Peluang Usaha

Mau Cari Peluang Usaha di Tengah Pandemi? Begini Triknya

peluang-usaha-masa-pandemi

peluang usaha masa pandemi/https://www.harapanrakyat.com

Masa pandemi Covid-19 memang menjadi periode dimana banyak dari golongan masyarakat mengalami kesulitan ekonomi. Jalannya perekonomian yang lambat membuat dampak dari wabah virus corona ini menciptakan keterpurukan bagi masyarakat. Di tengah kehidupan yang serba sulit di masa pandemi inilah maka kita dituntut untuk selalu kreatif mencari peluang usaha. Kreatifitas untuk mencari peluang usaha inilah yang memang bisa menjadi jalan keluar dalam mengatasi segala kesulitan yang muncul di tengah pandemi. Tapi bagaimana caranya untuk bisa mencari peluang usaha di masa pandemi ini? Berikut ulasannya.

Pandemi Bak Mata Uang dengan Dua Sisi

Hal pertama yang perlu Anda pahami bahwa masa pandemi ini bukan merupakan periode kegelapan yang begitu menakutkan. Tapi masa pandemi ini sebenarnya memiliki dua sisi mata uang dimana satu sisi menciptakan hal negatif dan satu sisi lain menghadirkan hal positif. Menurut praktisi Keuangan dari May Institute Ellen May, krisis yang terjadi di suatu waktu dengan apapun penyebabnya dapat menciptakan banyak orang bangkrut dan juga orang kaya baru. Lebih lanjut menurut Ellen, dalam keadaan krisis ini banyak orang hanya berfokus pada masalah sehingga membuatnya bangkrut. Namun disisi lain orang-orang yang berfokus pada solusi dan mereka akan terus berjuang mencari jalan keluar hingga mereka menjadi kelompok yang meraup banyak untung.

Keuntungan dari Aktivitas Work From Home

Menurut Ellen, kegiatan Work From Home (WFH) yang pada masa pandemi banyak dijalankan orang-orang sebenarnya memunculkan beberapa peluang usaha. Salah satu jenis usaha yang merasakan keuntungan dari aktivitas WFH adalah bisnis online atau daring. Dari bisnis online ini seseorang memang bisa menjual produk apapun yang diinginkan. Namun supaya Anda mendapatkan banyak pembeli, Elle menyarankan untuk menjual produk favorit di masa pademi yakni produk kesehatan seperti masker dan hand sanitizer. Selain produk kesehatan, barang yang juga mendapatkan perhatian dari publik untuk dibeli secara online adalah barang kebutuhan rumah, produk konsumsi dan peralatan bekerja di rumah.

Jangan Memanfaatkan Kondisi

Meski Anda bisa menjual barang-barang yang dibutuhkan publik di masa pandemi secara online, namun Elle menyarankan untuk tidak menjualnya dengan harga selangit. Oknum yang memanfaatkan kondisi dengan membanderol harga selangit untuk produknya memang sempat muncul di awal-awal masa pandemi. Tapi toh pada akhirnya mereka harus gigit jari karena banyak dari produknya yang tidak terjual. Dari sini mereka pun harus menanggung kerugian besar. Jadi Ellen menyarankan agar siapa pun yang ingin mencari celah peluang usaha di masa pandemi untuk tidak memanfaatkan situasi dengan menimbun atau menaikkan harga yang tak wajar.

Lirik Jasa Online

Selain berjualan produk secara online, Ellen memberi opsi lain yang bisa dijalankan dalam masa pandemi ini yaitu jasa online. Jadi bila kamu memiliki keahlian dibidang tertentu seperti mengajar, cobalah untuk menghadirkan bisnis layanan guru les online. Kegiatan sekolah di masa pandemi yang harus dilakukan secara jarak jauh melalui daring membuat banyak siswa yang kesulitan untuk belajar dengan baik. Dari sinilah bisnis layanan guru online akan banyak diminati.

Sesuaikan dengan Kemampuan dan Modal

Melengkapi dari tips dari Ellen, perencana keuangan dari Tatadana Consulting, Tejasari Assad mengatakan bahwa di masa pandemi, pebisnis harus bisa menyesuaikan dengan kemampuan dan modal. Dengan keadaan yang sulit, pebisnis memang harus bisa memutar otak agar biaya operasional bisnisnya bisa dihemat. Disarankan juga agar pebisnis menghindari hutang karena krisis yang terjadi karena pandemi ini tidak tahu kapan akan berakhir. Dan tak ketinggalan pula Tejasari menyarankan agar pebisnis untuk segera mendigitalisasi bisnisnya ke dunia online agar bisa tetap eksis dimasa pandemi.

Click to comment

Diskusi dan Komentar Anda ?

Yang Menarik di Bulan Ini

To Top
%d bloggers like this: