Lainnya

Mau Beli Mobil? Ini 5 Hal yang Perlu Anda Jadikan Pertimbangan

pertimbangan-beli-mobil

pertimbangan beli mobil/https://www.getboro.com/

Mobil menjadi kendaraan yang selalu diimpikan setiap orang. Dengan memiliki mobil memang banyak hal yang bisa dimudahkan. Tapi karena merupakan kebutuhan primer dan harganya yang mahal, maka tidak semua orang dengan mudah memilikinya. Anda pun yang berencana akan membeli mobil seharusnya harus cermat sebelumnya. Karena dengan harga mahal tersebut, maka bila Anda salah memilih mobil, hal tersebut akan memunculkan kerugian besar. Lalu apa saja hal yang peru dijadikan pertimbangan ketika akan membeli mobil? Berikut ulasannya.

  1. Kondisi Fianansial

Hal pertama yang harus Anda jadikan pertimbangan saat akan membeli mobil adalah keadaan finansial. Sebelum membeli mobil Anda memang harus memastikan tidak ada masalah dalam keuangan Anda. Pastikan Anda tidak berhutang kepada pihak manapun baik untuk pembayaran uang muka pada pembelian secara cicilan atau pembelian secara cash. Sebab bila Anda memaksakan diri membeli mobil dengan berhutang, Anda akan merasakan beban yang berat dikemudian hari. Mobil sendiri memiliki banyak jenis dan variannya dengan harga yang juga berbeda-beda. Nah dari sinilah Anda bisa membeli mobil yang sesuai dengan keadaan finansial. Pastikan juga Anda masih memiliki uang untuk melanjutkan kehidupan setelah pembelian mobil.

  1. Beli Baru Atau Bekas?

Untuk membeli mobil memang dapat menuntun Anda pada dua pilihan yakni membeli baru atau bekas? Dengan kondisi keuangan yang pas-pasan, tentu opsi pembelian mobil bekas bisa menjadi keputusan terbaik. Namun bila Anda memutuskan membeli mobil bekas maka dibutuhkan kejelian untuk melihat kondisinya. Sebab bila Anda salah memilih mobil bekas dengan kondisi yang sudah buruk, hal ini akan membuat Anda mengalami kerugian. Bagian mobil bekas yang paling perlu dicermati sendiri adalah mesin. Tapi bila Anda ingin membeli mobil baru tentu hal yang paling perlu Anda pertimbangkan adalah masalah uang. Sebab harga mobil baru tentu akan lebih mahal dari mobil bekas apapun pilihan cara pembelian Anda baik itu secara tunai atau kredit.

  1. Produktivitas Mobil

Berikutnya, hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan ketika akan membeli mobil adalah produktivitasnya. Memang tak sedikit orang yang membeli mobil ini hanya untuk keperluan memenuhi gengsinya. Jadi mobil yang dibelinya dipakai hanya untuk pamer dan berkendara biasanya saja. Memang hal ini tidak ada larangannya karena toh uang yang digunakan untuk membeli adalah uang Anda sendiri. Tapi bila Anda adalah orang yang berpikir masa depan, tentu pembelian mobil yang tepat dilakukan adalah karena adanya pertimbangan produktivitas. Jadi mobil yang dibeli ini nantinya membuat Anda memperoleh penghasilan yang lebih besar karena manfaat dari produktivitas tersebut. Cara pembelian dengan mempertimbangkan produktivitas barang sendiri banyak diterapkan oleh para miliarder sukses. Mereka sangat memperhatikan asas manfaat dari pada hanya mengedepankan ego atau nafsu.

  1. Biaya Perawatan dan Bensin

Ketika memiliki mobil pastinya pengeluaran Anda akan menjadi jauh lebih besar dan banyak. Ini karena biaya untuk membeli bensin tentu akan sangat berbeda dengan biaya bensin pada sepeda motor. Jangan lupakan juga ketika Anda harus melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli dan service mesin, tentu biaya besar kembali harus disiapkan. Nah dari sinilah maka kembali pada keadaan finansial, Anda harus bersiap dengan hal itu semua. Jangan sampai ketika sudah memiliki mobil Anda lantas berkorban besar dengan mengorbankan beberapa kebutuhan penting. Tentu bila hal ini yang terjadi maka pembelian mobil tersebut menjadi tidak bijaksana.

  1. Tempat Parkir Mobil

Terakhir, hal yang perlu Anda jadikan pertimbangan saat akan membeli mobil adalah tempat parkir mobil. Pastikan sebelum Anda membeli mobil, Anda telah memiliki garasi pribadi untuk tempat parkirnya. Sebab bila Anda terlalu menganggap enteng hal ini dan berpikir bisa memarkirkan mobil di jalan umum, maka pembelian ini juga menjadi tidak bijak. Sebab, memarkirkan mobil di jalanan umum tentu akan mengganggu para pengguna jalan lain yang memiliki hak yang sama. Maka dari itu cobalah untuk membuat garasi dulu sebelum membeli mobil agar pembelian Anda tidak merugikan orang lain. Jangan lupa juga bahwa di beberapa kota sudah ada peraturan sanksi bagi pemilik mobil yang tidak memiliki garasi. Nah peraturan ini juga perlu Anda pertimbangkan dengan serius.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top