Tips

Mau Buka Usaha Kuliner dengan Konsep Waralaba? Terapkan Tips Suksesnya Berikut Ini

culinary-franchise

Bisnis kuliner saat ini memang terus menerus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Munculnya tren wisata kuliner menjadi faktor penyebab melejitnya usaha kuliner. Dengan berkembangnya usaha kuliner, membuat beberapa konsep pengembangan bisnis kuliner juga ikut terdongkrak perkembangannya. Salah satu konsep pengembangan bisnis kuliner yang makin jadi perhatian karena pertumbuhannya adalah waralaba atau franchise. Dari sini pun kemudian banyak calon pengusaha yang tertarik menjalankan bisnis kuliner dengan konsep waralaba. Namun meski terlihat mudah, strategi waralaba ini tidak semudah yang dibayangkan saat dieksekusi. Banyak hal yang harus dipikirkan dan dicermati agar strategi ini tidak lantas berbuah blunder buat Anda. Berikut beberapa tips yang dapat Anda terapkan untuk membuka usaha kuliner dengan konsep waralaba.

  1. Pilih Brand Bisnis Waralaba Makanan yang Tepat

Tips pertama untuk jalankan usaha kuliner dengan konsep waralaba adalah memilih brand yang tepat. Saat ini brand kuliner yang menawarkan kemitraan dengan konsep waralaba ini memang sangat banyak. Nah dari sinilah Anda harus cermat memilih satu brand bisnis yang tepat dan menguntungkan. Pasalnya, pemilihan brand bisnis yang dipilih memang akan sangat menentukan nasib usaha Anda ke depannya. Lalu bagaimana memilih brand bisnis kuliner yang tepat? Supaya berpeluang mendapatkan hasil penjualan yang baik maka Anda harus memilih brand bisnis kuliner waralaba yang memiliki banyak peminat dan juga memiliki banyak cabang. Dengan banyaknya cabang atau outlet dari franchise bisnis memang akan membuat Anda akan dimudahkan saat melakukan penjualan.

  1. Pelajari Syarat dan Ketentuan yang Diberikan

Dalam setiap tawaran bisnis waralaba memang akan ada beberapa ketentuan dan persyaratan yang perlu Anda sepakati bersama pemilik waralaba. Nah agar usaha kuliner yang akan Anda jalankan dengan konsep waralaba ini tidak lantas memberatkan Anda untuk meraih profit, maka mau tak mau Anda harus mempelajari dengan betul syarat dan ketentuan yang diajukan sang pemilik brand. Baca dengan seksama bagaimana mekanisme kerjasama atau kemitraan yang diberikan. Jika Anda yakini bahwa syarat dan ketentuan yang diajukan tidak memberatkan, maka Anda bisa memilih brand kuliner tersebut untuk Anda jalankan bisnis waralabanya.

  1. Tentukan Lokasi Berjualan yang Strategis

Salah satu hal yang sering dijadikan persayaratan dalam bisnis waralaba, termasuk waralaba kuliner adalah tempat atau lokasi berjualan. Untuk mendapatkan pembeli yang banyak, tempat atau lokasi memang sangat menentukan. Bila Anda menempatkan usaha Anda ditempat yang strategis maka peluang untuk meningkatkan penjualan akan semakin besar. Jadi pastikan faktor lokasi usaha ini menjadi hal yang perlu Anda perhatikan walau sang pemilik waralaba tidak mempersyaratkannya.

  1. Buat Hitung-hitungan yang Matang

Selanjutnya, tips menjalankan bisnis kuliner dengan konsep waralaba adalah membuat hitung-hitungan yang matang. Bisnis apapun termasuk yang berkonsep waralaba memang membutuhkan modal. Nah dari sinilah Anda yang akan menjalankan bisnis kuliner berkonsep waralaba harus juga merinci setiap detail pengeluaran yang akan digunakan. Jangan hanya berpatokan pada rincian penghitungan dari pihak pemilik waralaba. Sebab, perincian yang diberikan oleh pihak pewaralaba umumnya bersifat promosi sehingga tak bisa dijadikan pedoman. Jadi agar lebih tepat dan akurat, Anda harus punya penghitungan sendiri yang lebih terperinci.

  1. Jalankan dengan Penuh Kesungguhan

Terakhir, tips menjalankan bisnis kuliner dengan konsep waralaba adalah dengan bersungguh-sungguh. Untuk mencapai sukses dalam hal apapun termasuk dalam bisnis waralaba kuliner maka kesungguhan menjadi kuncinya. Jadi ketika semuanya sudah siap, dari pemilihan brand, lokasi, syarat dan ketentuan yang tidak memberatkan serta hitung-hitungan yang matang, maka Anda harus mulai menjalankan usaha ini dengan serius dan sungguh-sungguh. Kesungguhan dan keseriusan Anda dalam menjalankan bisnis sendiri akan terlihat dan tercermin dari kepercayaan dan keyakinan dalam diri Anda.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menjalankan bisnis kuliner dengan konsep waralaba. Ingat, meskipun Anda mengambil brand bisnis waralaba yang terkenal, dalam menjalankan bisnis ini pastinya akan ada tantangan dan rintangan. Nah dari sinilah mental bisnis Anda diuji. Untuk suskes, tentu Anda harus bisa menghadapi segala tantangan dan rintangan yang ada dalam bisnis tersebut dengan penuh semangat dan pantang menyerah.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top