Keuangan

Mau Berinvestasi ORI018? Inilah Mitra Distribusi dan Cara Membelinya

investasi_ORI018

investasi ORI018/https://lifepal.co.id/

Hari ini per-1 Oktober 2020, pemerintah telah membuka masa penawaran Obligasi Negara Ritel atau ORI seri ORI018. ORI018 sendiri merupakan obligasi negara tanpa warkat sehingga dapat diperdagangkan di pasar sekunder. Tapi jual beli obligasi ini hanya terbatas antar investor domestik atau lokal yang mengacu pada digit ketiga kode Nomor Tunggal Identitas Pemodal (SID). Surat utang pemerintah ini nantinya ditawarkan dengan kupon sebesar 5,7 persen. Dari sini investor yang tertarik akan mendapatkan imbal hasil sebesar 5,7 persen setiap tahun.

Penawaran ORI018

Penawaran pada ORI018 ini sendiri dimulai sejak 1 Oktober hingga 21 Oktober 2020 dengan masa jatuh tempo pada 15 Oktober 2023. Dalam penawaran ini investor bisa membeli ORI018 dengan nilai paling kecil sebesar Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. Setelah berinvestasi, investor akan memperoleh dana pembayaran kupon dari pemerintah pada tanggal 15 setiap bulannya. Pembayaran kupon pertama untuk penawaran ORI018 ini sendiri akan dilakukan 15 Desember 2020. Sedangkan penetapan hasil penjualan akan dilakukan pada 23 Oktober 2020 serta settlement yang akan dilakukan pada 27 Oktober 2020.

Keuntungan Berinvestasi Di ORI018

Dengan berinvestasi di ORI018 ini Anda akan mendapatkan beberapa keuntungan yaitu :

  1. Kupon dan pokok dijamin oleh undang-undang
  2. Kupon ditawarkan lebih tinggi dibandingkan rata-rata tingkat bunga deposito bank BUMN
  3. Kupon dengan tingkat bunga tetap sampai pada waktu jatuh tempo
  4. Kupon dibayar setiap bulan
  5. Dapat diperdagangkan di pasar sekunder antar investor domestik
  6. Tersedia kuotasi harga beli atau bid price dari Mitra Distribusi (midis) atau pihak lain yang bekerja sama dengan midis.
  7. Berpotensi memperoleh capital gain
  8. Dapat dipinjamkan atau dijaminkan kepada pihak lain (sesuai dengan kebijakan di masing-masing midis).
  9. Dapat diperdagangkan di organized OTC melalui Electronic Trading Platform.
  10. Masyarakat turut serta mendukung pembiayaan pembangunan nasional.

Langkah Pembelian ORI018

  1. Langkah pertama, Anda perlu melakukan registrasi. Dalam tahap registrasi atau pendaftaran ini Anda harus mempersiapkan beberapa data yang diminta seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP), Nomor Single Investor Identification (SID), Nomor Rekening Dana dan Nomor Rekening Surat Berharga. Bila Anda belum punya nomor SID, rekening dana, atau rekening surat berharga nantinya akan dibantu oleh Mitra Distribusi.
  2. Selanjutnya, Anda perlu melakukan pemesanan ORI018 dengan cara :
  • Buka portal online mitra distribusi pilihan Baca ketentuan dalam Memorandum Informasi.
  • Siapkan Single Investor Identification (SID), rekening dana, rekening efek.
  • Masukkan jumlah nominal ORI018 yang ingin dibeli.
  • Pastikan Anda menerima kode billing dan pemesanan sudah diverifikasi.
  1. Langkah ketiga adalah melakukan pembayaran dana sesuai nominal pemesanan ORI018. Setelah melakukan pembayaran, Anda akan menerima kode pembayaran melalui email atau sms sesuai kebijakan masing-masing Mitra Distribusi.
  2. Terakhir, Anda harus melakukan konfirmasi pembayaran. Jadi setelah Anda menerima kode Nomor Transaksi Penerimaan Negara (NTPN), Anda akan memperoleh konfirmasi kepemilikan ORI018 setelah masa penawaran selesai dan setelah pemerintah melaksanakan penerbitan atau setelmen. Konfirmasi kepemilikan ORI018 sendiri akan disampaikan oleh mitra distribusi setelah 27 Oktober 2020.

Mitra Distribusi

Anda yang ingin berinvestasi bisa melalui layanan online, berikut Mitra Distribusi yang bisa dihubungi :

  1. Bank Umum : Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, Bank CIMB Niaga, Bank Permata, Bank Maybank Indonesia, Bank Panin, Bank OCBC NISP, Bank HSBC, Bank DBS Indonesia, Bank UOB Indonesia, Bank Commonwealth, Bank Danamon Indonesia, Bank Victoria International.
  1. Perusahaan Efek : Trimegah Sekuritas Indonesia, Tbk., PT. Danareksa Sekuritas, Tbk., PT. Bahana Sekuritas, Tbk., PT. Mandiri Sekuritas, Tbk.,
  2. Perusahaan Efek Khusus : Bareksa Portal Investasi, PT. Star Mercato Capitale (Tanamduit), PT. Nusantara Sejahtera Investama.
  3. Perusahaan Financial Technology : Investree Radhika Jaya (Investree), PT. Mitrausaha Indonesia Grup (Modalku), PT. Lunarla Annua Teknologi (Koinworks).
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top