Lainnya

Lingkungan Kritis, Banyak Perusahaan yang Membutuhkan 5 Profesi Ini Lho!

profesi-bidang-lingkungan

Saat ini lingkungan memang banyak mengalami perubahan. Dari krisis tanah, krisis air, hilangnya vegetasi hijau serta dampak dari global warming, membuat lingkungan menjadi pusat perhatian banyak orang dan juga perusahaan. Sebagai pihak yang kegiatannya memungkinkan bersentuhan dengan lingkungan, perusahaan memang punya andil besar untuk memperhatikan lingkungan. Maka dari itulah kemudian banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan untuk para ahli lingkungan. Kebutuhan akan ahli lingkungan diperlukan perusahaan untuk menjaga lingkungan agar tetap berada dalam keadaan yang baik. Nah inilah beberapa ahli atau profesi dibidang lingkungan yang saat ini jasanya banyak dibutuhkan oleh perusahaan.

  1. Insinyur/ Teknisi Bidang Lingkungan

Profesi dan ahli bidang lingkungan yang pertama yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan adalah insinyur atau teknisi bidang lingkungan. Dalam menjalankan pekerjaannya, seorang insinyur atau teknisi bidang lingkungan ini akan menjalankan beberapa tugas seperti mengontrol polusi udara dan air, mengatur pembuangan limbah, meningkatkan kualitas daur ulang dan juga meningkatkan kesehatan masyarakat. Gaji rata-rata profesi insinyur atau teknisi bidang lingkungan ini 84.890 dollar AS per tahun. Dari data situs pekerjaan, dalam 12 tahun terakhir, profesi ini sangat banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan di Amerika dan masuk dalam 10 top pekerjaan yang dicari perusahaan.

  1. Teknisi Turbin Angin

Krisis energi yang saat ini sedang melanda dunia memang membuat banyak pihak yang kemudian mencari sumber energi alternatif. Nah salah satu sumber energi alternatif yang telah ditemukan adalah angin. Dengan memanfaatkan kincir dan turbin angin maka dihasilkan engeri listrik yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Nah karena itulah kemudian banyak perusahaan yang kemudian menghadirkan turbin angin untuk ditempatkan dibeberapa tempat, termasuk di lepas pantai. Nah untuk bisa menjaga dan memelihara turbin angin ini maka dibutuhkan seorang teknisi turbin angin. Kebutuhan akan seorang teknisi turbin angin ini sendiri semakin meningkat seiring banyaknya perusahaan yang memanfaatkan energi terbarukan dengan turbin angin tersebut. Untuk upah rata-rata seorang teknisi turbin angin ini sendiri adalah 53.880 dollar AS setiap tahunnya.

  1. Ilmuwan Lingkungan

Berikutnya, profesi dibidang lingkungan yang saat ini banyak dibutuhkan perusahaan adalah ilmuwan lingkungan. Sebuah pencarian di dunia maya akan pekerjaan ini sendiri tercatat di Inggris dalam tiga tahun terakhir mengalami kenaikan sebesar 157 persen. Dengan begitu besarnya perhatian banyak pihak pada lingkungan yang mulai mengalami kerusakan ini memang membuat profesi ilmuwan lingkungan ini banyak dicari. Beberapa badan statistik sendiri bahkan meyakini bahwa profesi ini memiliki prospek di masa depan yang terus meningkat.

  1. Pekerja Daur Ulang

Salah satu krisis lingkungan yang juga sedang terjadi di dunia adalah sampah yang terus meningkat. Permasalahan sampah yang tiada habisnya inilah yang kemudian membuat banyak pihak membutuhkan para pekerja daur ulang untuk bekerja di perusahaannya. Dibeberapa negara maju, sampah memang tidak bisa dibuang begitu saja. Ada aturan ketat untuk melakukan daur ulang sampah yang dihasilkan dengan jumlah besar. Dengan gaji rata-rata sekitar 10,05 dollar AS, profesi ini ternyata memiliki banyak peminat dalam tiga tahun terakhir di Inggris.

  1. Instalasi Surya Fotovoltaik (PV)

Terakhir, pekerjaan atau profesi dibidang lingkungan yang sedang banyak dibutuhkan perusahaan adalah Instalasi Surya Fotovoltaik (PV). Selain angin, energi alternatif yang saat ini juga banyak digunakan adalah sinar matahari. Namun untuk bisa mengubah sinar matahari menjadi energi listrik maka dibutuhkan panel PV surya. Nah setelah itu dibutuhkan juga seorang ahli Instalasi Surya Fotovoltaik untuk melakukan instalasinya. Sebuah riset mencatat bahwa profesi Instalasi Surya Fotovoltaik diproyeksikan akan meningkat 105 persen hingga tahun 2026. Sementara itu untuk gaji rata-rata profesi ini adalah 49.010 dollar AS.

Itulah beberapa profesi atau pekerjaan dibidang lingkungan yang saat ini semakin banyak dibutuhkan perusahaan. Nah Anda yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan maka mengambil studi dibidang lingkungan akan menjadi pilihan yang tepat. Meski banyak dibutuhkan perusahaan, namun supaya bisa sukses dalam menjalankan profesi ini, Anda juga perlu berjuang dan bekerja keras.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top