Keuangan

Mau Buka Usaha Namun Gak Punya Modal? Tenang, 6 Trik Ini Bisa Anda Lakukan untuk Mengumpulkan Modal Hanya dalam Waktu 12 Bulan Saja!

Saat ini, banyak anak muda memulai usaha sendiri dengan harapan merdeka secara finansial dan tidak hanya hidup mengandalkan gaji saja. Mungkin, impian menjadi pengusaha inilah yang membuat virus entrepreneurship berkembang semakin pesat hingga memiliki banyak penganut setia. Namun saat memulainya, anak muda seringkali kesulitan. Karena, membangun usaha tidaklah cukup mempunyai niat dan kegigihan saja. Melainkan, modal yang mumpuni juga menjadi salah satu syarat wajib untuk mulai menjalankan bisnis. Pertanyaannya, bagaimana cara mengumpulkan modal tanpa harus meminjam ke bank atau bahkan ke teman dan orang tua? Nah, berikut ini adalah 6 trik mengumpulkan modal usaha hanya dalam kurun waktu 12 bulan saja. Tidak percaya? Yuk, simak dulu ulasannya berikut ini.

  1. Menentukan Besaran Dana yang Diperlukan

Sebelum Anda terburu-buru mengumpulkan uang, hal pertama yang harus dilakukan adalah menetapkan nominal rupiah sebagai target tujuan Anda. Dengan menentukan nominal rupiah, tentu Anda akan lebih mudah untuk memikirkan bagaimana cara mengumpulkan modal yang diperlukan untuk membuka usaha. Dari sini, jumlah uang yang harus terkumpul pun akan semakin jelas setiap bulannya. Berikut adalah contoh simulasi modal usahanya: Jika modal yang dibutuhkan sebesar 5 juta, artinya uang yang harus dikumpulkan setiap bulan adalah Rp. 5.000.000:12= Rp. 416.666. Sedangkan jika modal yang Anda butuhkan sebesar 10 juta, berarti uang yang harus dikumpulkan setiap bulan adalah Rp. 10.000.000:12= Rp. 833.333.

  1. Menyisihkan 25% dari Gaji Anda Setiap Bulan

Demi mengumpulkan modal usaha dalam jangka waktu 12 bulan, Anda tentu dituntut untuk lebih ketat dalam mengelola keuangan. Tidak hanya mengumpulkan uang dari sisa pendapatan saja, Anda juga harus menyisihkan uang gaji Anda sebelum pendapatan Anda habis untuk kebutuhan setiap bulannya. Sisihkanlah 10-25% uang dari sumber pendapatan Anda setiap bulan, lalu Anda bisa menggunakan sisa uangnya untuk bertahan hidup sebulan. Sebagai contoh simulasinya, Anda bisa menyisihkan 25%×Rp. 2.000.000=Rp. 500.000. Jadi, dalam kurun waktu 12 bulan×Rp.500.000=Rp. 6.000.000.

  1. Menyisihkan 50% dari Uang Saku, Menghemat, Bahkan Mencari Uang Tambahan dengan Cara Bekerja Paruh Waktu

Jika Anda seorang mahasiswa, maka bukan berarti Anda tidak mampu menabung demi mengumpulkan modal usaha selama 12 bulan ini. Justru, status seorang mahasiswa harus Anda manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Biasanya, di masa ini Anda masih menerima uang saku dari orang tua. Jika Anda lihai dalam mengatur keuangan, maka Anda bisa menghemat pengeluaran hingga 50% setiap bulannya untuk digunakan modal usaha. Bahkan, Anda pun bisa mencari pekerjaan paruh waktu yang banyak tersedia untuk para mahasiswa. Nah, uang yang didapatkan tersebut bisa Anda alokasikan sepenuhnya untuk pengumpulan dana usaha. Dengan cara seperti ini, tentu modal usaha akan cepat terkumpul bukan?

  1. Menyingkirkan Kebiasaan Nongkrong dan Impulsive Shopping untuk Sementara

Selain menyisihkan uang dari gaji dan uang saku setiap bulan, Anda juga harus benar-benar mengencangkan keuangan. Untuk 12 bulan ini, pangkas segala kebutuhan yang memang dirasa tidak perlu dan tidak begitu penting dibeli. Jika Anda doyan nongkrong di kafe, maka mulai saat ini ganti kebiasaan tersebut dengan memilih nongkrong di warung makan sederhana saja. Update film di bioskop, bisa diganti dengan mendownload film di warung internet. Kemudian, eliminasi belanjaan barang Anda yang tidak begitu diperlukan. Dengan cara seperti ini, dana yang biasanya digunakan untuk kebutuhan tersier bisa beralih untuk dialokasikan untuk menambah modal usaha.

  1. Join Venture dengan Kawan atau Keluarga

Sebenarnya, modal usaha tidak harus berasal dari kantung sendiri lho. Melainkan, Anda juga bisa mengajak teman atau keluarga sendiri untuk ikut serta dalam pengumpulan dana modal usaha. Caranya, ajak saja mereka untuk patungan demi mendirikan bisnis rintisan. Selain Anda tidak begitu terbebani, Anda juga bisa saling bertukar fikiran dengan mereka. Jadi, usaha yang akan didirikan pun akan semakin mudah dilakukan.

  1. Jangan Menganggap Remeh Arisan

Jangan pernah menganggap remeh arisan. Karena, arisan juga bisa dijadikan sebagai cara alternatif untuk menghasilkan uang lebih banyak lho. Selain menabung dan menghemat pengeluaran, Anda juga bisa mendapat uang tambahan dari arisan ini. Oleh karena itu, gabung saja dengan arisan yang diadakan oleh keluarga atau teman. Namun, pilihlah nominal arisan yang tidak terlalu memberatkan dan pastikan juga bahwa arisan yang Anda ikuti merupakan arisan yang terpercaya.

Nah, itu dia ulasan tentang 6 trik untuk mengumpulkan modal usaha hanya dalam kurun waktu 12 bulan saja. Bagaimana? Sudahkah Anda siap untuk mengumpulkan modal dari sekarang? Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top