Lainnya

Jangan Ragu untuk Hadirkan Diskon? Sebab Ada 5 Keuntungan yang Bisa Anda Dapatkan

discount

Dalam dunia bisnis, diskon merupakan salah satu strategi yang tak jarang dilakukan para pengusaha. Dengan menghadirkan potongan harga, memang strategi diskon ini diyakini mampu membuat konsumen berdatangan. Sayangnya keyakinan akan manfaat diskon ini tidak banyak membuat pebisnis mau menerapkannya. Dengan banyak pertimbangan yang ada, membuat mereka lebih memilih strategi lain. Sebenarnya strategi diskon ini tidak hanya memiliki kegunaan untuk menarik konsumen saja, tapi selain itu masih ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan oleh entrepreneur dengan menghadirkan diskon.

  1. Mendapatkan Konsumen Baru

Pertama, keuntungan yang bisa Anda dapatkan sebagai pebisnis ketika menghadirkan diskon adalah mendapatkan konsumen baru. Setiap konsumen memang sangat menyukai harga yang lebih murah. Nah dari sinilah dengan strategi diskon atau potongan harga, akan mampu menarik beberapa konsumen atau pembeli baru yang belum pernah memakai produk Anda. Nah dari sinilah maka selain akan membuat omset meningkat, dengan konsumen baru ini Anda juga bisa memiliki peluang menambah jumlah pelanggan setia.

  1. Mempertahankan Pelanggan Setia

Selain konsumen atau pembeli baru yang menyukai strategi diskon Anda, para pelanggan setia lama Anda juga pastinya akan senang. Ketika pelanggan lama Anda juga senang dengan strategi Anda maka ini akan membuat membuat mereka enggan berpaling pada yang lain. Para pelanggan yang sebelumnya sudah sering membeli pada Anda akan tetap bertahan untuk membeli pada Anda. Dari sinilah dengan strategi diskon yang jalankan maka Anda telah mampu mempertahankan pelanggan setia Anda.

  1. Meningkatkan Penjualan

Seperti telah dinyatakan sebelumnya bahwa dengan adanya diskon maka akan banyak pembeli yang tertarik untuk membeli produk bisnis Anda. Harga memang menjadi sesuatu yang sensitif bagi konsumen. Bahkan dengan selisih sedikit pun, konsumen bisa beralih pada penjual yang menghadirkan produk sejenis. Maka dari itu Anda yang memiliki pesaing bisnis dengan kualitas yang sama, maka hargalah nantinya yang akan jadi penentu siapa yang mampu merebut banyak pembeli. Nah maka dari itu menghadirkan diskon bukanlah sesuatu yang seharusnya Anda ragukan lagi bila keadaannya seperti ini. Dengan menghadirkan diskon maka konsumen yang bisa membeli ke pesaing Anda akan beralih membeli produk Anda. Jika hal ini yang terjadi maka Anda akan mampu meningkatkan penjualan dari banyaknya pembeli yang datang.

  1. Menghabiskan Stok Lama

Anda punya stok barang lama yang belum terjual? Dari pada dibuang percuma maka jual saja dengan harga diskon. Dengan menghadirkan harga diskon, maka barang lama yang mungkin sudah tidak diminati karena sudah bukan trend-nya, bisa jadi akan habis dibeli konsumen. Meski Anda mengambil untung sedikit dari barang-barang lama ini tapi dengan jumlah stok barang yang banyak, maka keuntungan bisa meningkat berkali-kali lipat. Barang dengan stok lama memang seharusnya segera habis sebelum tidak ada lagi yang meminatinya. Nah untuk itulah Anda membutuhkan strategi yang mampu membuat barang dengan stok lama ini cepat habis. Nah cara paling efektif untuk menghabiskan barang stok lama adalah dengan menghadirkan diskon atau potongan harga.

  1. Membangun Reputasi

Terakhir, keuntungan dan manfaat yang bisa Anda dapatkan ketika menghadirkan strategi diskon adalah mampu membangun reputasi. Bisnis memang membutuhkan reputasi atau kredibilitas usaha. Dengan adanya reputasi bisnis maka Anda akan bisa membuat usaha lebih dapat dipercaya oleh masyarakat. Lalu apa hubungannya dengan strategi diskon? Tentu saja ada. Bisnis yang mampu mengahdirkan diskon biasanya dianggap sebagai bisnis yang sudah besar atau bertumbuh. Nah dari sini ketika Anda mampu menghadirkan diskon maka bisnis Anda akan dianggap masyarakat sebagai usaha yang sudah mapan dan kuat. Dari sinilah maka reputasi pun akan muncul dari publik terhadap bisnis Anda.

Itulah beberapa keuntungan dan manfaat yang bisa didapatkan ketika bisnis Anda menerapkan strategi diskon. Namun ingat agar strategi diskon ini berhasil, Anda harus benar-benar jujur menghadirkan harga diskon yang sebenarnya. Harga diskon yang sebenarnya adalah potongan harga yang diambil bukan dari produk asalnya, bukan dari setelah harga dinaikkan terlebih dulu. Sebab bila hal ini Anda lakukan dan kemudian ada konsumen yang mengetahui bahwa harga diskon Anda adalah palsu, maka hal ini justru akan menjadi blunder bagi bisnis Anda.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top