Lainnya

Ketika Kamu Menjadi Atasan dari Teman Sendiri, Ini yang Harus Dilakukan

jadi-atasan-dari-teman-teman

jadi atasan dari teman-teman di kantor/https://www.digitalmarketingcommunity.com/

Saat bekerja di sebuah perusahaan, kamu harus siap ketika bos atau owner memutuskan untuk menaikkan jabatanmu. Meski kenaikan karier ini membuatmu harus menjadi atasan dari teman-teman di kantor, namun keputusan ini memang harus diterima. Ketika menjadi atasan dari teman-temanmu bisa jadi dari dalam dirimu akan rasa canggung. Tapi untuk bisa mengamban jabatan dengan baik, kamu perlu menyingkirkan perasaan tersebut. Lalu bagaimanakah sikap terbaik ketika harus menjadi atasan dari teman sendiri di kantor? Berikut penjelasannya.

  1. Tetapkan Strategi, Target, Visi dan Misi

Segera setelah diangkat pada jabatan tertentu, kamu perlu menetapkan visi-misi, target dan strategi. Dengan memiliki visi-misi, terget dan strategi ini kamu bisa memiliki pegangan untuk menjalankan jabatan ini dengan keyakinan. Tapi bila kamu tidak segera membuat visi-misi, target dan strategi, maka kamu bisa menjadi ragu-ragu dan tidak percaya diri ketika menjalankan jabatanmu. Dari ketidakpercayaan dirimu, maka teman-temanmu bukan tidak mungkin akan mencibirmu. Menjadi atasan memang membutuhkan kewibawaan yang bisa didapatkan dari rasa percaya diri yang baik.

  1. Lakukan Perubahan Secara Perlahan

Setelah membuat visi-misi, target dan strategi kamu perlu cepat bekerja. Lakukan beberapa perubahan yang memang perlu diperbaiki. Namun bagaimana mengatur bawahanmu yang dulu adalah teman sedivisi? Jangan ragu, dengan sejumlah agenda dan strategi yang kamu bawa maka teman-temanmu akan menghormati dan menghargaimu. Dengan rencana dan perubahan yang kamu hadirkan maka teman-temanmu akan menjadi respect dan yakin dengan kepemimpinanmu. Tapi bila kamu tidak punya rencana bahkan tidak bisa menghadirkan perubahan, maka bawahanmu akan menaruh rasa tidak percaya pada kepemimpinanmu.

  1. Tetap Menjadi Diri Sendiri

Berikutnya, kiat menjadi atasan dari teman-temanmu di kantor adalah dengan tetap menjadi diri sendiri. Walau sudah menjadi atasan, kamu tidak perlu menjadi pribadi dengan karakter yang lain. Apalagi ketika kamu sedang santai di kantin dan bertemu teman-temanmu, maka pastikan saja mereka mendapati kamu yang dulu tanpa perubahan. Dengan tetap menjadi diri sendiri ini maka kamu akan dianggap sebagai atasan yang tepat dan menyenangkan oleh teman-temanmu.

  1. Jaga Komunikasi

Di lingkungan kantor kamu memang harus bisa menempatkan diri pada situasi dan kondisi. Meski kamu atasan dari teman-temanmu, pastikan cara bicara atau komunikasi saat meeting tidak kamu bawa ke kantin saat bersantai. Ketika berada di kantin untuk beristirahat, maka berkomunikasilah seperti biasanya. Saat meeting, pastikan kamu juga tidak menggunakan kata-kata yang tidak layak atau tidak sopan. Meski mereka bawahanmu, buat perintah kepada mereka dengan kata-kata yang tegas namun tetap bersahaja.

  1. Luangkan Waktu Untuk Berdiskusi

Meski kamu sudah menjadi atas dan teman-temanmu masih di posisi sebelumnya, kamu tidak perlu merasa paling unggul dan tak membutuhkan lagi pendapat mereka. Namun supaya kamu bisa menjadi atasan yang baik, biasakan saja untuk tetap berdiskusi ketika membahas sebuah rencana. Sebab bukan tidak mungkin dari pendapat dari teman-temanmu, ada sebuah solusi yang lebih tepat untuk dijalankan.

  1. Jangan Sungkan Memuji

Terakhir, kiat menjadi atasan dari teman-temanmu di kantor yakni dengan tidak sungkan untuk memuji. Ketika meeting dan kamu mendapati usulan yang baik dari temanmu, layangkan saja pujian pada mereka. Begitu pun ketika temanmu bisa bekerja dengan baik, maka memberikan pujian akan membuat mereka tersanjung. Dengan pujian yang kamu layangkan, hal ini dapat membuat kerja dalam tim jadi lebih efektif hingga sebuah rencana dan target pun nantinya bisa tercapai.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top