Peluang Usaha

KUR, Sebuah Pinjaman Berbunga Rendah Yang Bisa Dorong Usaha Anda

Dalam membuka usaha selain dibutuhkan ide bisnis, komitmen juga butuh dana. Dalam menyediakan modal usaha bisa dari tabungan namun tak jarang modal didapat dari pinjaman alias hutang. Demi mendorong UKM mampu berkembang pemerintah melalui bank nasional miliknya menyediakan KUR. KUR singkatan dari kredit usaha rakyat yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang amat rendah. KUR ini diberikan kepada individu, badan usaha atau kelompok usaha produktif.

Untuk mendapatkan KUR anda bisa mengunjungi bank pemerintah seperti BRI, BNI maupun Mandiri. Bunga yang diterapkan di bank ini untuk KUR bernilai sama. Persyaratannya pun sama antara satu bank dengan lainnya.

Kelebihan KUR

Walaupun sama-sama digunakan untuk membiayai usaha namun KUR dan kredit modal usaha (KUM) berbeda. KUR merupakan program dari pemerintah yang dijamin oleh PT. Jamkrindo dan PT. Askrindo. KUM ialah produk milik lembaga keuangan seperti bank maupun koperasi yang tak ada kaitannya dengan pemerintah.  Tak heran bila KUM bisa pula dikeluarkan oleh bank-bank swasta.  Tingkat suku bunga KUM juga jauh lebih tinggi yakni 12 – 24 % per tahunnya.

Ada beberapa kelebihan KUR dibandingkan dengan kredit modal usaha. Manfaat KUR diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Bunga dijamin rendah yakni berkisar 6 % per tahunnya. Bila dihitung per bulan maka beban bunga yang ditanggung tak sampai 1 %.
  • Bisa diajukan oleh siapa saja yang berstatus wirausaha bahkan petanipun bisa mengajukan kredit jenis ini
  • Tidak perlu jaminan dalam kredit usaha rakyat
  • Syarat mudah dan tanpa proposal usaha yang diajukan
  • Nilai pinjaman bisa mencapai diatas Rp.50.000.000
  • Dilengkapi dengan asuransi jiwa, kecelakaan hingga kesehatan. Apabila anda meninggal maka anda tidak perlu membayar premi bulanan
  • Jangka waktu pinjaman mulai dari 12 bulan hingga 5 tahun lamanya

Syarat Pengajuan KUR

Biarpun dikatakan memiliki prosesyang mudah namun ada syarat yang perlu dipenuhi oleh debitur. Syarat pengajuan KUR sendiri bisa anda simak sebagai berikut :

  1. Fotokopi identitas diri (KTP)
  2. Fotokopi Kartu Keluarga dan Buku Nikah
  3. Fotokopi NPWP untuk pinjaman diatas Rp.50.000.000
  4. Surat izin usaha perusahaan atau dari kepala desa bagi usaha perseorangan seperti petani
  5. Formulir KUR dari pihak bank yang bersangkutan

KUR ini juga bisa diajukan oleh TKI. Dari syarat diatas pengajuan KUR TKI perlu disertakan perjanjian kerja, paspor dan visa. Debitur yang boleh mengajukan  KUR hanya mereka yang tidak memiliki hutang di lembaga keuangan lainnya. Untuk tata cara angsuran biasanya debitur akan diminta membuat rekening tabungan di bank yang bersangkutan.  Angsuran hutang akan dipotong langsung setiap bulan secara otomatis melalui rekening tersebut.

Proses pencairan KUR bisa memakan waktu 6-14 hari lamanya. Hal ini dikarenakan ada proses survey yang perlu dilakukan oleh pihak bank. Adanya KUR masyarakat mampu mendorong perekomonian bangsa. KUR bisa jadi produk andalan bank yang menguntungkan bila dipromosikan dengan baik. Terlebih jumlah UKM di Indonesia memang sangat tinggi  sehingga perlu pendistribusian dana yang merata agar lagu perekomonian juga meningkat.

Ada baiknya saat mengajukan KUR pilih tenor yang panjang sehingga cicilan yang harus disetorkan juga lebih kecil. Jangan lupa untuk menandai tanggal jatuh tempo agar anda terhindar denda keterlambatan pembayaran. Untuk informasi lebih lanjut anda bisa menghubungi customer service bank nasional maupun menuju laman website bank bersangkutan. Jadi berminatkah anda untuk membuka usaha dengan memanfaatkan KUR ? Bila iya segera siapkan persyaratan yang dibutuhkan diatas!

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: