StartUp dan UKM

Kisah Sukses Warteg Kharisma Bahari dengan Ratusan Cabang, Ambil Inspirasinya!

Warung-Kharisma-Bahari (WKB)

Bagi Anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, tentu tidak asing lagi dengan nama Warteg Kharisma Bahari. Warteg yang memiliki ciri warna hijau dan kuning ini memang begitu populer di Jabodetabek. Begitu banyak cabangnya, membuat kita bisa menjumpai warung makan tegal ini hampir di setiap sudut kota di Jakarta dan sekitarnya. Setidaknya sekarang telah ada sekitar 150 cabang Warteg Kharisma Bahari (WKB) di Jabodetabek ini. Lalu bagaimana kisah sukses dari pemilik WKB yakni Sayudi atau sering juga disapa Yudhika dalam menjalankan Warteg Kharisma Bahari? Yuk telusuri kisah suksesnya berikut ini.

Sukses walau tamatan SD

Yudhika sebagai pemilik WKB sendiri adalah lulusan Sekolah Dasar. Dia berasal dari keluarga petani kecil yang hidupnya pas-pasan. Setelah lulus dari SD, Yudhika membantu orangtuanya di sawah. Sayangnya merasa tidak ada perkembangan, Yudhika memutuskan merantau ke Jakarta. Di Ibu Kota, tepatnya di Pulogadung, Yudhika sempat menjadi pedagang asongan. Usahanya membuka warteg sendiri didorong oleh sang istri dengan harapan untuk bisa mandiri dan mampu mengubah nasib.

Yudhika Memberi Peluang Untuk Warga Tegal

Setelah cukup konsisten dengan satu warteg, Yudhika kemudian membuka dua cabang lainnya. Tapi meski terlihat berkembang, Yudhika ternyata mendapati masalah dengan tiga warteg yang ada. Masalah yang didapati Yudhika adalah sulitnya mengontrol tiap cabang serta tidak adanya laba yang berarti. Dari sini Yudhika pun mulai mengajak teman dan saudaranya dari Tegal untuk untuk join membantu. Dari adanya bantuan dari sanak saudara di Tegal, Yudhika pun kembali bisa menjalankan tiga cabang wartegnya dengan baik. Sanak saudara yang membantu Yudhika sebagai karyawan ini sendiri merasa senang karena bisa mendapatkan pekerjaan setelah sebelumnya di kampung halamannya menganggur.

Warteg Juga Bisa Berkelas

Meski menghadirkan konsep rumah makan untuk kalangan menengah ke bawah, Yudhika tak ingin wartegnya dianggap sebelah mata. Alih-alih berpedoman pada warteg kebanyakan yang terkesan remeh, Yudhika ingin wartegnya yakni WKB naik kelas. Untuk tujuannya tersebut, Yudhika kemudian menghadirkan tempat yang bersih dan enak dipandang. Dari sini pun wartegnya yakni WKB kemudian banyak yang diminati oleh kalangan pegawai kantoran.

Visi “Mewartegkan Jabodetabek”

Setelah mampu terus menambah cabang WKB, Yudhika pun memiliki impian yang lebih besar yakni “Mewartegkan Jabodetabek”. Tujuannya sendiri kemudian dituangkan pada sebuah visi untuk kemudian ditulis di setiap dinding wartegnya. Setahap demi setahap Yudhika pun mampu mewujudkan harapannya tersebut dengan terus melebarkan cabang usahanya di sekuataran Jakarta yakni Depok, Bekasi, Tangerang dan Bogor. Namun cabang terbanyak WKB memang bisa dijumpai di Jakarta Selatan, Cinere dan Depok. Dari semakin besarnya bisnis Yudhika ini maka karyawan WKB pun sekarang tidak hanya terbatas pada orang Tegal saja, tapi juga seluruh suku di Indonesia.

Konsep Warteg Digital

Seiring pertumbuhan WKB yang makin pesat, Yudhika pun ingin menjadikan wartegnya berkonsep digital guna menyesuaikan zaman. Yudhika sendiri berpikir bahwa warteg tidak boleh ketinggalan zaman meski kelahiran awalnya dikenal sebagai warung makan yang merakyat. Ide dan inovasinya untuk mendigitalisasi WKB ini sendiri pernah disampaikan dan diperkenalkan pada Presiden Jokowi. Untuk tujuannya tersebut, Yudhika kemudian menjalin kerjasama dengan beberapa bank di Indonesia guna bisa menerapkan pembayaran non tunai di wartegnya.

Omset Bisnis WKB

Bicara omset, WKB yang telah memiliki ratusan cabang memang tak bisa dianggap remeh lagi. Bayangkan saja bila setiap cabang WKB bisa mendapatkan rata-rata omset sekitar Rp 3-5 juta per hari, maka dari 150 cabang, Yudhika pun bisa mengantongi omset sekitar Rp 450 juta perhari. Tips sukses dari Yudhika untuk membuka bisnis warteg ini adalah miliki niat dan keinginan yang kuat, optimis dan selalu berusaha dengan sungguh-sungguh.

Peluang Waralaba WKB

Sekarang Yudhika sendiri juga telah membuka kesempatan bagi siapa pun yang ingin bermitra dengan usahanya melalui program waralaba atau franchise. Warabala yang ditawarkan Yudhika sendiri ada tiga jenis paket yakni Paket Warteg Super, Paket Warteg Besar, Paket Warung Kecil. Untuk yang tertarik ingin bermitra dengan waralaba WKB, Anda tinggal mengunjungi website-nya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top