Tips

Kiat Bisnis untuk Pemula Ala Bos Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata

Ridzki-Kramadibrata

Ridzki Kramadibrata/https://www.thejakartapost.com/

Berbisnis memang menjadi salah satu cara mendapatkan penghasilan yang besar. Apalagi di zaman modern seperti sekarang maka semakin bisnis digital seperti startup yang bermunculan. Namun untuk sukses maka dalam menjalankan bisnis perlu dibarengi dengan trik atau strategi. Nah dalam hal ini Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata membagikan beberapa tips dan saran pemula yang akan menjalankan menjalankan bisnisnya. Berikut ulasannya.

  1. Hadirkan Bisnis yang Memberikan Solusi

Tips pertama untuk pemula yang akan menjalankan bisnis menurut Ridzki Kramadibrata adalah menghadirkan bisnis yang memberikan solusi. Bisnis yang menghadirkan solusi dari permasalahan manusia memang akan banyak dicari.

“Saya kira ini adalah waktu yang sangat tepat untuk berikan solusi, karena banyak sekali persoalan di masa-masa sulit ini, jadi banyak peluang untuk berikan solusi,” kata Ridzki.

  1. Lakukan Investasi Pada SDM

Dalam menjalankan bisnis ini para entrepreneur juga perlu melakukan investasi pada sumber daya manusia yang tepat. Ini artinya penting sekali bagi sebuah bisnis untuk memiliki orang-orang yang tidak hanya tangkas, namun juga familiar dengan industri tersebut beserta tantangannya.

  1. Lakukan Investasi Pada Teknologi dan Scaling The Business

Berikutnya, kiat bisnis untuk pemula dari bos Grab Indonesia yaitu melakukan investasi pada teknologi. Menurut Ridzki, teknologi memang akan terus berperan lebih penting lagi di masa depan. Selain itu pengusaha juga harus mampu meningkatkan kapasitas bisnis (scalling teh business). Ridzki menyatakan bahwa seiring dengan berkembangnya bisnis maka penting untuk menyeimbangkan antara permintaan dan penawaran.

“Tiga hal ini yang telah membantu kami di Grab untuk jadi seperti sekarang, saya rasa hal ini bisa dipegang juga bahkan oleh wirausaha baru,” jelas Ridzki.

  1. Hadirkan Visi dan Misi yang Jelas

Dalam membangun bisnis yang berkelanjutan, Ridzki juga menyarankan bagi para pebisnis untuk menghadirkan visi dan misi yang jelas. Visi dan misi ini juga perlu didukung dengan kepemimpinan yang mumpuni. Dari visi-misi yang jelas serta kepemimpinan matang inilah menurut Ridzki yang membuat operasional Grab berjalan dengan baik di tengah pandemi meski harus melakukan sistem kerja jarak jauh.

  1. Hadirkan Inovasi Produk Atau Jasa

Terakhir, kiat atau tips berbisnis untuk para pemula menurut Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata adalah dengan menghadirkan inovasi. Inovasi pada produk atau jasa ini perlu dihadirkan seiring waktu dan menyesuaikan perkembangan terkini. Salah satu inovasi yang telah dihadirkan Grab saat pandemi Covid-19 adalah Grab Protect. Grab Protect ini sendiri adalah layanan yang menjamin penerapan protokol kesehatan oleh pengemudi di masa pandemi.

Lebih lanjut Ridzki menyatakan, dalam meluncurkan sebuah inovasi seringkali dibutuhkan persiapan yang matang, sehingga tak jarang memakan waktu yang lama. Namun tidak semua inovasi membutuhkan waktu lama. Sebab ada beberapa inovasi yang bisa dilakukan dengan cepat seperti apa yang dihadirkan Grab berupa Grab Protect yang hanya membutuhkan waktu persiapan satu bulan saja.

“Jadi bagaimana kami memastikan pula ada inovasi-inovasi teknologi yang memang harus diluncurkan dengan cepat, tetapi ada juga yang butuh persiapan cukup lama,” tutup Ridzki.

Itulah beberapa kiat atau tips dari Presiden Grab Indonesia Ridzki Kramadibrata untuk para pemula yang akan menjalankan bisnis. Dari sini maka Anda yang memang sedang berencana untuk berbisnis bisa menjadikan beberapa tips di atas sebagai panduan agar mampu meraih kesuksesan.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top