StartUp dan UKM

Mau Ambil Keputusan Bisnis? Ini yang Harus Anda Lakukan

keputusan-bisnis

Sebagai pengusaha pastinya Anda akan berhadapan dengan sebuah keputusan bisnis. Dalam merencanakan dan menjalankan usaha memang akan ada beberapa hal yang menunggu keputusan Anda sebagai pemilik bisnis untuk dieksekusi. Misalnya saja dalam hal strategi pemasaran, maka untuk menjalankannya, Anda harus memutuskan strategi pemasaran apa yang akan dipakai. Nah karena penting dan urgent-nya keputusan bisnis ini maka Anda sebagai pebisnis tak boleh sembarangan dan main-main ketika memutuskannya. Sebab bila Anda memutuskan secara sembarangan maka hal ini bisa saja membuat perusahaan merugi karena salah strategi. Maka dari itu untuk menghindari kerugian akibat keputusan bisnis yang salah, maka Anda harus melakukan beberapa hal berikut ini sebelum memutuskan sesuatu terkait bisnis.

  1. Identifikasi Masalah yang Terjadi

Pertama, hal yang harus Anda lakukan ketika akan mengambil keputusn bisnis adalah dengan mengindentifikasi masalah yang ada. Dalam penentuan keputusan, pastinya akan ada permasalahan yang dihadapi. Misalnya saja akan memutuskan strategi pemasaran iklan berbayar, maka masalah yang dijumpai adalah alokasi dana dan juga peluang meraih konsumen dari strategi tersebut. Nah, dari sinilah Anda sebagai pebisnis memang harus melakukan identifikasi masalah dulu sebelum memutuskan sesuatu. Sebab, dari identifikasi masalah yang dilakukan maka Anda akan bisa menemukan pilihan terbaik untuk mengambil strategi tersebut atau meninggalkannya dan menggunakan strategi lainnya yang lebih tepat. Biasanya pilihan keputusan akan merujuk pada strategi yang bisa menjawab permasalahan yang ada. Semakin baik jawaban atas permasalahan yang ditunjukkan oleh sebuah strategi maka akan semakin mumpuni untuk Anda ambil sebagai sebuah keputusan.

  1. Gunakan Informasi dan Data

Selain identifikasi permasalahan, ketika akan memutuskan sebuah keputusan bisnis, Anda juga harus mempertimbangkan beberapa informasi dan data. Dalam setiap strategi bisnis memang biasanya akan ada beberapa informasi dan data untuk diperhatikan. Sebut saja seperti informasi mengenai kelebihan dan kekurangan dari strategi yang akan dijalankan. Supaya Anda bisa membuat perusahaan terus berkembang maka Anda harus memilih strategi yang memiliki banyak kelebihan dibanding kekurangannya. Dari sini maka Anda yang akan memutuskan sebuah strategi maka Anda harus mengetahui data mengenai kelebihan dan kekurangan dari masing-masing strategi. Setelah mendapatkan strategi dengan kelebihan yang lebih banyak, maka Anda pun bisa memutuskannya. Selain data kelebihan dan kekurangan, informasi penting lain yang bisa Anda jadikan pedoman pengambilan keputusan adalah tentang track record keberhasilan sebuah strategi di lapangan.

  1. Diskusikan dengan Orang yang Tepat

Bila Anda masih mengalami kebingungan saat akan memutuskan strategi bisnis maka Anda bisa mendiskusikannya dengan orang yang tepat. Orang yang tepat di sini bisa merupakan ahli dan pakar bisnis atau juga pengusaha yang sudah berpengalaman. Dengan mendiskusikan dengan orang-orang tersebut, bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan solusi dari kebinggungan Anda tersebut. Ini karena para ahli bisnis atau pengusaha yang berpengalaman pastinya akan memiliki wawasan mengenai cara pengambilan keputusan bisnis yang tepat. Anda tidak harus mendiskusikan kebingungan Anda pada satu orang saja. Tapi bila Anda mampu berdiskusi dengan banyak pakar atau pengusaha, maka akan semakin bagus untuk Anda. Ini karena Anda akan mendapatkan banyak masukan yang semakin membantu Anda memutuskan keputusan terbaik.

  1. Singkirkan Rasa Takut Salah

Tidak sedikit pebisnis yang merasa takut salah ketika sudah memutuskan sesuatu untuk bisnisnya. Tentu hal ini bukanlah hal yang baik karena Anda akan seperti orang yang tidak percaya diri dan tidak profesional. Sebagai pebisnis sejati Anda memang harus sudah yakin dengan segala apa yang telah Anda putuskan. Anda tak perlu merasa bersalah dengan apa yang telah Anda putuskan. Sebab keputusan yang telah Anda ambil seharusnya memunculkan rasa optimis untuk bisa meraih hasil terbaik untuk perusahaan.

  1. Hadapi Apapun Risiko yang Terjadi

Terakhir, hal yang harus Anda lakukan saat mengambil keputusan bisnis adalah menghadapi risiko apapun yang bisa terjadi. Dalam berbisnis selalu muncul risiko. Dari sini maka Anda sebagai pebisnis seharusnya sudah paham dan biasa dengan risiko, termasuk risiko dari pengambilan keputusan bisnis. Jadi bila pun keputusan yang Anda ambil ternyata mendatangkan risiko, Anda sudah bisa menghadapi dan mengantisipasinya dengan baik.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top