Peluang Usaha

Mahasiswa Jangan Hanya Bergantung Kepada Orang Tua, Yuk Kuliah Sambil Berbisnis!

Bisnis tidak hanya ditekuni oleh para pekerja kantor saja, melainkan banyak mahasiswa yang tertarik menekuni bisnis sambil mengenyam pendidikan. Tugas mahasiswa memang belajar, namun bagi mereka yang memiliki sikap enterpreneurship bisa membuka bisnis untuk mendapatkan penghasilan. Hal ini, tentu akan sangat menguntungkan karena bisa menambah pemasukan bahkan membantu biaya kuliah sendiri. Dengan demikian, Anda tidak perlu bergantung kepada kiriman orang tua. Akan tetapi, bisnis anak kuliah yang akan digeluti harus disesuaikan dengan aktivitas Anda sebagai mahasiswa. Karena jadwal seorang mahasiswa bisa saja padat, terutama awal masa perkuliahan. Maka dari itu, Anda harus benar-benar memilih jenis usaha yang tepat agar dapat berjalan dengan lancar. Lalu, apa saja bisnis yang cocok dijalankan oleh mahasiswa? Berikut 7 bisnis anak kuliah dengan modal minim yang patut Anda coba!

  1. Membuka Les Privat

Bisnis pertama yang cocok ditekuni oleh mahasiswa adalah membuka les privat. Karena, sebagai kaum intelektual tentu seorang mahasiswa memiliki tingkat intelegensi yang cukup tinggi bukan? Sehingga, Anda dapat memanfaatkan ilmu pengetahuan yang dimiliki. Di sini, Anda bisa membuka usaha les privat dari rumah kerumah yang jadwalnya tidak menyita jadwal kuliah. Modal yang diperlukan juga minim lho, Anda hanya membutuhkan beberapa peralatan mengajar dan pengetahuan yang dimiliki.

  1. Article Writing

Selanjutnya, bisnis yang cocok dijalankan oleh mahasiswa yaitu article writing. Article writing adalah profesi yang bisa Anda tekuni sembari kuliah, jadi Anda bisa melakukan bisnis ini di sela-sela kesibukan kuliah. Jenis pekerjaan ini cukup menggiurkan lho, karena penghasilan seorang penulis article writing cukup besar dan bisa membantu uang saku. Apalagi jika keahlian Anda di bidang ini semakin baik, pasti tulisan Anda akan dibayar mahal. Jadi, untuk mulai menjalankan bisnis ini Anda perlu memiliki keahlian menulis yang baik dan menarik.

  1. Online Shop

Online shop atau olshop juga menjadi salah satu bisnis yang cocok dijalankan oleh mahasiswa. Selain mudah dilakukan, bisnis ini juga tidak begitu memerlukan banyak modal. Di sini, Anda cukup memiliki modal hp dan internet saja. Anda pun tidak perlu mengucurkan banyak modal, sebab Anda bisa memulai bisnis ini melalui dropshipper. Artinya, Anda bisa menjadi dropshipper atau reseller yang tidak perlu mengeluarkan banyak modal serta tidak harus memiliki stok barang yang menumpuk.

  1. Jasa Website Programmer dan Blog

Jika Anda mahasiswa yang memiliki keahlian dibidang IT, maka ini adalah kesempatan bagi Anda untuk berbisnis melalui jasa pembuatan program atau blog. Pasalnya, di era digital sekarang ini programmer dan blog menjadi salah satu potensi untuk bisa menghasilkan pendapatan. Jadi, bagi Anda yang tertarik menjalankan bisnis ini tentu harus memiliki keahlian dibidang website programmer dan blog. Selain itu, Anda juga akan memerlukan laptop atau komputer sebagai perlengkapannya.

  1. Jasa Pengetikan

Mahasiswa tentu selalu di sibukan dengan berbagai macam tugas, mulai dari makalah hingga paper setiap minggunya. Jika Anda bersedia membantu mereka untuk mengerjakan tugas-tugasnya, maka bisa memanfaatkan hal ini sebagai peluang usaha. Anda bisa membuka jasa pengetikan, supaya mereka menyewa jasa Anda untuk mengerjakan tugas-tugasnya tersebut. Hanya bermodalkan laptop, print-an dan internet Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan.

  1. Desain Grafis

Desain grafis, juga merupakan salah satu bisnis yang bisa Anda tekuni tanpa modal yang besar. Seiring meluasnya sajian informasi digital, maka bisnis desain grafis saat ini semakin banyak dibutuhkan. Jika permintaan semakin tinggi, tentu akan semakin besar pula pendapatan yang didapatkan. Modal untuk menjalankan bisnis ini pun minim, Anda hanya perlu kemampuan dan keahlian serta kreatifitas.

  1. Menjual Pulsa dan Kuota

Berikutnya, bisnis yang cocok dijalankan oleh mahasiswa dengan modal minim adalah menjual pulsa dan kuota. Menjual pulsa dan kuota sendiri memiliki kesempatan dan peluang yang sangat menggiurkan lho. Karena, pulsa dan kuota ini menjadi kebutuhan paling umum terutama dikalangan mahasiswa. Modal yang diperlukan juga tidak begitu besar, Anda bisa memulainya dengan modal di bawah Rp. 100 ribu. Apalagi, jika Anda memulai bisnis ini di sekitar kampus pasti akan lebih laris manis lagi.

Itulah dia 7 bisnis anak kuliah dengan modal minim yang patut Anda coba. Selamat berbisnis!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top