Tips

Mau Bayar Tagihan Kartu Kredit? Ini 3 Hal yang Perlu Diperhatikan

tips-bayar-kartu-kredit

tips bayar tagihan kartu kredit https://www.vecteezy.com/

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit dan sering menggunakannya, maka pembayaran tagihan setiap bulan menjadi kewajiban yang harus selalu dilakukan. Namun sebelum membayar perlu kiranya Anda memperhatikan beberapa poin berikut ini. Dengan memperhatikan beberapa poin di bawah ini maka Anda akan terhindar dari hal-hal buruk yang bisa membahayakan finansialmu.

  1. Bayar Sebelum Jatuh Tempo

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan saat akan membayar tagihan kartu kredit adalah dengan membayar sebelum jatuh tempo. Pembayaran tagihan kartu kredit ini memang memiliki tanggal jatuh tempo (waktu batas akhir pembayaran). Biasanya, jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit yakni setiap 15-20 hari setelah tanggal cetak atau tanggal terbit tagihan. Bila tanggal cetak tagihan setiap tanggal 5, maka tanggal jatuh temponya antara tanggal 20-25 di bulan yang sama. Ketentuan ini tergantung kebijakan bank penerbit kartu kredit yang digunakan. Dari sini bila Anda membayar tagihan melewati tanggal jatuh tempo maka Anda dinyatakan terlambat dan akan dikenakan bunga sekaligus denda. Bunga dan denda ini sendiri nantinya akan dibebankan pada tagihan kartu kredit bulan berikutnya. Tentu dari keadaan tersebut akan semakin membebani keuangan Anda. Dari sinilah maka pastikan Anda membayar tagihan kartu kredit ini sebelum jatuh tempo agar terhindar dari bunga dan denda. Bila perlu lakukan saja autodebet dari rekening tabungan agar kamu terhindar dari lupa membayar tagihan.

  1. Bayar Penuh Tagihan

Pembayaran tagihan yang ditetapkan Bank penerbit kartu kredit biasanya menetapkan pembayaran minimum sebesar 10 persen dari total tagihan yang harus dibayar. Jadi misalnya Anda punya tagihan Rp 3 juta, maka jumlah pembayaran paling sedikit sebesar Rp 300 ribu. Dari sinilah kemudian banyak orang yang memanfaatkan aturan ini untuk membayar jumlah minimum. Padahal pembayaran seperti ini memiliki risiko besar yaitu hutangmu yang semakin besar dan menggunung. Ini karena saat Anda membayar tagihan minimum, maka di bulan berikutnya Anda harus membayar 10 persen dari total tagihan, ditambah sisa utang kartu kredit sebelumnya, plus bunganya. Jika Anda tetap membayar tagihan minimum maka penghitungannya akan tetap seperti tadi yang jelas semakin memberatkan keuangan. Jadi karena kartu kredit ini adalah hutang maka sebaiknya Anda bayar secara penuh agar beban finansialmu tidak menumpuk di kemudian hari.

  1. Lakukan Pembayaran Online Agar Lebih Hemat

Terakhir, hal yang perlu diperhatikan sebelum membayar tagihan kartu kredit adalah membayar secara online. Kenapa harus membayar secara online? Sebab dengan cara ini Anda bisa melakukan penghematan. Caranya gunakan saja beberapa platform pembayaran seperti SMS Banking, Mobile Banking, Internet Banking, e-commerce, dan fintech. Nah dengan membayar tagihan kartu kredit secara online maka Anda akan bisa menghemat waktu dan tenaga. Apalagi mengingat sekarang sedang ada pandemi, maka pembayaran secara online akan membuat Anda lebih aman dari risiko infeksi Covid-19. Pembayaran tagihan kartu kredit secara daring sendiri tidak menyedot biaya administrasi terlalu besar kok. Biaya admin yang dikenakan untuk pembayaran kartu kredit secara online ini hanya berkisar Rp 5 ribu sampai Rp 10 ribu. Bandingkan bila Anda melakukan setoran setoran tunai lewat teller bank, biasanya dipungut biaya sekitar Rp 25 ribu sampai Rp 100 ribu. Menariknya Anda yang melakukan pembayaran tagihan kartu kredit via e-commerce bisa berkesempatan memperoleh penawaran diskon, voucher, cashback. Asyik kan!!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top