Lainnya

Kelebihan dan Kekurangan Canvassing Sebagai Strategi Penjualan

canvassing

canvassing/https://velocitypublicaffairs.com/

Salah satu metode atau strategi penjualan yang seringkali digunakan pebisnis adalah canvassing. Canvassing sendiri adalah aktivitas penjualan yang dilakukan dengan cara melakukan kontak langsung atau berkomunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan, tanpa mengatur janji terlebih dahulu. Dari sini terlihat bahwa canvassing merupakan aktivitas marketing secara terencana yang dilakukan dengan cara menawarkan, mendistribusikan, serta mencari pesanan penjualan atas produk dan jasa.

Seperti yang disebutkan, canvassing bisa dilakukan secara langsung atau tidak langsung melalui komunikasi via telepon atau email. Canvassing ini sendiri juga termasuk kegiatan menyampaikan dan mengumpulkan informasi tertentu dari para pengecer atau konsumen. Orang yang melakukan kegiatan canvassing disebut juga canvasser.

Keunggulan Strategi Canvassing

  1. Mempercepat Penetrasi Produk Ke Pasar

Keunggulan atau kelebihan dari metode canvassing yang pertama adalah mempercepat penetrasi produk ke pasar. Dengan cara menjual langsung ke pasar, maka akan membuat proses marketing berjalan cepat dan tanpa ada waktu yang terbuang. Dari sini maka canvassing jadi strategi yang tepat untuk perusahaan berskala kecil dan sedang, di mana bisnisnya hanya beroperasi di satu kota saja atau di dalam satu provinsi/wilayah tertentu saja.

  1. Pemerataan Distribusi Produk

Berikutnya, kelebihan dari strategi canvassing adalah dapat meratakan penyebaran suatu produk. Dengan cara ini tim canvasser akan melakukan distribusi produk ke seluruh wilayah secara merata berdasarkan rute (journey plan) yang telah ditetapkan. Dari sini maka produk pun akan lebih mudah dijangkau oleh konsumen dan Anda sebagai pebisnis tak perlu lagi mengambil untung kecil dari sebagian pelanggan.

  1. Mendapatkan Umpan Balik dari Pasar yang Lebih Akurat

Dalam strategi canvassing ini, juga bisa dilakukan pendataan berupa ukuran toko, alamat lengkap, dan data konsumen lainnya di suatu wilayah. Dengan cara ini Anda juga bisa mendapatkan feedback atau masukan dari produk atau layanan yang Anda hadirkan. Nantinya, pendataan yang dilakukan tim canvasser, akan disampaikan langsung ke produsen. Hal ini tentu akan jauh lebih akurat dibanding mengandalkan data atau informasi dari distributor.

  1. Peluang Prospek yang Lebih Tinggi

Terakhir, kelebihan atau keunggulan dari strategi canvassing adalah kemungkinan Anda mendapatkan peluang prospek lebih tinggi. Bila Anda sedang  mengincar calon konsumen yang potensial, maka strategi ini akan membuat peluang menjadikannya sebagai pembeli atau pelanggan semakin besar. Ini karena dengan teknik ini Anda bisa melakukan komunikasi langsung dengan calon konsumen tersebut.

Kekurangan Canvassing

  1. Biaya Operasional Menjadi Tinggi

Sementara itu untuk kekurangan dari strategi canvassing ini adalah biaya operasioanl yang jadi lebih tinggi. Ini karena dari teknik ini Anda harus membayar tim canvasser yang bertugas di lapangan. Apalagi saat ini setiap canvasser kebanyakan membutuhkan team leader serta supervisor untuk bertanggung jawab terhadap hasil kerjanya. Dari sinilah maka menjalankan strategi canvassing membuat pebisnis perlu mempersiapkan biaya operasional yang terbilang tidak kecil.

  1. Proses yang Panjang dan Melelahkan

Perlu dikethaui bahwa strategi canvassing ini merupakan metode yang memiliki proses cukup panjang dan juga terbilang melelahkan dalam pelaksanaannya. Bahkan tak jarang untuk menutup kebutuhan SDM dalam metode canvassing, perusahaan perlu terus menerus melakukan proses rekrutmen.

  1. Semakin Kurang Disukai Konsumen

Beberapa konsumen memang merasa kurang suka ketika harus menerima banyak telepon marketing dari beberapa perusahaan. Apalagi bila kemudian ada banyak pertanyaan yang diajukan, maka membuat konsumen semakin kesal karena waktunya yang banyak terbuang.

  1. Tingkat Sukses yang Rendah

Terakhir, kelemahan dari strategi canvassing adalah success rate atau tingkat sukses yang rendah. Meskipun ada usaha secara nyata untuk berhubungan dan berinteraksi langsung dengan calon konsumen, namun usaha ini ternyata belum tentu sukses untuk membuat calon konsumen tergoda untuk membeli.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top