobalah untuk meminta identitas lain yang bisa disimpan. Minta penyewa untuk mengisi data dan juga menandatangani perjanjian sewa menyewa ini. Biasanya beberapa tempat sewa juga meminta penyewa untuk diambil foto ketika berada ditempat penyewaan. Semua ini perlu Anda jelaskan pada penyewa semata-mata untuk keamanan dan kenyamanan bersama. Jangan ragu untuk menetapkan peraturan ini dan pastikan Anda menolak menyewakan bila ada penyewa yang tidak mau memenuhi aturan yatadi.

  1. Berikan Pelayanan Terbaik pada Penyewa

Seperti bisnis-bisnis lainnya, Anda juga perlu mengutamakan kepuasan konsumen dalam hal ini penyewa. Karena Anda menjalankan bisnis dibidang jasa, maka pelayanan terbaik akan menjadi komponen utama untuk bisa mencapai kepuasan konsumen. Jadi hadirkan saja pelayanan terbaik dalam bisnis Anda. Bentuk pelayanan terbaik yang dapat Anda hadirkan antara lain dengan membuat layanan customer service yang optimal. Layani dengan ramah saat konsumen datang atau ketika mencari informasi melalui telepon atau media chat.

  1. Dekati Komunitas Pecinta Alam

Terakhir, tips dan kiat jalankan bisnis rental alat camping dan pendakian adalah dengan mendekati komunitas pecinta alam. Pangsa pasar Anda yang menyasar pada kalangan pecinta alam memang membuat Anda perlu mengedepankan mereka penggemar hiking, sebagai fokus marketing atau pemasaran. Nah salah satu tempat di mana Anda bisa mentarget pasar adalah komunitas pecinta alam. Meski tidak semua target pasar ada di sana, namun sebagian besar akan bisa kita jumpai dalam komunitas ini. Jadi dekati dan rangkul saja mereka untuk bisa membuat bisnis Anda semakin dikenal dan semakin mendapatkan banyak konsumen.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top