Lainnya

Karir Berubah? Lakukan 5 Tips Ini Agar Anda Tetap Bisa Berkembang

karir-berubah

Dalam dunia karir perubahan memang bisa saja terjadi atas dasar keinginan Anda atau pun hal dari luar yang tak kuasa Anda tolak. Maka dari itu setiap Anda yang sedang menjalankan sebuah karir maka memang harus punya persiapan dan antisipasi untuk mengatasi perubahan bila terjadi di suatu waktu. Persiapan dan antisipasi pada karir yang berubah ini sendiri dilakukan agar Anda tetap bisa bertumbuh dan berkembang. Dalam kenyataan memang banyak para pekerja yang terhenti perkembangannya ketika ia mendapati perubahan pada karirnya. Nah untuk itulah Anda yang ingin tetap bisa bekembang tanpa terpengaruh adanya perubahan karir bisa melakukan beberapa tips antisipasi berikut ini.

  1. Buat Rencana yang Dapat Ditindaklanjuti

Pertama, tips untuk mengatasi perubahan karir supaya Anda tetap bisa berkembang adalah dengan membuat rencana yang dapat ditindaklanjuti. Perubahan yang terjadi pada karir memang harus diantisipasi dengan sebuah plan atau rencana. Dengan adanya plan atau rencana ini maka Anda tidak akan kebingungan ketika terjadi perubahan dalam karir yang sedang Anda jalani. Menyusun rencana ini bahkan sangat penting bila perubahan karir ini datang pada diri Anda sendiri. Jadi Anda yang sedang berencana akan melakukan perubahan dalam karir, entah itu akan berpindah posisi atau perusahaan maka plan mau tak mau harus Anda siapkan. Pastikan Anda menyusun plan atau rencana dengan detail dan terperinci secara jelas dan gamlang agar apa yang Anda harapkan yakni perkembanga karir tetap berlanjut.

  1. Terus Belajar

Jangan anggap remeh proses pembelajaran. Pembelajaran memang harus Anda lakukan setiap waktu hingga maut. Apalagi bagi Anda yang sedang menjalani karir yang baru, maka proses pembelajaran ini akan jadi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Walaupun perubahan yang terjadi masih dalam bidang karir yang sama, namun dengan budaya perusahaan yang baru bisa jadi Anda membutuhkan pembelajaran yang berbeda. Apalagi bila Anda melompat pada karir dibidang yang berbeda, maka proses pembelajaran menjadi sesuatu yang mutlak diperlukan. Proses pembelajaran ini juga sangat diperlukan bagi Anda yang menjalani perubahan karir berwujud peningkatan level atau jabatan. Sebab dalam jabatan yang lebih tinggi pasti ada hal baru yang perlu dipelajari. Untuk melaksanakan pembelajaran ini Anda bisa melakukannya dengan banyak cara seperti membaca buku, ikut pelatihan atau workshop dan juga belajar dari pengalaman senior atau ahli.

  1. Explore Pekerjaan Freelance

Berikutnya, tips untuk tetap berkembang meski karir berubah adalah dengan mengeksplor pekerjaan paruh waktu atau freelance. Bagi Anda yang ingin tetap bertahan dengan karir di perusahaan dan ingin mencoba perubahan karir di tempat kerja lain maka tips ini yang harus Anda terapkan. Sebab, bila Anda mengambil pekerjaan paruh waktu atau freelance maka Anda tidak akan terganggu dengan pekerjaan utama di perusahaan. Namun dibalik itu Anda bisa terus mengembangkan diri dengan karir baru dipekerjaan freelance. Pekerjaan freelance atau paruh waktu sendiri saat ini sangat banyak yang bisa Anda jalani. Anda tinggal mengatur waktu agar perubahan karir pada pekerjaan baru tidak membuat perkembangan Anda di perusahaan utama terganggu.

  1. Bangun Jaringan

Selajutnya, tips menjaga perkembangan meski karir berubah adalah dengan membangun jaringan. Meksi Anda berstatus sebagai pekerja atau pegawai, bukan berarti Anda bisa menyepelekan jaringan profesional. Dengan jaringan profesional yang Anda miliki maka perubahan karir yang terjadi tak akan membuat Anda goyah. Ini karena dengan adanya jaringan profesional yang Anda miliki maka Anda bisa belajar dari para profesional dalam jaringan tadi tentang bagaimana mengatasinya. Tapi bila Anda tidak membangun jaringan profesional maka dampak perubahan yang terjadi pada karir Anda bisa membuat Anda goyah dan akhinya bisa membuat perkembangan Anda terhambat.

Demikianlah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk mnjadikan diri tetap berkembang meski terjadi perubahan pada karir. Karir memang tak melulu bisa Anda kendalikan karena banyaknya faktor di sekitarnya yang bisa membuatnya berubah. Hal ini semestinya sudah disadari oleh setiap profesional atau pekerja, sehingga kemudian mereka perlu mempersiapkan cara untuk mengantisipasi bila karir mereka benar-benar berubah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top