Keuangan

Jangan Kendor, Pandemi Bisa Berlangsung Lama, Pastikan Kamu Tidak Sembarangan Menggunakan Uang untuk 5 Hal Ini

waspadai-pengeluaran-masa-pandemi

waspadai pengeluaran masa pandemi/https://www.entrepreneur.com/

Pandemi Covid-19 yang belum berakhir dan masih dapat berlangsung lama, membuat kita memang perlu lebih cermat dalam pengeluaran. Pastikan jangan sampai ada pengeluaran yang sia-sia atau bahkan berujung kerugian. Pasalnya bila pengeluaranmu berujung kerugian maka kamu bisa saja berhadapan dengan situasi yang lebih sulit. Untuk itulah kamu perlu berhati-hati dan jeli ketika akan mengeluarkan uang di masa wabah seperti sekarang ini. Nah berikut ini ada beberapa pengeluaran di masa pandemi yang perlu kamu waspadai agar uangmu tidak berakhir dengan sia-sia.

  1. Coba-coba Bisnis

Pengeluaran uang pertama yang perlu kamu waspadai di masa pandemi ini yaitu mencoba-coba bisnis. Mungkin kamu selama ini sering mendengar ada bisnis-bisnis yang potensial dijalankan di masa pandemi ini. Sebagai orang yang bijak seharusnya kamu tidak boleh serta merta mudah terbujuk dengan bisnis tersebut. Alih-alih langsung menjalankan bisnis yang banyak dibicarakan orang tersebut, kamu perlu mencermati dan menyelami lebih dalam dulu mengenai bisnis tersebut. Pastikan kamu benar-benar memahami potensi keuntungan dan risiko yang ada pada bisnis tersebut. Dengan memahami seluk beluk dari bisnis yang akan dijalankan maka pengeluaranmu untuk modal usaha tersebut tidak berakhir dengan kegagalan yang sia-sia.

  1. Meminjamkan Uang ke Orang lain

Di masa pandemi ini tentu semua orang membutuhkan uang yang lebih. Dari sinilah kebutuhan akan uang pada sebagian besar masyarakat ini bisa saja melahirnya banyak permintaan pinjaman. Nah bila permintaan pinjaman ini datang kepadamu, cobalah tidak memudahkan untuk menyetujuinya. Sebab kamu harus paham bahwa di tengah situasi perekonomian yang sulit seperti sekarang membuat tidak sedikit dari publik yang penghasilannya menurun. Dari sini ketika mereka meminjam uang kepadamu, akan muncul risiko pengembalian uang yang tidak tepat waktu atau bahkan macet. Ketika keadaan ini muncul maka uang yang kamu keluarkan pun akan menjadi sia-sia dan tak berarti.

  1. Menggunakan Kredit Secara Berlebihan

Berikutnya, pengeluaran uang yang perlu diwaspadai di masa pandemi seperti sekarang yakni penggunaan kredit yang berlebihan. Meski saat menggunakan kredit ini kamu meminjam uang dari pihak lain terlebih dulu, tapi di akhir bulan kamu harus melunasinya. Nah bila kamu menggunakan kredit secara berlebihan untuk belanja, maka itu sama saja kamu membelanjakan uangmu secara berlebihan. Tentu belanja yang tidak terkontrol di masa pandemi seperti sekarang ini merupakan sesuatu yang perlu dihindari karena bisa membuat finansialmu menjadi goyah.

  1. Berinvestasi Tanpa Pertimbangan

Selain ajakan bisnis, di masa pandemi seperti sekarang, bisa jadi kamu juga mendapati tawaran berinvestasi. Tapi ingat seperti halnya tawaran bisnis, kamu tidak boleh sembarangan untuk kemudian mengiyakan tanpa pertimbangan. Namun lebih dari itu kamu wajib cermat mempertimbangkan banyak hal dari investasi tersebut. Dengan pemahaman yang komprehensif terhadap investasi yang ada, kamu bisa terhindar dari kerugian akibat kegagalan berinvestasi.

  1. Beli Barang-barang Mewah

Terakhir, pengeluaran yang seharusnya bisa kamu waspadai di masa pandemi yaitu pembelian barang-barang mewah. Pembelian barang-barang mewah yang harganya mahal ini memang perlu kamu pertimbangkan dengan masak-masak. Sebab bila kamu hanya ingin memuaskan diri saja tanpa ada pertimbangan kebutuhan, tentu kamu bisa mendapati kesulitan keuangan setelahnya. Mungkin kamu belum merasakan di awal-awal pembelian. Tapi karena pandemi ini tidak ada yang tahu kapan berakhirnya, maka beberapa waktu setelah pembelian dan keuanganmu terus menipis, tentu kamu harus menghadapi situasi yang sulit. Maka dari itu untuk menghidari pembelian yang berujung pada krisis finansial, pastikan kamu untuk mempertimbangkan lebih dalam pada pembelian barang-barang mewah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top