Lainnya

Jika Banjir Datang, Hal Inilah Yang Harusnya Anda Lakukan

Banjir bagi beberapa orang sudah seperti langganan yang hadir setiap tahunnya. Beberapa orang di Indonesia tinggal di lokasi yang rawan akan banjir. Apalagi jika musim hujan tiba bencana banjir bisa datang kapan saja. tak hanya banjir yang perlu diwaspadai ketika curah hujan tinggi namun juga tanah longsor.  Belum lagi hewan liar yang ikut arus hingga senjata tajam yang turut hanyut bisa membahayakan warga sekitar. Ketika banjir datang ada baiknya anda melakukan hal-hal berikut ini untuk menghindari kerugian yang lebih banyak lagi.

Amankan Dokumen Penting

Langkah pertama ialah selamatkan dokumen penting yang anda miliki. Dokumen penting ini seperti identitas diri dan keluarga, paspor, buku rekening dan masih banyak lagi lainnya. jadikan dalam satu tas agar lebih praktis. Lebih bagus lagi jika anda memang terbiasa menyimpan dokumen penting dalam satu lemari jadi bisa langsung dipacking ketika banjir dirasa akan datang. Lebih aman lagi jika anda menyimpan dokumen penting di bank. Bank menyediakan layanan safety box.

Matikan Aliran Listrik

Saat banji datang penting untuk memutus aliran listrik. Listrik dikombinasikan dengan air bukanlah pilihan yang bagus. Anda bisa saja membahayakan keluarga dengan  tersengat listrik. Segera matikan saklar  agar tidak menimbulkan sengatan listrik ketika keluarga masuk dalam air untuk mengungsi. Listrik juga bisa menyebakan kebakaran bila tidak dikendalikan dengan baik. Pastikan pula  gas dan kompor sudah anda matikan sebelum mengungsi. Anda juga bisa memadamkan aliran listrik dengan menggunakan aplikasi PLN Mobile. Ketika surut pastikan alat elektronik dalam keadaan kering ketika hendak dipakai.

Berkemaslah Untuk Segala Kemungkinan

Berkemaslah segera untuk menghadapi hal yang terburuk. Siapakan obat-obatan yang anda butuhkan serta beberapa sandang dan pangan. Bawalah barang yang benar-benar dibutuhkan. Kebanyakan membawa barang juga akan menyulitkan anda untuk dievakuasi. Perhatikanlah tinggi air ketika curah hujan tinggi. Selamatkan diri sebelum  air semakin tinggi dan membuat anda terjebak saat banjir.

Jangan Tidur Di Ruang Terbuka

Hindari tidur di ruang terbuka ketika mengungsi. Bahaya tidur di luar bisa saja berupa nyamuk yang menyebabkan demam berdarah dan penyakit lainnya. pilih daratan tinggi untuk mengungsi dan gedung serbaguna sebagai area mengungsi. Persiapkan nomor bantuan yang bisa dihubungi untuk evakuasi. Penting bagi anda untuk mengisi daya smartphone sehingga mudah berkomunikasi dengan tim penyelamat.

Hindari Berjalan Di Dekat Saluran Air

Hindari berjalan di dekat saluran air agar tidak ikut terseret air. Apalagi saat banjir bandang tiba. Bahaya terseret arus bisa menghilangkan nyawa anda. perhatikan posisi keluarga anda apakah sudah berada di tempat yang tinggi dan aman. Jika anda terlanjur terjebak dalam banjir maka carilah tempat yang tinggi agar tidak tenggelam. Berjalan perlahan ketika air sudah mulai tenang ke tempat yang aman.

Jangan Panik

Saat banjir datang ingat untuk jangan panik. Hadapi dengan tenang agar tidak bertindak ceroboh. Kepanikan biasa membuat orang mudah melukai dirinya sendiri bahkan tak sengaja menghadapkan pada kematiannya sendiri. Bila banjir datang tanpa anda perkirakan maka selamatkan diri yang menjadi poin utama. Harta benda bisa anda cari lagi namun nyawa tak bisa anda gantikan kecuali seizin yang menciptakan. Gunakanlah air bersih dan bahan makanan seefisien mungkin bila belum dievakuasi.

Berdoa dan berimotivasi pada keluarga agar bisa tenang dan sabar menghadapi cobaan ini.

    

Click to comment

Diskusi dan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top